Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari Sembarang Download di Internet Terutama Aplikasi

Hindari Sembarang Download Di Internet Terutama Aplikasi

Perkembangan Teknologi begitu cepat. Kita lihat saja tahun 90an  dengan sekarang, kurang lebih hanya selang 20 tahun perbedaannya sangat kelihatan sekali. Dan sekarang pun telah memasuki era Teknologi Digital.

Di zaman sekarang ini, aktivitas Download sudah menjadi kebiasaan bagi pengguna Internet. Sebenarnya apa itu Download?. Secara sederhana Download adalah aktivitas mengambil data atau file dari Internet. File tersebut bisa berupa Gambar, Video, Musik, Aplikasi, dan lain-lain. Saat kita menyimpan gambar yang dikirim teman melalui aplikasi WhatsApp, itu juga termasuk Download.

Sebenarnya Download bukan hanya menyimpan file dari Internet. Dalam mengakses Informasi dari Internet ada proses Download dahulu, misal membuka Website biasanya ada jeda atau Loading itulah proses Download juga. Namun yang kita bahas disini bukan Download yang itu, melainkan proses Download yang berbentuk data atau file.

Download data atau file dari internet secara sembarangan bisa saja berakibat buruk bagi kita sebagai pengguna, khususnya download Aplikasi untuk Desktop maupun Smartphone. Dampak buruk tersebut bisa berupa Komputer yang rusak karena Virus, Pencurian data, dan lain-lain. Kenapa bisa begitu, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Hal-hal yang bisa terjadi jika sembarangan Download dari internet:

  • Data Atau File Yang Di Download Palsu

Misal kita ingin mendownload file aplikasi yang kita butuhkan untuk di Install pada komputer, seperti Browser atau yang lainnya. Kita mencari di Internet dan kemudian mendownload lalu menginstall-nya.

Bisa saja aplikasi tersebut palsu. Mungkin namanya tampak sama, tapi setelah di Install ternyata Virus. Sudah bisa ditebak bukan, apa yang terjadi setelah itu. Namanya juga Virus pasti akan merusak komputer kita.

  • Data Atau File Di Selipin Sesuatu Yang Lain

Kalau sebelumnya file benar-benar palsu, namun yang ini file asli namun diselipkan sesuatu yang lain. Misal kita mendownload sebuah file, lalu menjalankannya. Secara otomatis ada file yang lain juga akan ikut berjalan.

Dalam contoh kasus yang sering saya pribadi temui. Saya pernah mendownload sebuah aplikasi, lalu menginstall-nya, tapi setelah selesai ada aplikasi lain yang juga ikut terinstall dalam Komputer. Mungkin itu strategi promosi agar aplikasi lain tersebut banyak dikenal.

Tapi tidak memungkiri bahwa sesuatu yang lain, yang diselipkan tersebut berupa sesuatu yang berbahaya, bisa Virus atau yang lainnya. Itu yang ditakutkan.

  • Website Berbahaya

Yang jadi permasalahan disini buka pada file atau data yang di Download tapi Websitenya. Saat kita mau  Download dari sebuah Website. Kita masuk ke website tersebut, nah saat itulah data-data kita bisa saja di curi oleh orang tak bertanggung jawab. Karena ada beberapa Website yang dibuat untuk tujuan tidak baik.

Yang bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal tersebut:

  • Jika Download Aplikasi Cari Dulu Di Layanan Sistem Operasi

Maksudnya kita cari dulu aplikasi di Microsoft Store jika menggunakan Windows, pada App Store jika pada Macintosh, pada Google Play jika Android, dan lain-lainnya.

Download dari situ akan lebih terpercaya dibandingkan dari tempat lain, karena disediakan langsung oleh pihak pengembang Sistem Operasi.

  • Download Dari Website Yang Terpercaya

Jika aplikasi tidak tersedia di layanan Sistem operasi, bisa mendownload dari Website resminya. Setiap aplikasi yang di Publikasi-kan biasanya pihak pengembang sudah menyediakan Website tersendiri guna mendapatkannya.

Tetapi jika bukan Download aplikasi, usahakan Download dari Website yang terpercaya. Untuk mencari Website yang terpercaya bisa mencari referensi di Google atau mungkin tanya ke teman yang sudah paham.

  • Hindari Download Aplikasi Bajakan

Karena yang paling rawan adalah Aplikasi bajakan. Biasanya orang tak bertanggung jawab mengiming-imingi sesuatu yang berbau gratis agar ada orang yang mendownload atau masuk ke websitenya.

Selain membahayakan diri kita, menggunakan Aplikasi bajakan merupakan tindakan yang tidak baik. Jika tidak ingin membeli, gunakan aplikasi-aplikasi gratis yang serupa sebagai alternatif, meskipun harus mempelajari-nya dari awal.  

Baca Juga: Cara Menampilkan Kecepatan Internet Di Windows 10

Itulah dampak yang mungkin saja terjadi bila kita sembarangan Download dari Internet. Untuk mencegah itu semua bisa melakukan seperti yang sudah dijelaskan. Alangkah baiknya jika kita selalu berhati-hati jika berada di Internet, karena kejahatan selalu mengintai kita setiap waktu. Terima kasih, semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Hindari Sembarang Download di Internet Terutama Aplikasi "