Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler Agar Makin Lancar

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Bagaimana Mempercepat Koneksi Internet di jaringan Seluler? Mungkin ini adalah suatu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna internet yang menggunakan Jaringan Seluler. Kalau pengguna Wifi saya rasa jarang mengalami kendala.

Sinyal Seluler dipancarkan dari Tower BTS agar jangkauannya luas, kemudian Sinyal tersebut akan ditangkap oleh Hp kita. Sehingga kita bisa menggunakannya untuk Komunikasi maupun mengakses Internet. 

Jaringan Seluler memiliki banyak pelanggan, Bagi pengguna Hp pasti juga menggunakan jaringan ini, karena memiliki kelebihan dibandingkan Jaringan Internet lainnya.

Salah satu kelebihannya adalah area jangkauannya yang cukup luas, bisa menjangkau radius beberapa Kilo Meter setiap tower BTS yang memancarkan Sinyal. Sangat jauh selisihnya jika dibandingkan dengan Jaringan Wifi yang hanya menjangkau beberapa meter saja. Tentu ini akan memudahkan pengguna bila melakukan bepergian.

Bagi wilayah yang belum memiliki akses Jaringan Wifi, Jaringan Seluler menjadi alternatif utama bila ingin mengakses Internet.

Sementara masalah yang sering dijumpai pada jaringan Seluler adalah sinyal yang didapat Low atau lemah. Dengan lemahnya Sinyal yang didapat tentu Koneksi Internet akan lambat juga.

Lemahnya Sinyal yang didapat bisa dipengaruhi banyak Faktor, seperti terhalang bangunan atau pepohonan, lokasi terlalu jauh dengan tower BTS, dan lain sebagainya.

Nah di Artikel ini kami akan memberikan Tips atau cara bagaimana mempercepat koneksi Internet pada jaringan Seluler.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler:

1. Cari Tempat Yang Mendapatkan Sinyal Bagus

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Karena kendala utama biasanya pada Sinyal yang didapat, langkah mudah untuk mengatasinya adalah mencari tempat yang mendapat Sinyal bagus. Tentu tempat yang dekat dengan Menara BTS. 

Atau bisa juga tempat-tempat yang tidak ada pepohonan maupun bangunan yang menghalangi Sinyal dari Menara BTS, seperti di Lapangan atau area persawahan. Meskipun agak repot jika harus mengakses Internet dari tempat-tempat seperti itu.

Bahkan dalam sebuah kasus yang saya alami sendiri, ketika mengakses Internet dari dalam Rumah Koneksi sangat lambat, namun di luar rumah Cukup kencang. Meskipun ini hanya pada Provider tertentu.


2. Gunakan Provider yang Kencang

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Yaps sudah kita ketahui bahwa ada Provider yang sudah terkenal memiliki kecepatan Internetnya kencang ada juga yang lambat, meskipun Sinyal yang di dapat sama-sama Full. 

Jika ingin Koneksi cepat tentu kita harus menggunakan Provider yang sudah terbukti memiliki koneksi Internet bagus, seperti Si Merah misalnya. 

Namun Provider yang menyediakan Koneksi cepat biasanya harga Kuota atau Paket datanya juga berbeda (lumayan Mahal) dibandingkan dengan Provider yang Koneksinya lambat.

Baca Juga: Tips Menghemat Paket Data Di Hp Android, Solusi Boros Kuota Paling Ampuh


3. Gunakan Jaringan 4g

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Untuk saat ini jaringan Seluler yang paling Kencang adalah 4G. yang kecepatannya bisa mencapai 100 Mbps. 

Jika di tempat kalian sudah mendukung jaringan ini, sebaiknya segera gunakan agar mendapatkan kecepatan Internet yang lebih bagus. 


3. Akses Internet Pada Malam Hari

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Sama dengan Jaringan lainnya, Jaringan Seluler juga memiliki Bandwidth. Bandwidth adalah kapasitas yang bisa digunakan untuk transfer data dalam hitungan detik. Kalau diibaratkan Bandwidth itu seperti jalan raya.

Ketika banyak yang mengakses Internet, maka Bandwidth akan dibagi kepada siapa saja yang terhubung. Tentu semakin banyak pengguna akan semakin lemot. Sama seperti jalan raya, semakin banyak pengguna jalan kemungkinan macet bisa terjadi.

Nah pada malam hari pasti sedikit yang mengaskses Internet, karena pada tidur semua hehehehe. Sehingga Bandwidth menjadi longgar. Itulah mengapa kecepatan Internet pada malam hari kencang.


4. Dengan Mifi

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Mifi Adalah Mini Wifi Router atau Wifi mobile yang cara kerjanya mirip dengan Router pada Wifi, bedanya Mifi menggunakan Jaringan Seluler sama seperti Hp. 

Mifi bisa digunakan untuk memper cepat Koneksi Internet, apabila di tempat kita sinyal tidak Stabil. Misal, di dalam rumah Koneksi buruk tapi ketika di luar rumah bagus.

Nah caranya, Mifi yang kita gunakan di letakkan di luar rumah atau di teras rumah mungkin, yang jelas diletakkan pada area rumah yang mendapatkan Koneksi bagus. Selanjutnya kita bisa mengakses dari dalam rumah. 

Cara ini banyak yang sudah mencoba dan terbukti manjur. Untuk harga Mifi sendiri kalian bisa cek di toko atau mungkin di lapak-lapak E-Commerse kesukaan kalian.

Selain itu Mifi juga bisa diakses lebih dari satu pengguna, tergantung dari Spesifikasinya. Jadi bisa digunakan untuk bersama-sama.


5. Mifi + Antena

Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler

Ada beberapa jenis Mifi yang terdapat Port Antena Eksternal. Jika dirasa hasil kurang maksimal bisa menambahkan Antena Eksternal pada Mifi. Tentu ini akan bisa menambah Sinyal yang didapat.

Ada banyak ragam Antena Mifi yang dijual, yang tentunya masing-masing jenis memiliki kemampuan menangkap Sinyal yang berbeda-beda juga. Kita hanya tinggal menyesuaikan dengan kondisi tempat kita.

Jika ingin hasil maksimal bisa gunakan Antena yagi. Karena Antena ini jenis Antena Outdoor atau luar ruangan, sehingga bisa menangkap Sinyal lebih luas lagi.

NB: Kalau mau membeli Antena Mifi sebaiknya lihat dulu Port Antena yang tersedia, untuk mencocokkan Tipenya, agar tidak salah beli. 


Itulah cara mempercepat Koneksi Internet di Jaringan Seluler. Jika kalian mengalami hal masalah ini bisa menerapkan cara-cara yang sudah dijelaskan. 

Perlu diketahui bahwa cara-cara diatas tidak menjamin 100% berhasil, karena semua tergantung pada lokasi tempat tinggal kita.

Namun tidak ada salahnya jika kita melakukan usaha dulu guna bisa mengakses Internet dengan lancar. Karena saat ini kebutuhan akan Internet sudah cukup pokok. Internet bisa membantu kita dalam banyak hal, asal bisa menggunakannya dengan bijak. 


Post a Comment for "Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler Agar Makin Lancar"