Widget HTML #1

3 Tips Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

Tp Link Wn722n adalah penangkap wifi yang digunakan pada Komputer maupun Notebook. Alat ini mirip dengan Wifi Card, yang membedakan hanyalah letaknya yang Eksternal atau diluar.

Dalam sebuah kasus, letak sumber Wifi atau Router letaknya cukup jauh, penangkap sinyal bawaan pada Komputer ataupun Notebook tidak bisa menjangkau. Tp Link Wn722n menjadi solusi, karena pada alat ini terdapat antena tambahan yang dapat menambah jangkauan sinyal Wifi.

Untuk penggunaan juga lumayan mudah, hanya tingga mencolokkan ke Port Usb lalu Install Drivernya, secara otomatis akan terhubung dengan Device kita.

Biasanya Tp Link Wn722n sering digunakan dalam menembak Wifi diarea sekitar rumah, Misalnya Wifi.id atau lainnya.

Namun lagi-lagi letak router yang cukup jauh, terkadang meskipun sudah menggunakan Tp Link Wn722n hasilnya masih kurang memuaskan. 

Misal: Ketika tidak memakai Tp Link Wn722n, Device tidak mendapatkan sinyal Wifi sama sekali, setelah memakai alat ini mendapatkan 1-3 bar, tapi kecepatannya masih tidak stabil atau naik turun, bahkan sering Down.

Nah di artikel ini akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan Tp Link Wn722n agar hasil yang didapatkan pada sebuah Device kita memuaskan. Dan kitapun merasa nyaman dalam mengakses Wifi.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Jaringan Seluler Agar Makin Lancar

Berikut cara mengoptimalkan Tp Link Wn722n agar hasilnya bisa maksimal:

1. Ditambah kabel Usb Extender

Mengoptimalkan Tp Link Wn722n
Ya dengan menambah kabel USB Extenter bisa menambah jangkauan Tp Link Wn722n, karena setelah ditambah kabel Extender Tp Link Wn722n bisa diletakkan pada tempat yang mendapat sinyal bagus. Contoh bisa diletakkan pada luar ruangan tau lainnya.

Saya sendiri juga menggunakan cara ini. Laptop saya pada awalnya tidak bisa menjangkau Wifi.id yang terdapat pada sekitar tempat tinggal. Akhirnya saya putuskan untuk membeli Tp Link Wn722n. Setelah dipasang sinyal mendapat 2-3 bar namun  masih kurang maksimal, Bandwidth sering naik turun, bahkan Down.

Sayapun  menambah kabel USB Extender dengan panjang 10 meter pada Tp Link Wn722n. Tetapi setelah dipasang pada awalnya terjadi masalah, Tp Link Wn722n sering putus nyambung pada Device.

Kemudian saya cari tau penyebabnya, yang ternyata kabel Usb Extender kepanjangan, sehingga Tp Link Wn722n kekurangan daya listrik.


Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Tp Link Wn722n kekurangan daya ketika ditambah kabel Usb Extender:

Menggunakan USB Hub yang ada penambah dayanya

Karena Port Usb pada Komputer ataupun Notebook, hanya 2,5 W untuk Usb 2.0, 4,5 W untuk 3.0 dan 100 W untuk Type C. 

Dengan menambah USB Hub yang ada penambah daya listrik bisa mengatasi masalah ini. Tapi dalam kasus saya pribadi belum mencobanya, karena pada saat itu harganya masih lumayan mahal.

Dengan memodif kabel USB Extender

Kabel Usb Extender dimodifikasi dengan cara menambah daya listriknya dengan Charge handphone.

Usb Extender dikelupas, lalu dicari kabel yang mengaliri daya listrik. Kabel tersebut dihubungkan dengan kabel charge Hanphone yang dihubungkan langsung ke sumber listrik.

Menggunakan cara ini cukup sulit, karena harus memiliki keahlian dalam membuatnya dan memiliki resiko bila salah menyambung kabel.

Dengan memotong kabel USB Extender

Semakin panjang USB Ekstender yang digunakan, semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Dengan memotong kabel Ekstender akan dapat mengurangi daya listrik yang dibutuhkan.

Inilah cara yang saya gunakan dalam kasus saya pribadi. Saya memotong kabel USB Extender yang semula 10 Meter menjadi 5 Meter. Kemudian Tp Link Wn722n dengan panjang kabel Usb Extender 5 Meter saya letakkan di tembok bagian atas dekat genteng.

Hasilnya bagus, tidak putus-nyambung lagi,sinyal masih sama mendapat 2-3 bar namun Bandwidth sangat stabil, tidak naik-turun lagi.


2. Mengganti Antena 

Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

Antena Tp Link Wn722n dapat dicopot. Jika hasil yang didapat kurang memuaskan kita bisa mengganti antena tersebut dengan antena yang lebih besar dan lebih luas jangkauannya. Banyak antena wifi yang dijual di pasaran, kita tinggal mencari yang sesuai dengan Portnya saja.

3. Menambah Dengan Wajan Bolic


Mengoptimalkan Tp Link Wn722n

Dari berbagai sumber yang saya dapatkan, dengan menambah Wajan Bolic bisa menjangkau Wifi yang letaknya cukup jauh. Karena Wajan Bolic mampu memusatkan penangkapan sinyal satu arah.

Namun membuat Wajan Bolic membutuhkan biaya dan keahlian yang mempumpuni. 


Intinya dalam kasus yang saya alami: 

Saya ingin menggunakan Wifi.id yang ada disekitar tempat tinggal, namun laptop saya tidak bisa menjangkau nya.

Kemudian saya membeli Tp Link Wn722n untuk menjangkau Wifi.id tersebut, tapi masih kurang maksimal hasilnya, karena Bandwidth masih tidak stabil, meskipun sinyal yang didapat 2-3 bar. 

Lalu saya menambah Tp Link Wn722n tersebut dengan Kabel Usb extender sepanjang 10 meter, namun masalah muncul lagi, dimana Tp Link Wn722n putus-nyambung di laptop.

Setelah mencari tau penyebabnya, ternyata kabel Extender kepanjangan, sehingga Tp Link Wn722n kekurangan daya listrik.

Dari berbagai sumber yang saya dapatkan untuk mengatasi masalah tersebut, saya memilih untuk memotong kabel Usb Extender. Yang semula 10 meter menjadi 5 meter.

Dan hasilnya pun memuaskan, meskipun sinyal yang didapat masih sama antara 2-3 bar, namun Bandwidth sudah stabil dan Tp Link Wn722n tidak putus-nyambung lagi.

Cek Harga Tp Link Wn722n di:




Itulah cara mengoptimalkan Tp Link Wn722n yang bisa kalian gunakan sebagai referensi atau untuk mengatasi masalah bila kalian mengalami hal yang sama, seperti yang saya alami.

Mohon dimaklumi jika penjelasan diatas sedikit membingungkan. Saya sudah berusaha mencoba menjelaskan dengan penjelasan yang mudah dipahami, namun karena kemampuan dalam menulis saya masih perlu banyak belajar, mungkin saja ada penjelasan yang cukup membingungkan.

Sekian dan semoga membantu.................
Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

4 komentar untuk "3 Tips Mengoptimalkan Tp Link Wn722n"

Comment Author Avatar
Anonim Mei 05, 2022
kalau boleh tau putus-nyambungnya kayak gimana gan? apakah usb-nya ter-eject atau usb belum ter-eject (perangkat masih detect) tapi sinyal hilang semua?
Comment Author Avatar
putus-nyambungnya ter-eject gan. Kalau saya ibaratkan seperti USB yang dicabut-colok.
Comment Author Avatar
sama saya juga tiba2 koneksi mati padahal wifi saya nggk ada masalah
Comment Author Avatar
sama saya juga tiba2 koneksi mati padahal wifi saya nggk ada masalah