Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

Tp Link Wn722n adalah penangkap wifi yang digunakan pada Komputer maupun Notebook. Alat ini mirip dengan Wifi Card, yang membedakan hanyalah letaknya yang Eksternal.

Dalam sebuah kasus, letak sumber Wifi atau Router letaknya cukup jauh, penangkap sinyal bawaan pada Komputer ataupun Notebook tidak bisa menjangkau. Tp Link Wn722n menjadi solusi, karena pada alat ini terdapat antena tambahan yang dapat menambah jangkauan sinyal Wifi.

Untuk penggunaan juga lumayan mudah, hanya tingga mencolokkan ke Port Usb dan menginstal Drivernya, secara otomatis akan terhubung dengan Device kita.

Biasanya Tp Link Wn722n sering digunakan dalam menembak Wifi diarea sekitar rumah, Misalnya Wifi.id atau lainnya, asalkan tidak untuk menyuri wifi tetangga aja, wkwkwkwwkwk

Namun lagi-lagi letak router yang cukup jauh, terkadang meskipun sudah menggunakan Tp Link Wn722n hasilnya masih kurang memuaskan. 

Misal: Ketika tidak memakai Tp Link Wn722n, Device tidak mendapatkan sinyal Wifi sama sekali, setelah memakai alat ini mendapatkan 1-3 bar, tapi kecepatannya masih tidak stabil atau naik turun, bahkan sering Down.

Nah diartikel ini akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan Tp Link Wn722n agar hasil yang didapatkan pada sebuah Device kita memuaskan. Dan kitapun merasa kenyamanan dalam mengakses Wifi.

Berikut cara mengoptimalkan Tp Link Wn722n agar hasilnya bisa maksimal:

  1. Ditambah kabel Usb Exstender
    Mengoptimalkan Tp Link Wn722n
    Yaps dengan menambah kabel Usb Extenter bisa menambah jangkauan Tp Link Wn722n, karena setelah ditambah kabel Ekstender Tp Link Wn722n bisa diletakkan pada tempat yang mendapat sinyal bagus. Contoh bisa diletakkan pada luar ruangan tau lainnya.

    Saya sendiri juga menggunakan cara ini. Laptop saya pada awalnya tidak bisa menjangkau Wifi.id yang terdapat pada sekitar kost. Akhirnya saya putuskan untuk memebeli Tp Link Wn722n. Setelah dipasang sinyal mendapat 2-3 bar namun  masih kurang maksimal, Bandwidth sering naik turun, bahkan Down.

    Sayapun  menambah kabel Usb Ekstender dengan panjang 10 meter pada Tp Link Wn722n. Tetapi setelah dipasang pada awalnya terjadi masalah, Tp Link Wn722n sering putus nyambung pada Device.

    Kemudian saya cari tau penyebabnya, yang ternyata kabel Usb Ekstender kepanjangan, sehingga Tp Link Wn722n kekurangan daya listrik.

    Saya mencari cara untuk mengatasi hal tersebut dari berbagai sumber.

    Berikut cara-cara yang saya dapatkan untuk mengatasi Tp Link Wn722n kekurangan daya karena kabel Usb Ekstender kepanjangan:

    -Menggunakan Usb Hub yang ada penambah dayanya

    Karena Port Usb pada Komputer ataupun Notebook, hanya 2,5 W untuk Usb 2.0, 4,5 W untuk 3.0 dan 100 W untuk Type C. 

    Sebenarnya Laptop saya terdapat Usb Type C yang memiliki daya lumayan besar, namun pada saat itu saya tidak menemukan kabel Usb Ekstender yang menggunakan Port Type C. saya juga mencoba dengan menggunkan Converter Type C untuk menghubuhkan Tp Link Wn722n yang telah ditambah kabel Ekstender, namun hasilnya tetap sama.

    Mungkin dengan menambah Usb Hub yang ada penambah daya listrik bisa mengatasi masalah ini. Tapi saya belum mencobanya karena pada saat itu harganya masih lumayan mahal.

    -Dengan memodif kabel Usb Ektender

    Kabel Usb Ekstender dimodifikasi dengan cara menambah daya listriknya dengan Charge handphone.

    Usb Ekstender dikelupas, lalu dicari kabel yang mengaliri daya listrik. Kabel tersebut dihubungkan dengan kabel charge Hanphone yang dihubungkan langsung ke sumber listrik.

    Saya tidak menggunakan cara ini, karena harus memiliki keahlian dalam membuatnya dan memiliki resiko bila salah menyambung kabel.

    -Dengan memotong kabel Usb Ekstender

    Yaps inilah cara yang saya gunakan. Saya memotong kabel Usb Ekstender yang semula 10 Meter menjadi 5 Meter. Kemudian Tp Link Wn722n dengan panjang kabel Usb Ekstender 5 Meter saya letakkan ditembok bagian atas dekat genteng.

    Hasilnya bagus, tidak putus-nyambung lagi,sinyal masih sama mendapat 2-3 bar namun Bandwidth sangat stabil, tidak naik-turun lagi.

  2. Mengganti antena 
    Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

    Antena Tp Link Wn722n dapat dicopot. Jika hasil yang didapat kurang memuaskan kita bisa mengganti antena tersebut dengan antena yang lebih besar dan lebih luas jangkauannya. Banyak antena wifi yang dijual dipasaran, kita tinggal mencari yang sesuai dengan Portnya saja.

  3. Menambah dengan Wajan Bolic
    Mengoptimalkan Tp Link Wn722n
    Dari berbagai sumber yang saya dapatkan, dengan menambah Wajan Bolic bisa menjangkau Wifi yang letaknya cukup jauh. Karena Wajan Bolic mampu memusatkan penangkapan sinyal satu arah.

    Namun sekali lagi, saya belum pernah mecoba cara ini, karena lumayan rumit dan susah.

Intinya dalam kasus yang saya alami: 
Saya ingin menggunakan Wifi.id yang ada disekitar kost, namun laptop saya tidak bisa menjangkau nya.

Kemudian saya membeli Tp Link Wn722n untuk menjangkau Wifi.id tersebut, tapi masih kurang maksimal katena Bandwidth masih tidak stabil, meskipun sinyal yang didapat 2-3 bar. 

Lalu saya menambah Tp Link Wn722n tersebut dengan Kabel Usb ekstender sepanjang 10 meter, namun masalah muncul lagi, dimana Tp Link Wn722n putus-nyambung di laptop.

Setelah mencari tau ternyata kabel Ekstender kepanjangan, sehingga Tp Link Wn722n kekurangan daya listrik.

Dari berbagai sumber yang saya dapatkan untuk mengatasi masalah tersebut, saya memilih untuk memotong kabel Usb Ekstender. Yang semula 10 meter menjadi 5 meter.

Dan hasilnyapun memuaskan, meskipun sinyal yang didapat masih sama antara 2-3 bar, namun Bandwidth sudah stabil dan Tp Link Wn722n tidak putus-nyambung lagi.

Itulah cara mengoptimalkan Tp Link Wn722n yang bisa kalian gunakan sebagai refrensi atau untuk mengatsi masalah bila kalian mengalami hal yang sama, seperti yang saya alami.



Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.

Post a Comment for "Mengoptimalkan Tp Link Wn722n"