Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Yang Dapat Memperburuk Sinyal wifi

Faktor Yang Dapat Memperburuk Sinyal wifi

Wifi sekarang ini sudah menjamur dimana-mana, di sekolahan, perkantoran,cafe, restoran, bahkan  rumah-rumah yang sudah terjangkau  banyak yang menggunakannya.

Salah satu pesatnya perkembangan Wifi adalah banyaknya pengguna internet sekarang ini. Internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat.

Selain itu, harga  Wifi  juga cukup terjangkau dibandingkan dengan kuota dari salah satu provider. Kecepatannya tinggi dan stabil, serta bisa digunakan bersama-sama meskipun harus berbagi kecepatan bandwidthnya. Cuman kekurangannya tidak bisa dibawa kemana-mana.

Karena Wifi menggunakan gelombang radio, ada kalanya sinyal Wifi mengalami masalah. Sinya yang bermasalah akan mengganggu aktivitas kita diinternet. Apalagi jika untuk main game, pasti rasanya kesal sekali.

Sinyal yang buruk bisa dipengaruhi banyak faktor. Kita hanya perlu menghidari faktor-faktor tersebut, agar Wifi bisa optimal sebagai semestinya. Agar kita mendapatkan sesuai dengan yang telah kita keluarkan atau membayar kepada pihak penyedia layanan Wifi. 

Nah diartikel ini kita akan membahas faktor-faktor apa saja yang dapat memperburuk sinyal Wifi. 

Berikut faktor yang dapat memperburuk sinyal Wifi:

A. Ada sinyal Wifi lain yang lebih kuat 

Karena banyaknya pengguna wifi, banyak sinyal-sinyal yang dipancarkah bertebaran. Bahkan sekarang ini Smartphone juga sudah bisa dijadikan Wifi. Akibatnya terkadang sinyal Wifi kita kalah dengan yang lain.

Misal kita menggunkan Wifi yang jaraknya sekitar 10 meter, lalu disekitar kita ada Wifi lain yang jaraknya 5 meter dari kita. Tentu  sinyal yang jaraknya lebih dekat akan lebih kuat dari tempat kita.

Akibatnya sinyal Wifi kita akan kalah. Yang terjadi sinyal hilang-timbul pada perangkat Device kita, yang membuat kecepatan internet tidak stabil.

Solusi: Gunakan frekuensi Wifi 5Ghz. Untuk router-router terbaru sudah mendukung fitur ini.

Kelebihan frekuensi 5Ghz adalah tidak terpengaruh dengan sinyal lain, meskipun sinyal lain tersebut berada lebih dekat dengan kita.


B. Ada benda  yang menghalangi 

Karena sinyal Wifi itu dipancarkan, ada benda tertentu yang dapat mengganggu, bahkan dampaknya bisa parah. Berikut benda-benda yang dapat memperburuk sinyal Wifi itu:

  1. Logam atau metal
    Benda ini dapat memantulkan sinyal Wifi, karena logam dapat menghantarkan listrik. akibatnya jangkauan sinyal menjadi berkurang.

  2. Pemanggang atau Microwave
    Alat ini bekerja dengan mengalirkan gelombang sinyal besar yaitu 2,5Ghz yang sama dengan sinyal Wifi. Dampaknya jika alat ini dinyalakan akan mengganggu sinyal Wifi.

  3. Tembok atau Dinding 
    Dinding juga dapat menghambat sinyal wifi, tapi dalam kasus masih bisa sampai asal ada celah yang terbuka seperti fentilasi ataupun pintu.

    Selain benda-benda di atas, benda-benda elektronik lainnya juga dapat memperburuk, seperti tv, mesin cuci,kulkas dan lain-lain.

    Solusi: Jangan letakkan Router Wifi dekat benda-benda tersebut agar sinyal Wifi tidak terganggu.

C. Letak Router kurang strategis

Sebaiknya letakkan router pada tempat yang bisa dijaungkau para pengguna. Misal jika dalam rumah diletakkan pada ruang tengah atau ruang lainnya yang kira-kira bisa menjangkau seluruh ruangan.

Akan lebih baik bila router diletakkan diatas, misal pada dinding bagian atas. Selain dapat memperpanjang jarak jangkauan sinyal juga dapat menghindari tersenggol atau gangguan hewan peliharaan seperti kucing atau lainnya, yang dapat mengakibatkan router jatuh.


D. Kita berada diluar jangkauan sinyal Wifi

Mungkin tempat kita terlalu jauh dari router, sehingga device tidak dapat menjangkau sinyal Wifi. jangkauan router pada umumnya 10 meter melingkar.

Solusi: Gunakan alat penangkap sinyal Wifi eksternal pada Device kita. Contoh TP-Link Wn722n yang dapat dipasang pada laptop atau komputer. Alat tersebut bisa menjangkau sinyal Wifi lebih jauh karena terdapat antena tambahan. Tapi terdapat kekurangan yaitu tidak bisa digunakan untuk Smartphone.

Namun jika kalian pengguna Smartphone  sebaiknya tambah Router saja. Harga Router ditoko-toko cukup terjangkau. Ini merupakan  cara paling efektif dalam memperpanjang jarak jangkauan sinyal Wifi.


E. Router sudah tua

Router selalu menyala 24 jam nonstop. Biasanya Router juga memiliki massa ketahanan. Router yang sudah lama, kekuatan memancarkan sinyal sudah menurun, sehingga kualitas sinyal juga bisa memburuk.

Solusi: Jika masalah pada Routernya, sebaiknya mengganti dengan yang baru, agar kualitan sinyal yang dipancarkan bagus.


F. Device kita bermasalah

Sinyal Wifi yang buruk juga bisa disebabkan karena alat penangkap sinyal pada Device kita sudah usang atau bermasalah. Contoh pada komputer dimana Wifi Cardnya sudah tidak bekerja dengan baik atau bahkan rusak.

Solusi: Coba kalian cek dulu Device kita dengan cara meminjam laptop, komputer ataupun Smartphone kepada saudara atau teman. Kemudian Connectkan pada Wifi dari tempat stay kita, bila dengan device teman atau saudara terhubung berarti punya kita yang bermasalah.

Jika sudah tau Device kita bermasalah, berbaiki supaya kita bisa mengakses Wifi dengan nyaman.


G. Mendekat ke Router 

Jika kalian malas untuk melakuakan cara-cara diatas, kalian bisa mendekat ke Router Wifi. Ini adalah cara paling mudah dan murah hehehehe.

Itulah faktor yang dapat memperburuk sinyal Wifi. Jika kita bisa mengenali faktor-faktor sebut dan menghilangkannya. Wifi akan optimal, kalian akan merasa nyaman saat mengakses internet, asalkan tidak ada gangguan dari penyedia layanan Wifi.
Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.

Post a Comment for "Faktor Yang Dapat Memperburuk Sinyal wifi"