Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstall Di Laptop Windows 10

Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstall Di Laptop Windows 10

Dalam sebuah laptop maupun PC harus ada Aplikasi (Software) yang terinstall, jika tidak maka penggunaannya akan terbatas. Kitapun dapat melakukan Instalasi berbagai macam Aplikasi dengan bebas, sesuai dengan yang kita butuhkan.

Banyaknya Aplikasi tentu akan memakan banyak memakan Ruang Penyimpanan Laptop atau PC. Tentu ini akan menjadi masalah tersendiri bagi kita. mengingat Hard Disk penuh, kita tidak dapat melakukan penyimpanan data lagi.

Mungkin suatu ketika kalian mengalami hal tersebut, sehingga ingin menyeleksi Aplikasi-Aplikasi yang terpasang pada Laptop. misal Aplikasi yang jarang digunakan akan di Uninstall saja, guna melonggarkan Hard Disk.

Untuk melakukan itu kita dapat melihat dahulu semua Daftar Aplikasi yang terpasang, kemudian menentukan mana yang akan dihapus. Nah untuk melihatnya kita bisa melakukan dengan beberapa cara. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

(Baca Juga: Cara Mengetahui 32 Bit Atau 64 Bit Pada Windows 10)

Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstal Di Laptop Windows 10

A. Melalui Menu Start

Cara pertama bisa melihat pada Menu Start, disitu akan muncul semua Aplikasi (Software) yang terpasang pada sebuah Laptop maupun PC. Memang pada dasarnya menu ini merupakan menu yang digunakan untuk mengakses atau menjalankan Apliaksi, jadi wajar bila terdapat daftar Apliaksi yang digunakan.

Untuk melihatnya cukup mudah, tinggal Klik Logo Windows pada Pojok Kiri Bawah Layar Monitor, lalu Scroll ke bawah untuk melihat Aplikasi yang terpasang.

Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstall Di Laptop Windows 10

B. Melalui Programs and Features

Menu Programs and Features terdapat pada Control panel. Bagi pengguna Windows 7 pasti tak asing lagi dengan Menu yang satu ini. Karena digunakan untuk melakukan Uninstall sebuah Aplikasi dalam Laptop atau PC.

Karena digunakan untuk melakukan Uninstall, ketika Programs and Features dibuka maka akan menampilkan daftar Aplikasi yang terpasang. Kita bisa melihatnya sekaligus melakukan Uninstall jika ingin.

Untuk membukan bisa dengan cara berikut:

  1. Ketik Control Panel di Windows Search, lalu Klik Control Panel

    Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstall Di Laptop Windows 10

  2. Kemudian Klik Programs > Programs and Features
  3. Maka daftar Apliaksi yang terpasang akan terlihat semua

    Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstall Di Laptop Windows 10

C. Melalui Aplikasi 

Nah selain melalui Menu bawaan Windows, untuk melihat daftar Aplikasi yang terpasng bisa juga dengan sebuah Software yang bernama IObit Uninstaller. 

IObit Uninstaller adalah sebuah Aplikasi atau Software yang digunakan untuk melakukan Uninstall Aplikasi yang terpasang pada Laptop maupun PC. 

Dalam hal Uninstall aplikasi kenapa harus menggunakan Software lain, bukannya pada Windows sendiri sudah ada fitur Uninstall Aplikasi? Yaps itu memang benar. Namun menggunakan Software lain dalam hal Uninstall Aplikasi memiliki kelebihan lain, yaitu dapat menghapus data secara bersih. Untuk lebih jelasnya bisa baca berikut:  4 Cara Uninstall Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah.

Nah lewat IObit Uninstaller ini kita dapat melihat daftar Aplikasi yang terpasang di Laptop atau PC kita, sekaligus bisa melakukan Uninstall jika menginginkan. 

Untuk menggunakannya, berikut caranya:

  1. Download dahulu IObit Uninstaller pada Website resminya, Klik Disini
  2. Install File Iobit Uninstaller yang sudah di Download tadi (Tinggal Klik 2x, lalu Next-Next sampai selesai)
  3. Sampai disini saya anggap IObit Uninstaller sudah terinstall pada Laptop atau PC kalian
  4. Selanjutnya tinggal jalankan IObit Uninstaller, maka secara otomatis akan menampilkan semua daftar Aplikasi yang terpasang pada Laptop atau PC kita

    Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstall Di Laptop Windows 10

Itulah cara melihat Aplikasi yang terinstall di Laptop Windows 10. Sangat mudah bukan. Melihat daftar Aplikasi sangat penting dilakukan, guna mengatur Aplikasi yang terpasang.

Jika Aplikasi yang terpasang tidak di atur, bisa saja akan banyak Aplikasi yang jarang digunakan terInstall. Tentu ini akan merugikan kita, karena dapat menghabiskan ruang Hard Disk. 

Sebenarnya untuk melihat daftar Aplikasi yang terpasang bisa melalui Shortcut Layar Home, disitu ditampilkan Aplikasi-Aplikasi yang terinstall, namun kadang tidak semuanya. Jadi harus melalui cara-cara yang sudah dijelaskan diatas. Sekian, terima kasih dan semoga membantu.

Post a Comment for "Cara Melihat Aplikasi Yang Terinstall Di Laptop Windows 10"

Berlangganan via Email