Tips Mudah Menambahkan Indikator Capslock di Windows 10/11

Tips Mudah Menambahkan Indikator Capslock di Windows 10/11

Laptop yang saya gunakan merupakan laptop dengan Keyboard yang tidak memiliki indikator Capslock, sehingga saya sering  sekali kesulitan untuk melihat apakah fitur Capslock dalam keadaan aktif atau tidak. 

Apakah kalian juga mengalami hal yang sama? Jika iya maka lewat artikel ini saya akan mencoba berbagi tips sederhana dalam menambahkan indikator Capslock pada Windows 10 atau 11. 

Capslock adalah salah satu tombol yang sering digunakan saat mengetik, terutama untuk menulis huruf kapital. Namun, terkadang kita tidak menyadari apakah capslock sudah aktif atau tidak, sehingga bisa membuat kesalahan penulisan. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kita menambahkan indicator capslock di Windows 10/11, yaitu sebuah notifikasi yang muncul di layar saat kita menekan tombol capslock.

Ada beberapa cara untuk menambahkan indicator capslock di Windows 10/11, baik dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau mengaktifkan suara notifikasi Windows. Berikut adalah penjelasan dan langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11

Cara Menambahkan Indikator Capslock di Windows 10/11

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (CapsLockIndicator)

Dalam membuat atau menambahkan indikator Capslock kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama CapsLockIndicator. 

Dengan aplikasi ini, nantinya ketika menekan tombol Capslock akan muncul notifikasi pada layar. Yang akan memberi tahu apakah Capslock dalam keadaan mati atau hidup. 

Berikut caranya: 

  • Download aplikasi CapsLockIndicator di GitHub lewat link berikut: https://github.com/jonaskohl/CapsLockIndicator/releases

    Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (CapsLockIndicator)

  • Kemudian jalankan (klik 2X) file CapsLockIndicator sudah di Download tadi.

  • Pada opsi Which color schema do you prefer?, pilih tema yang ingin digunakan. Jika sudah klik Let’s Go.

  • Setelah aplikasi CapsLockIndicator terbuka, silahkan beri centang pada Caps lock di bagian Show icon for dan Caps lock changed di bagian Show notification when, serta Start on logon agar setiap kali system dijalankan, aplikasi ini berjalan otomatis.

    Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (CapsLockIndicator)

  • Selanjutnya silakan Close saja aplikasi CapsLockIndicator.

  • Sekarang coba tekan tombol Capslock pada Keyboard, maka akan muncul notifikasi yang berada di sebelah pojok kanan bawah halaman. Yang akan memberikan informasi apakah capslock dalam keadaan On/Off. 

    Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (CapsLockIndicator)

  • Selesai

    Catatan:
    Aplikasi ini merupakan aplikasi portable, sehingga tidak ada langkah-langkah khusus jika sudah tidak ingin menggunakannya lagi.

    Jika ingin menghentikan CapsLockIndicator, silakan tutup aplikasi lewat Sytsem Try dan hapus file CapsLockIndicator yang sudah di Download tadi. 

2. Dengan Mengaktifkan Notifikasi Suara 

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, bisa juga dengan menggunakan notifikasi suara. Nantinya jika tombol Capslock ditekan akan keluar suara yang menandakan apakah capslock dalam keadaan On/Off. 

Berikut cara mengaktifkan notifikasi suara tombol Capslock pada Windows 10/11:

  • Buka Windows Settings.

  • Kemudian arahkan ke Accessibility > Keyboard.

  • Selanjutnya silakan aktifkan opsi Toggle Keys.

    Mengaktifkan Notifikasi Suara Capslock

  • Tekan tombol Capslock, maka akan muncul notifikasi suara. Bunyi Tiit menandakan Capslock ON dan Tut menandakan Off.

  • Selesai.

    Catatan:
    Cara ini saya terapkan pada Windows 11, jika kalian menggunakan Windows 10 maka caranya kurang lebih sama. 

Baca juga: Cara Memperpanjang Waktu Jeda Update Windows 11

Nah sampai di sini maka kita akan sangat mudah dalam mengidentifikasi apakah Capslock dalam keadaan hidup atau mati, jika pada Keyboard Desktop yang kita gunakan tidak memiliki indikator tombol Capslock. 

Dari dua cara yang sudah dijelaskan, silakan pilih mana yang menurut kalian paling sesuai dengan kondisi kalian.

Demikianlah tips mudah menambahkan indicator capslock di Windows 10/11. Dengan cara-cara ini, kita bisa mengetahui apakah capslock aktif atau tidak saat kita mengetik.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Menambahkan Indikator Capslock di Windows 10/11"