Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Baterai Hp boros, apa kalian pernah mengalami masalah ini? Terkadang cukup membuat kesal bukan, mengingat Hp saat ini sudah menyatu dengan diri kita, meskipun tidak semua orang. Apalagi kalau baterai habis saat Hp sedang dibutuhkan, ditambah berada di luar rumah lagi pasti bisa pusing tujuh keliling deh hm.....hm....

Sebenarnya bisa saja menggunakan Power Bank untuk mengatasi Baterai Hp Boros. Namun apa iya bila kesana kemari selalu membawa Power Bank, kan repot jadinya. Kayak Perangko aja yang selalu nempel pada Amplop hehehehe.

Baterai Hp Boros ada banyak penyebabnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu. Lalu melakukan langkah-langkah perbaikan agar masalah tersebut tidak terus terjadi. Yang tentu bisa mengganggu kinerja dalam penggunaan Handphone jika tidak segera diatasi. 

Sebenarnya sekarang ini Brand-Brand yang menjual Hp sudah menyediakan Baterai dengan kapasitas yang cukup besar, namun jika penggunaannya Baterai tidak dioptimalkan bisa saja tetap boros. Nah jika ingin daya dari Baterai bisa digunakan secara efisien bisa simak penjelasan berikut.

Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

1. Banyak Aplikasi yang berjalan di Latar Belakang

Aplikasi Latar Belakang adalah Aplikasi yang akan tetap berjalan meskipun sudah di tutup atau Close. Tentu semakin banyak akan membuat konsumsi daya listrik dari Baterai akan semakin banyak pula.

Ada Aplikasi yang memang harus berjalan di Latar Belakang, karena kalau tidak, Aplikasi tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Dan ada Aplikasi yang tidak perlu berjalan di Latar Belakang.

Contoh Aplikasi yang harus tetap berjalan di Latar Belakang adalah WhatsApp, Telegrap, Line, dan lain-lain.

Sebenarnya semua Aplikasi yang terinstal memiliki Pengaturan yang dapat berjalan di Latar Belakang, namun kita bisa merubahnya, agar Aplikasi hanya berjalan ketika sedang digunakan saja, dengan begitu penggunaan daya Baterai bisa lebih Efisien.

Berikut cara merubah pengaturannya di Hp Android:
  1. Buka Menu Pengaturan
  2. Pilih Aplikasi dan Notifikasi
  3. Cari Aplikasi yang akan dirubah
  4. Pilih Baterai
  5. Atur menjadi Batasi atau Jangan Berjalan di Layar Belakang
  6. Selesai

NB: Sebaiknya matikan Layar Belakang hanya untuk Aplikasi yang jarang digunakan saja. Karena jika mode ini dimatikan, Semua Notifikasi Aplikasi yang terkait tidak akan masuk.

2. Jaringan Tidak Stabil

Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Jaringan yang tidak stabil, sering terjadi perpindahan Sinyal 4G ke 3G atau sebaliknya. masalah tersebut bisa membuat Baterai boros atau cepat habis.

Sebaiknya Lock atau kunci Jaringan yang terbaik di tempat kita tinggal, agar tidak sering berpindah-pindah sendiri.

Namun jika jaringan di Lock ke 4G, maka kita tidak bisa menerima dan melakukan panggilan lewat nomer Telepon Seluler, karena 4G hanya mendukung Khusus Jaringan Internet.

Cara mengunci Jaringan di Hp Android:

*Lewat Menu Pengaturan atau Setting
  1. Buka Menu Setting atau Pengaturan
  2. Pilih Jaringan Seluler
  3. Mode Jaringan
  4. Pilih Hanya 4G atau Hanya 3G
  5. Selesai
NB: Tidak semua Merk Hp bisa dengan cara ini


*Lewat Kode Dial
  1. Ketik kode ini *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada dial pad
  2. Secara otomatis, akan membuka menu Pengujia
  3. Selanjutnya pilih Informasi Perangkat
  4. Scroll ke bawah dan temukan Set preferred network type kemudian pilih LTE Only atau 3G Only
  5. Kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat.
  6. Selesai.

*Lewat Aplikasi
  1. Download aplikasi 4G LTE Switch di Play Store
  2. Jalankan aplikasinya 
  3. Kita akan diarahkan ke menu Device Info
  4. Scroll ke bawah lalu cari Set Preferred Network Type
  5. lalu pilih LTE Only atau 3G Only
  6. Selesai.

3. Menggunakan Dual SIM

Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Dengan menggunakan dual SIM tentu akan menambah kinerja Hp menjadi tambah berat. Jika hanya satu Sim saja sudah cukup menguras Baterai apalagi dua SIM yang terpasang, bisa dibayangkan bukan.

Menggunakan Dual SIM juga sering terjadi Problem, seperti yang sering dialami yaitu salah satu SIM susah mendapatkan Sinyal bahkan tidak ada.

Jika kita menggunakan Dual SIM sebaiknya matikan salah satu jika sudah tidak di perlukan dan SIM yang sering digunakan letakkan pada Slot pertama.

4. Banyak Fitur Yang Aktif


Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Hp zaman sekarang memang sudah banyak memiliki banyak Fitur dan memang terkadang sangat kita perlukan, namun dampak pemakaiannya juga bisa membuat boros Baterai.

Fitur-Fitur tersebut yaitu Wifi, Bluetooth, Lokasi, dan lain-lainnya. Sebaiknya matikan saja jika Fitur sudah tidak dipakai. 

5. Auto-brightness

Ini adalah mode dimana kecerahan layar akan berubah secara otomatis menyesuaikan keadaan tempat atau ruangan.

Namun justru Fitur ini bisa menguras Baterai, karena sensor pendeteksi cahaya akan terus menerus aktif untuk menyesuaikan kecerahan layar.

Sebaiknya atur Auto-brightness ke manual saja.

6. Waktu Tidur Layar Atau Screen Timeout Terlalu Lama


Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Screen Timeout adalah proses dimana Layar akan di matikan dan dikunci (jika dikunci) ketika Hp tidak digunakan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Semakin lama Screen Timeout, akan semakin banyak menguras Baterai juga, karena biasanya kita sering lupa mematikan Layar secara manual, jika Hp sudah tidak digunakan.

Untuk menghemat Baterai, atur Screen Timeout jangan lama-lama, bisa 1 menit atau 2 menit saja.

7. Charger Bermasalah

Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Penyebab Baterai Hp boros juga bisa disebabkan karena Charger yang digunakan untuk mengecas Bermasalah.

Kasus seperti ini pernah saya alami, dimana proses Cas Baterai sangat cepat, namun ketika digunakan juga cepat habis.

Saya coba dengan Charger teman, proses Cas agak lama namun Baterai lebih awet dibandingkan Ngecas dengan Charger saya tadi.

Untuk menjaga agar Charger bisa awet, sebaiknya setelah selesai mengecas cabut dari Stop Kontak Listrik. Selain itu kebiasaan ini juga bisa menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Kapasitas Baterai Kecil

Untuk saat ini masalah kapasitas Baterai sepertinya tidak begitu masalah, karena Hp-Hp sekarang memiliki kapasitas Baterai yang cukup besar.

Namun jika kita masih menggunakan Hp yang kapasitas Baterainya belum besar bisa mengatasi dengan menggunakan Power Bank. Meskipun sedikit merepotkan karena kemana-mana harus bawa Power Bank.

9. Baterai Sudah Tua

Baterai Hp sendiri memiliki massa aktif pemakaian, jika umur sudah lama kemampuan untuk menyimpan daya listrik akan berkurang. Itu yang menyebabkan Baterai cepat habis.

Agar umur Baterai lebih panjang, sebaiknya hindari Ngecas terlalu lama (jika sudah penuh langsung  cabut) dan hindari Ngecas Hp sambil digunakan.

10. Hp Untuk Main Game

Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Jika untuk main Game saya rasa semua Hp pasti akan cepat habis baterainya. Karena main Game, Hp akan berkerja sangat berat dan tentunya akan menguras Baterai. Apalagi jika Game yang dimainkan adalah Game-Game yang berat seperti PUBG, Mobile Legend, dan sejenisnya.

Itulah faktor atau penyebab Baterai Hp boros. Jika kita mengalami masalah ini, bisa menganalisa lewat penjelasan diatas. Selanjutnya melakukan langkah-langkah yang dapat membuat Baterai tidak boros dan awet tentunya. Sekian terima kasih dan semoga membantu.


Post a Comment for "Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros"