Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Cara Uninstall Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

Cara Uninstall (Hapus) Aplikasi PC/Laptop Windows 10 sangat mudah dilakukan bila yang sudah paham dan mengerti. Namun bagi adik-adik yang masih sekolah atau siapa saja, intinya yang baru belajar, mungkin Uninstall sebuah Aplikasi di windows 10 masih bingung.

Uninstall bertujuan untuk menghapus atau membuang Aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan. Yang Jika dibiarkan akan membuat penuh media penyimpanan atau Hard Disk.  

Baca Juga: Melihat Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD

Dampak Dari Penuhnya Media Penyimpanan:

  • PC/Laptop Menjadi Lambat

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

Karena Media Penyimpanan atau Hard Disk penuh biasanya kinerja PC/Laptop akan terasa lambat bahkan bisa Hang atau Ngefreeze. Hard Disk tidak bisa berjalan sepenuhnya, apalagi jika masih Menggunakan Hard Disk type HDD.

  • Tidak Bisa Install Aplikasi Lain

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

Karena sudah tidak ada ruang kosong pada Hard Disk tentu tidak bisa menambah atau Install Aplikasi lain lagi. 

  • Tidak Bisa Update Windows 10

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

Jika ada pembaruan dari Windows 10 tentu kita tidak bisa melakukan Update. Padahal Update Windows 10 berguna untuk mendapatkan Sistem yang lebih baik dari sebelumnya, entah dari Security, fitur, tampilan, atau yang lainnya.

Salah satu cara agar menghindari dampak tersebut adalah dengan menguninstall Aplikasi yang sekiranya tidak lagi digunakan, guna melonggarkan atau memeberi ruang kosong media penyimpanan

Nah bagi yang masih bingung bagaimana cara Uninstall atau menghapus Aplikasi pada Windows 10, bisa simak penjelasan di bawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi PC/Laptop Windows 10:

  1. Lewat Menu Start

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

    Menu Start  adalah salah satu fitur  windows sebagai jalan pintasan untuk mengakses sebuah Aplikasi yang terinstall. Semua daftar Aplikasi terlihat disitu kita tinggal mencarinya berdasarkan Abjad. Dengan adanya Menu ini dapat mempermudah pengguna.

    Cara Uninstall Aplikasi lewat Menu Start :

    - Klik Logo Windows pada pojok kiri bawah layar
    - Cari Aplikasi yang akan di Uninstall
    - Klik kanan Aplikasi tersebut
    - Pilih Uninstall
    - Selesai

  2. Lewat Menu Setting

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

    Menu Setting adalah menu yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada Windows. Menu ini mirip dengan menu Pengaturan pada sebuah Smartphone. Dimana pengguna di beri kebebasan untuk melakukan Setting Windows sesuai dengan keinginan, seperti tampilan, Jaringan, perangkat Device, dan lain-lainnya.

    Nah lewat Menu Setting ini, kita juga bisa melakukan Uninstall Aplikasi. Berikut caranya:

    -Buka Menu Setting

    Cara buka Menu Setting: Klik Logo Windows pada pojok kiri bawah layar > Klik roda bergigi (Dekat dengan Logo Menu Power)

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

    - Pilih Apps

    Scroll ke bawah dan cari Aplikasi

    Klik pada Aplikasi dan pilih Uninstall

    - Selesai 

  3. Lewat Menu Control Panel

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

    Menu Control Panel mirip dengan menu Setting, bagi pengguna Windows 7 pasti sudah tidak asing lagi. Sepertinya di Windows 10 pihak Microsoft berlahan-lahan ingin menghilangkan Menu Control Panel dan menggantinya dengan Menu Setting.

    Uninstall lewat Menu Control Panel Windows 10 mirip dengan seperti pada Windows 7. Caranya:

    -Buka Menu Control Panel
    Ketik “Control Panelpada kolom pencarian > pilih Control panel

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

    - Pilih Programs
    - Pilih Programs and Features
    - Cari Aplikasi
    - Klik kanan Aplikasi tersebut dan pilih Uninstall
    - Selesai 

    Baca Juga: 4 Cara Uninstall Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

  4. Lewat IObit Uninstaller

    IObit Uninstaller adalah Aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk Uninstall Aplikasi pada PC/Laptop. sebenarnya banyak Aplikasi lain yang bisa digunakan, namun disini mencontohkan Iobit Uninstaller karena penggunaannya yang cukup mudah dan simple.

    Cara Install dan penggunaan IObit Uninstaller:

    - Download IObit Uninstaller disini
    - Install seperti biasa dan jalankan
    - Setelah terbuka beri Checklist pada Aplikasi yang akan di Uninstall

    4 Cara Uninstall  Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah

    - Pilih Uninstall
    - Selesai

    IObit Uninstaller terdapat dua Versi yaitu versi Pro (berbayar) dan versi biasa (alias gratis). Namun untuk yang versi Gratis menurut saya sudah cukup bagus.

    Kelebihan menggunakan Aplikasi pihak ke tiga untuk Uninstall adalah mampu membersihkan sampai akar-akarnya (menghapus sampai bersih). Kadang ada beberapa aplikasi yang cukup bandel, jika hanya di Uninstall lewat fitur bawaan Windows, masih ada sisa-sisa Filenya.

    Contoh kasus begini: Suatu ketika saya pernah ingin Upgrade Aplikasi Microsoft Office lama ke versi yang terbaru (Office 2016 ke Office 2019).

    Dalam contoh diatas, saya Uninstall dulu Office 2016 karena tidak semua lisensi Office mendukung Update Otomatis. Setelah itu baru Install Office 2019.

    Setelah selesai saya Uninstall Office 2016 lewat fitur bawaan Windows, saya Install Office 2019. Namun Office 2019 tidak bisa di Install dengan alasan bahwa di Laptop saya masih ada Aplikasi Office lama yang belum di Hapus.

    Akhirnya saya harus menghapus sisa-sisa file Office 2016 secara manual lewat Registry.

    Namun pada kasus teman saya, masalah tersebut tidak terjadi karena dia menggunakan Aplikasi pihak ketiga saat Uninstall Office.
Itulah 4 Cara Uninstall (Hapus) Aplikasi PC/Laptop Windows 10 yang bisa kita lakukan dengan mudah. mau pake Fitur bawaan windows atau pihak ketika itu tergantung kita.

Namun menurut pengalaman, saya lebih memilih untuk Uninstall lewat Aplikasi Pihak ketiga. Karena mampu membersihkan hingga tuntas.

Untuk Aplikasi dari pihak ketiga juga banyak yang versi Gratis alias kita bebas menggunakannya tanpa membayar dahulu. Walaupun gratis namun sudah cukup bagus, karena saya pribadi juga menggunakan yang versi gratis hehehehe. Sekian terima kasih dan semoga membatu.

Post a Comment for "4 Cara Uninstall Aplikasi PC/Laptop Windows 10 Secara Mudah"