Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mematikan Hp Baterai Tanam Saat Hang Dengan Tepat Biar Tidak Tambah Parah

Cara Mematikan Hp Baterai Tanam Saat Hang Dengan Tepat

Hp Hang atau Error memang sering terjadi dalam dunia Teknologi khususnya Ponsel. Itu wajah saja, karena Teknologi saat ini merupakan ciptaan manusia yang tentunya masih memiliki celah atau kekurangan. 

Hp Hang adalah dimana Hp berhenti tidak bisa dioperasikan atau Error. Hp tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, tidak bisa di sentuh dan biasanya hanya menyala layar putih.

Hampir semua orang sekarang ini menggunakan Hp, Tua maupun Muda serta dari mana dan dari golongan mana, Hp telah menjadi suatu kebutuhan yang mendasar.

Hp telah digunakan hampir dalam semua aktivitas manusia seperti komunikasi, jual beli, Promosi, game, dan masih banyak lagi.

Jika terjadi Hang saya rasa akan lumayan mengganggu, bahkan kita bisa saja sangat kesal jika sedang membutuhkannya dalam kondisi mendesak. Apalagi saat main Game tiba-tiba Hp Hang hmmmm.... langsung deh mendidih hehehehe.

Penyebab Hp Hang

  • Software Bermasalah

    Software disini adalah Sistem Operasi pada Hp. Saat terjadi hang bisa saja Sistem Operasi mengalami kerusakan yang menyebabkan Hp berhenti beroprasi.

    Sistem Operasi yang rusak biasanya disebabkan oleh Virus yang menyerang Hp. Virus tersebut membuat kerusakan yang menyebabkan ada bagian Sistem Operasi hilang. Sehingga Sistem Operasi tidak bisa berjalan seperti biasanya, dan terjadilah Hang.

    Hp yang sudah di Root (Jika di Android), sembarangan Download di Internet, dan lain-lain adalah penyebab Virus bisa masuk ke Ponsel.

  • Hardware Bermasalah

    Selain Software Hp Hang bisa juga disebabkan oleh perangkat keras atau Hardware yang rusak. Jika ada salah satu komponen Hp yang rusak tentu itu akan mengganggu seluruh sistem Ponsel, dan berdampak Hp tidak bisa berjalan seperti biasa.
  • Menjalankan Aplikasi Berat

    Bermain Game yang berat misalnya. Sementara Spesifikasi Hp kita tidak mendukung atau kurang, maka yang biasa terjadi adalah Hp hang.

    RAM penuh dan Prosesor tidak bisa mengimbangi dengan Aplikasi atau Game yang sedang dijalankan. Setiap Aplikasi atau Game pasti ada Spesifikasi minimal yang dibutuhkan.

    Jadi jika mau menjalankan Aplikasi-Aplikasi atau mungkin untuk main Game berat, sebaiknya lihat dulu Spesifikasi Hp kita, apakah mendukung atau tidak, sebab Selain dapat membuat Hp Hang bisa juga membuat Hp cepat rusak karena Hp bekerja melebihi batas kemampuan.

  • Hp Panas

    Kasus Hp panas biasanya terjadi saat digunakan untuk main game secara terus menerus. Hp bekerja begitu keras sehingga timbullah panas, yang jika di teruskan performa Hp akan menurun dan bahkan jika panas sudah melebihi batas akan akan mati tiba-tiba.

    Panas inilah yang membuat Hp Hang, atau yang biasa disebut Hp Ngefreeze, atau jika sedang main game terjadi Lag.

    Atau mungkin menggunakan Hp sambil di Cas juga bisa membuatnya cepat panas. Sebaiknya hindari penggunaan Ponsel sambil di Cas.

Nah jika Hp kita mengalami hang bisa melakukan cara-cara berikut untuk mematikannya:

  1. Close atau tutup Aplikasi

    Jika Hp hang karena Aplikasi yang keberatan, bisa langsung menutupnya dengan cara menekan tombol Home, biasanya langsung bisa keluar.

    Dalam kasus seperti ini, kadang Hp masih bisa di Operasikan, Cuma Aplikasi yang terkait yang Hang dan benar-benar tidak bisa di jalankan. Tutup Aplikasi tersebut maka Hp akan kembali normal.

  2. Tekan Tombol Power

    Berbeda dengan kasus sebelumnya, jika Hp benar-benar Hang dan tidak bisa di apa-apakan, Hp benar-benar berhenti total. Tekan Tombol Power hingga Hp mati, lalu coba hidupkan kembali.

    Menekan Tombol Power hingga mati bertujuan untuk Merestart Hp, agar Sistem dijalankan dari awal. Cara ini cukup mujarab jika Hp belum mengalami kerusakan yang serius.

  3. Tunggu Baterai Sampai Habis

    Jika menekan Tombol Power masih tidak bisa, tunggu hingga Baterai habis, setelah itu cas dan coba hidupkan kembali.

    Ketika Baterai habis otomatis Ponsel akan mati, maka jika dihidupkan Hp akan menjalankan Sistem dari awal. Tentu dengan begitu diharapkan Hp akan kembali Normal.

    Karena harus menunggu Baterai habis, kita harus bersabar, tergantung daya baterai yang tersisa. Jika yang tersisa banyak ya tunggu aja hehehhe.

  4. Copot Baterai

    Karena yang kita bahas adalah Hp dengan Baterai tanam, mencopot Baterai membutuhkan keahlian khusus. Karena biasanya tidak mudah membongkar Body Hp dengan Baterai tanam.

    Melepas baterai bertujuan agar Hp mati seketika, dan jika dihidupkan akan menjalankan Sistem dari awal, seperti yang sudah dijelaskan pada cara-cara sebelumnya.

    Jika kita tidak memiliki keahlian guna membongkar Casing Hp, sebaiknya jangan melakukan cara ini, untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Niatnya memperbaiki eeee malah tambah parah.

  5. Buang Ke Laut

    Tidak juga harus di buang ke laut, ini hanya becanda hehehe. Maksudnya di bawa ke Teknisi aja, karena disana akan diperbaiki oleh orang yang sudah paham.

    Seperti pada sebuah iklan obat “Jika sakit berlanjut hubungi Dokter”, ini juga berlaku pada Ponsel “Jika Hp rusak serius bawa ke teknisi aja”.

    Hp hang pasti ada penyebabnya, seperti yang sudah dijelaskan pada pembukaan diatas. Jika kerusakan sudah parah jalan terbaik adalah dibawa ke teknisi, agar masalah ini tidak kambuh lagi, yang tentunya bikin kita kerepotan sendiri.

    Setelah dibawa ke teknisi, namun setelah itu Hp masih sering Hang juga, ya terpaksa deh, sebaiknya ganti baru heheheh. Mungkin Hp kita sudah tua dimana massa pemakaiannya sudah habis, perlu diganti dengan yang baru. Daripada mengganggu aktivitas kita, bisa-bisa membuat pusing 7keliling hmmm.....

Intinya 

Saat Hp kita mengalami Hang bisa melakukan langkah-langkah diatas guna melakukan pertolongan pertama. Setelah itu menganalisa gerangan apa yang terjadi, maksudnya apa yang menyebabkan Hp kita Hang hmm....

Jika penyebabnya karena Spesifikasi Hp yang tidak mendukung, ya sebaiknya jangan dipaksakan, kan kasian jika harus bekerja melebihi batas.

Atau mungkin Hp Hang karena panas untuk main Game secara terus-terusan. Main game sambil di Cas lagi Hadehh. Sebaiknya kebiasaan ini di hindari karena jika terus-menerus akan membuat komponen cepat rusak, kalau rusak kita keluar biaya lagi kan.

Namun jika Hp hang karena kerusakan Sistem atau Hardwarenya ya sebaiknya dibawa ke teknisi, biar diperbaiki dengan benar. Tanda-tanda kerusakan pada sistem atau Hardwarenya adalah Hang sering terjadi, tidak hanya satu atau dua kali saja. 

Hang masih terjadi meskipun sudah diperbaiki oleh teknisi, ya mungkin Hp kita sudah usang, sudah tua, kinerjanya sudah menurun jauh. Agar tak hang ya terpaksa beli baru, tidak apa-apa lah keluar uang untuk ganti baru, dari pada aktivitas terganggu, malah bisa-bisa tambah merugikan jika tidak segera diganti.

Itulah cara mematikan Hp Baterai tanam saat Hang dengan tepat. Mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam penjelasan. Sekian terima kasih dan semoga membantu.

Post a Comment for "Cara Mematikan Hp Baterai Tanam Saat Hang Dengan Tepat Biar Tidak Tambah Parah"