Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak Dan Performa Selalu Power Full

Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak Dan Performa Selalu Power Full. Siapa sih yang tidak mau jika Ponsel yang kita miliki dan gunakan dalam keseharian awet dan tidak lemot, supaya Hp tidak bolak-balik Klinik atau mungkin malah ganti Smartphone.

Supaya Ponsel tidak cepat rusak alias awet, kita perlu melakukan perawatan dalam penggunaan Ponsel. Meskipun Hp adalah mesin, namun juga memiliki batasan seperti manusia. Tidak bisa dipakai secara asal-asalan dan ugal-ugalan hehehehe, jika ingin tahan lama.

Terkadang kita terlalu asik dalam menggunakan Hp, yang secara tak sengaja memakai ponsel terus-menerus tanpa melakukan perawatan serta melakukan sesuatu yang membuat daya tahan Hp menurun. 

Saya yakin zaman sekarang, kebutuhan akan ponsel sudah menjadi kebutuhan dasar, dimana setiap Individu perlu memiliki Ponsel. Jika tidak maka kita akan tertinggal dan banyak aktivitas atau mungkin pekerjaan tidak bisa maksimal. 

Oleh karena itu kita harus pandai merawat dan menjaga Hp agar awet dan performa selalu dalam keadaan Prima, agar tidak membuat Aktivitas maupun pekerjaan terhambat, serta jika Ponsel rusak tentu kita juga harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan.

Baca Juga: Cara Mematikan Hp Baterai Tanam Saat Hang Dengan Tepat Biar Tidak Tambah Parah

Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak Dan Performa Selalu Power Full:

1. Jaga kebersihan Hp

Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Yaps ini sangat penting, jika kotoran dibiarkan akan membuat tampilan kurang menawan. Selain itu juga kotoran bisa masuk ke dalam ponsel melalui sela-sela dan membuat komponen yang ada di dalam terganggu, bisa terjadi arus pendek misalnya dan tentunya Hp akan cepat rusak.

Sebaiknya selalu bersihkan Hp secara berkala menggunakan kain halus atau mungkin Tisu juga bisa. Terutama pada bagian layar, agar tidak mengganggu Touchscreen dan pandangan pada layar.

2. Pakai Case dan Pelindung Layar

Selanjutnya menggunakan Case dan pelindung layar juga tak kalah pentingnya. Ini bertujuan untuk berjaga-jaga bila Hp terjatuh, maka akan ada pelindung yang bisa meredam benturan, sehingga yang pecah biasanya Case atau pelindung layar saja.

Berbeda dengan Hp jaman dulu dimana mempunyai Body yang amat kuat, seperti Ponsel-Ponsel Nokia Jadul, dimana hingga sekarang masih terkenal dengan tahan bantingnya. 

Sementara Ponsel sekarang cenderung memiliki Body yang mudah pecah atau tergores bila jatuh. Hp yang memiliki bekas pada Body meskipun hanya goresan akan mengurangi harga jual, bila ingin dijual kembali. Karena Itulah mengapa penggunaan Case dan pelindung layar sangat dianjurkan untuk Ponsel zaman sekarang.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Gmail Di Android

3. Hindari Menggunakan Hp Saat Di Cas

Menggunakan Hp saat di Cas akan membuat cepat panas. Jika terus berlanjut akan membuat Ponsel bisa Overheat. Apalagi jika sambil untuk menjalankan tugas berat seperti main game atau hal lainnya. Panas yang dihasilkan akan lebih cepat dan tentunya akan membuat komponen tidak awet.

Yang paling sering adalah menggunakan Hp sambil di cas dengan Power Bank, alangkah lebih baiknya kebiasaan ini sebisa mungkin dikurangi atau bahkan dihindari.

4. Jangan Install Atau Downlaod Aplikasi Sembarangan

Menginstall Aplikasi-Aplikasi tidak jelas terutama dari sumber yang kurang terpercaya, di khawatirkan ada Virus dalam Aplikasi tersebut. Jika di Install dalam Ponsel tentu Virus akan masuk dan merusak Sistem yang sedang digunakan.

Usahakan Install Aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak pengembang Sistem Operasi, seperti lewat Play Store jika menggunakan Android, App Store jika menggunakan iOS, dan lain-lain. Sebab Aplikasi-Aplikasi disana sudah cukup aman, pihak pengembang sudah memeriksa setiap Aplikasi yang akan di Publikasikan.

5. Gunakan Charge Original 

Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Menggunakan Charge lain yang bukan Original akan membuat baterai cepat rusak, karena bisa saja tegangan yang dihasilkan tidak sesuai. Yang sering terjadi pengisian baterai jadi lama jika tegangan terlalu rendah dan ponsel menghasilkan panas yang berlebihan jika tegangan terlalu tinggi.

Jika ingin membeli Charge merk lain, selalu perhatikan kualitas dan spesifikasi samakan dengan Charge Originalnya. Dan tak lupa juga pada kualitas kabel USB yang digunakan, sebab kabel USB yang kualitas rendah bisa terjadi arus pendek atau korsleting. 

6. Uninstall Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya dihapus saja, sebab hanya akan memakan RAM Jika aplikasi tersebut selalu berjalan di layar Belakang. 

RAM yang penuh akan membuat Ponsel lemot bahkan bisa Hang. Selain itu menghapus Aplikasi yang jarang digunakan juga dapat melonggarkan ruang penyimpanan.

7. Jangan Dekatkan Pada Perangkat Elektronik Lain

Kebiasaan ini sering dilakukan yang tanpa sadar sebenarnya bisa merusak Ponsel. Seperti meletakkan Hp dekat dengan TV. Biasanya jika Hp dekat dengan TV, layar TV seperti berkedip atau muncul garis-garis pada layar saat ada pesan masuk atau panggilan. Untuk menghindari itu jauhkan Ponsel dari perangkat elektronik lainnya.

8. Update Sistem Operasi

Pihak pengembang memberikan Update Sistem Operasi bertujuan untuk memperbaiki Sistem jika sebelumnya ada BUG. Atau mungkin menambah Fitur-Fitur baru. Dengan selalu melakukan Update jika sudah tersedia, kita akan mendapatkan performa yang maksimal.

Selain itu Update Sistem Operasi juga dapat menangkal Virus baru yang menyerang, yang mungkin pada versi sebelumnya belum dapat menangkal.

9. Update Aplikasi

Sama dengan Update Sistem, dengan selalu Update Aplikasi jika sudah tersedia, kita akan mendapatkan Performa yang maksimal atau Fitur-Fitur baru yang sudah dikembangkan oleh pihak Developer. 

Terkadang ada Aplikasi yang jika versinya sudah usang atau lama tidak bisa dijalankan dan kita pun di haruskan mengupdatenya.

Untuk melakukan Update bisa periksa pada Play Store jika menggunakan OS Android. Cari menu Aplikasi yang terinstall, maka jika ada pembaharuan akan terlihat semuanya, meskipun Update aplikasi bisa memakan Kuota yang banyak.

Baca Juga:  Tips Menghemat Paket Data Di Hp Android, Solusi Boros Kuota

10. Matikan Hp Saat Tidur

Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Kebiasaan ini akan memberikan waktu istirahat bagi Ponsel, mengingat ponsel selalu aktif terus-menerus, mungkin mati kalau hanya pas Baterai kosong saja hehehe.

Dengan selalu memberikan jeda waktu istirahat untuk Hp akan membuatnya awet. Selain itu mematikan Hp saat tidur juga akan membuat tidur kita lebih berkualitas.

11. Jangan bawa Hp ke Kamar Mandi

Tidak semuanya, namun ada beberapa di antara kita yang Hp selalu menempel pada tangan, bahkan saat pergi ke kamar mandi pun masih memegang Ponsel heheehe.

Tentu kebiasaan ini perlu dihindari, karena di dalam kamar mandi banyak air, resiko Hp terkena air sangat tinggi. Selain itu jika Ponsel jatuh ke bak mandi, ya sudah tau sendiri apa yang akan terjadi, kecuali kalau Hpnya tahan air.

Baca Juga: Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Itulah beberapa cara untuk merawat Hp agar awet dan tentunya performa selalu Power Full. Kita sebagai pengguna pasti menginginkan itu semua, agar aktivitas biasa maupun pekerjaan tidak terganggu, mengingat Ponsel sudah menjadi kebutuhan dasar di dalam kehidupan sehari-hari untuk zaman saat ini. Sekian terima kasih dan semoga membantu. 

Post a Comment for "Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak Dan Performa Selalu Power Full"

Berlangganan via Email