Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Sebagai pengguna kalian harus mengetahui hal yang dapat merusak Laptop. Supaya Laptop yang digunakan bertahan hingga waktu yang lama. 

Laptop menjadi perangkat komputer yang paling banyak digunakan saat ini ketimbang Personal Computer (PC), bagi para pengguna yang memiliki Mobilitas tinggi. 

Laptop memiliki desain yang lebih simple dan mudah dipindahkan, namun tetap memiliki kapasitas yang kinerja yang sama dengan PC. 

Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika dalam menggunakan Laptop. Cara perawatan dan pemakaian sehari-hari tentu Laptop tidak bisa disamakan dengan PC. 

Bentuknya yang mudah dipindahkan dan dapat digunakan dimana saja, terkadang ada kebiasaan-kebiasaan pengguna yang kurang baik serta jika dilakukan terus menerus akan membuat Laptop cepat rusak. 

Lewat artikel ini saya ingin berbagi tips mengenai bagaimana agar Laptop awet dan tidak cepat rusak. Dengan cara menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ketika menggunakan Laptop. 

Baca juga: Laptop Di kasih Kipas Angin Untuk Nyala 24 Jam

Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Ada beberapa hal atau kebiasaan yang perlu dihindari, agar Laptop awet. Tanpa sadar terkadang kebiasaan tersebut tanpa disadari kita lakukan berulang-ulang setiap waktu.

Simak  ulasan mengenai kebiasaan buruk dalam penggunaan Laptop dibawah ini.

1. Tidak Menggunakan Tas Laptop 

15 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Saat membawa Laptop ke mena-mana akan lebih mudah jika menggunakan sebuah tas. Namun sayangnya banyak pengguna yang menggunakan tas biasa (Bukan tas khusus Laptop).

Tas khusus untuk laptop biasanya memiliki desain yang tebal, pada lapisan tas terdapat bahan seperti busa atau kain yang tebal, memiliki fungsi untuk melindungi Laptop dari benturan. 

Menggunakan tas biasa ketika membawa Laptop tentu sangat tidak dianjurkan, karena bisa saja jika laptop terbentur benda lain secara tidak sengaja akan membuat kerusakan yang serius pada laptop. 

Sedikit saran jika kalian berencana ingin membeli sebuah tas (terutama tas jenis ransel), maka silahkan cari tas yang memiliki tempat khusus untuk Laptop. 

Di pasaran sendiri sekarang ini sangat banyak tersedia tas yang memiliki fitur khusus (empat) untuk Laptop. 

2. Jangan Menyalakan Laptop 24 Jam Non Stop 

Laptop tidak didesain untuk kerja waktu lama. Desain-nya yang minimalis, simple dan tertutup membuat Laptop cepat panas ketika digunakan (terutama ketika digunakan untuk aktivitas berat). 

Sebaiknya gunakan Laptop seperlunya saja. Jika memang sudah tidak digunakan maka segeralah matikan, agar ada jeda waktu istirahat untuk Laptop itu sendiri. 

Jika memang aktivitas kalian dengan perangkat komputer memerlukan rentang waktu yang lama, maka akan lebih baik jika kalian menggunakan sebuah PC. 

PC cocok digunakan untuk kerja dengan waktu yang lama, karena memiliki sistem pendingin yang jauh lebih baik dibandingkan Laptop. 

Sering  menggunakan Laptop dengan waktu lama (apalagi hingga 24 non stop), tentu hal tersebut bisa membuat massa umur pakai Laptop menjadi lebih pendek. 

3. Menggunakan Mode Sleep Terlalu Lama

Hampir sama seperti poin sebelumnya. Namun kali ini menggunakan mode Sleep dalam jangka waktu yang lama. 

Sebenarnya tidak ada yang salah menggunakan Mode Sleep pada Laptop ketika tidak digunakan. Namun jika terlalu lama maka dapat membuat komponen cepat rusak terutama Motherboard dan baterai. 

Ketika masuk Mode Sleep Laptop tidak benar-benar dalam kondisi mati, RAM masih dialiri  listrik agar tetap beroprasi untuk menyimpan data-data yang dijalankan sebelumnya.

Hindari terlalu lama menggunakan Mode Sleep, jika memang Laptop tidak ingin digunakan dalam waktu lama sebaiknya di Shutdown, atau jika menggunakan Mode Sleep sebaiknya maksimal 2 jam saja.

4. Meletakkan Benda Berat Diatas Laptop 

15 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Ketika Laptop di tutup memang akan menciptakan sebuah space (tempat) yang cocok untuk meletakkan suatu barang diatas-nya untuk sementara waktu. 

Seperti halnya saya sendiri, sering meletakkan ponsel diatas Laptop ketika Laptop dalam posisi mati dan ditutup. 

Namun lain cerita jika barang yang diletakkan diatas-nya memiliki bobot yang berat. Hal tersebut dapat membuat Laptop rusak karena tidak kuat menahan beban.

Body Laptop tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan benda-benda berat. Jadi jika meletakkan suatu barang diatas laptop, sebaiknya yang memiliki bobot ringan saja, seperti ponsel contohnya. 

5. Meletakkan Laptop Diatas Kasur Atau Sofa 

15 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Laptop memang sangat mudah dipindahkan ketika digunakan, tak jarang banyak pengguna yang menggunakan Laptop diatas kasur atau sofa. 

Aktivitas tersebut memang sangat menyenangkan, karena dapat sambil rebahan atau bersantai ketika menggunakan Laptop. 

Namun meletakkan Laptop diatas kasur atau sofa sangat bisa berdampak buruk jika dilakukan sering dan dalam jangka waktu yang lama. 

Laptop memiliki sistem sirkulasi yang digunakan untuk mengeluarkan panas. Ketika Laptop berada diatas kasur dapat membuat lubang sirkulasi udara tertutup. 

Hal tersebut tentu akan membuat panas menjadi sulit dikeluarkan dan tertahan di dalamnya. Akibatnya yang terjadi Laptop akan menjadi cepat panas. 

Mulai sekarang hindarilah meletakkan Laptop diatas kasur atau sofa saat digunakan. Jika memang sedang ingin menggunakan diatas kasur atau sofa, sebaiknya beri alas seperti meja belajar lipat atau benda lainnya. 

6. Makan Atau  Minum Di Dekat Laptop 

15 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Cairan yang berasal dari kuah makanan atau minuman akan sangat berbahaya jika sampai tumpah mengenai laptop dan masuk ke dalamnya.

Semua alat elektronik sangat anti air, karena dapat menyebabkan korsleting jika sampai masuk ke bagian mesin. 

Laptop akan sangat beresiko tinggi terkena cairan ketika pengguna makan atau minum didekat Laptopnya.  

Hindari semaksimal mungkin meletakkan benda cair didekat laptop, termasuk makanan atau minuman, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

7. Jarang Membersihkan Laptop Bagian Dalam Dan Luar 

Kotoran yang menempel di laptop pada bagian luar, jika dibiarkan akan sangat mengganggu penampilan dari Laptop tersebut. 

Selain itu kotoran yang masuk kedalam laptop juga sangat berdampak buruk jika dibiarkan. Karena dapat  mengganggu sirkulasi udara dan menyebabkan panas tidak dikeluarkan secara sempurna. 

Tak hanya itu, kotoran pada bagian dalam Laptop juga dapat menyebabkan korsleting jika terus dibiarkan. 

Jadi silahkan selalu bersihkan Laptop secara berkala agar tampilan dan performanya tetap baik sepanjang waktu. 

Sementara untuk membersihkan Laptop bagian dalam, jika tidak bisa dilakukan sendiri maka dapat membawanya ke tukang service. 

8. Laptop Spesifikasi Pas-Pasan Untuk Aktivitas Berat 

Perhatikan spesifikasi Laptop yang digunakan, jangan menggunakan spesifikasi Laptop minimum untuk kerja berat dalam waktu lama.

Ketika Laptop bekerja sangat berat, akan menghasilkan panas yang tinggi juga. Jika panas yang dihasilkan melebihi batas akan terjadi Overheat. 

Jika sering terjadi Overheat tentu akan membuat umur Laptop menjadi pendek, karena komponen menjadi cepat aus. 

9. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi 

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna adalah terlalu banyak menjalankan atau membuka Aplikasi secara bersamaan. 

Untuk menjalankan Sistem dan Aplikasi, komponen yang paling berperan penting adalah CPU dan RAM. 

CPU dan RAM memiliki kapasitas maksimum, semakin banyak Aplikasi yang dijalankan semakin besar juga  kinerja Laptop. 

Selain membuat cepat panas, kerja Laptop yang tinggi juga dapat membuat Laptop berjalan lambat karena CPU dan RAM kelebihan kapasitas, akibat dari terlalu banyak membuka banyak Aplikasi. 

10. Tidak Menjaga Jarak Dengan Anak Balita 

Anak balita memiliki keaktifan yang luar biasa, tak jarang barang-barang yang berada di sekitar rumah rusak karena keaktifan-nya, tak terkecuali Laptop kalian.

Saat  Laptop digunakan atau tidak, sebaiknya perhatikan agar tidak berada di jangkauan anak balita. Karena bisa saja Laptop kalian dapat dijadikan mainan dimana kerusakan bisa terjadi, entah Laptop terbanting atau digebrak-gebrak saat digunakan untuk mainan.

11. Memaksa Laptop Bekerja Ketika Dalam Kondisi Panas 

Masih berkaitan dengan masalah utama Laptop, yaitu masalah panas. Ketika Laptop dalam keadaan panas, idealnya adalah dengan segera mematikannya. Hal tersebut bertujuan untuk memberi istirahat Laptop dan menurunkan suhu panas. 

Namun jika Laptop dalam keadaan panas terus dipacu, akan dapat berdampak fatal. Bisa saja Laptop malah menjadi mati total karena ada komponen yang terbakar. 

Laptop cepat panas bisa saja disebabkan karena Laptop digunakan berkerja terlalu keras, atau bisa juga terdapat kotoran yang menyumbat lubang pembuangan panas. 

Terlepas dari itu semua pada intinya jika Laptop suhunya sudah sangat panas, maka segera matikan Laptop dengan cara di Shutdown.

12. Meletakkan Laptop Di Tempat Yang Panas 

Dari dalam Laptop sendiri sudah menghasilkan panas yang tinggi, apa lagi jika letakkan pada tempat yang panas. 

Tempat yang panas disini contohnya di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

Ketika Laptop berada ditempat yang panas, maka suhu Laptop akan meningkat secara drastis. Jika hal tersebut terus berlanjut, maka tentu akan berdampak buruk terhadap Laptop.

13. Menutup Laptop Secara Sembarangan 

Menutup secara sembarangan disini misalnya menutup dengan keras. Hal ini tentu akan menimbulkan benturan bagian monitor dan Keyboard. 

Monitor merupakan komponen yang cukup sensitif, sedikit saja mengalami benturan biasanya akan menimbulkan bekas goresan atau malah bisa juga LCD mati. 

Selain itu menutup Laptop ketika proses Shutdown belum selesai juga dapat berdampak buruk. Bisa saja program atau perangkat lunak mengalami masalah. 

Oleh sebab itu pastikan kalian menutup Laptop kalian dengan hai-hati dan jangan lupa juga, tutup Laptop ketika benar-benar sudah dalam keadaan mati jika ingin Laptop awet. 

14. Membawa Laptop Dengan Memegang Layarnya 

Laptop terdapat dua bagian, bagian atas dan bawah. Kedua bagian tersebut biasanya dihubungkan dengan dua engsel. 

Membawa Laptop Dengan Memegang Layarnya dapat membuat engsel patah, karena tidak kuat menahan. 

Mulai sekarang hindari hal tersebut. Jika ingin mengambil Laptop lakukan dengan memegang bodi secara keseluruhan. Dengan memegang menggunakan kedua tangan pada sisi kanan dan kiri Laptop bagian bawah. 

15. Meletakkan Laptop Di Lantai 

15 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu

Banyak yang bisa terjadi ketika Laptop berada di lantai, seperti tak sengaja terinjak, terkena air jika dalam ruangan terdapat genangan air dari tumpahan minuman dan lain sebagainya. 

Hindari meletakkan Laptop di lantai jika sedang tidak digunakan, apalagi jika tempat untuk meletakkan Laptop sering digunakan untuk lewat.

Baca juga: Cara Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Lemot

Itulah sekiranya hal yang dapat merusak Laptop. Sebagai pengguna Laptop memang kita semua dituntut untuk senantiasa berhati-hati, jika ingin Laptop berumur lama.

Mulai sekarang segera hindari hal-hal seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika saat ini masing melakukannya terhadap Laptop yang kalian gunakan. 

Mengingat Laptop merupakan barang penting dan harganya juga tergolong mahal. Kita semua pasti tidak ingin Laptop kesayangan mengalami kerusakan fatal.

Sekian dan semoga bermanfaat…………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "15 Hal Yang Dapat Merusak Laptop Kamu"