Widget HTML #1

Cara Menyembunyikan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11

Cara Menyembunyikan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11

Salah satu perubahan yang cukup mencolok pada desain Windows 11 adalah tampilan taskbar yang lebih minimalis dan modern. Namun, bagi sebagian pengguna, mungkin ada beberapa elemen di taskbar yang tidak diinginkan atau mengganggu, seperti jam dan tanggal.

Jam dan tanggal di taskbar sebenarnya berguna untuk mengetahui waktu dan hari saat ini tanpa harus membuka aplikasi lain. Sehingga kita dapat mengetahui waktu setiap saat.

Meskipun begitu kadang di antara kita berkeinginan untuk menyembunyikan tanggal dan jam yang ditampilkan pada Taskbar. 

Hal tersebut tentunya dapat dilakukan, karena pada Windows 11 telah disediakan opsi yang dapat memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan tanggal dan jam pada Taskbar. 

Alasan Menyembunyikan Jam dan Tanggal

Sebelum membahas ke tutorialnya,  ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin menyembunyikan jam dan tanggal di taskbar, misalnya:

  • Untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih dan rapi
  • Untuk menghemat ruang di taskbar yang terbatas
  • Untuk menghindari distraksi atau kecanduan melihat waktu
  • Untuk alasan privasi atau keamanan

Bagaimanapun, setiap pengguna memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara menyembunyikan jam dan tanggal di taskbar windows 11 dengan mudah dan cepat.

Cara Menyembunyikan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11

  • Buka Windows Settings. Kalian bisa melakukannya dengan menekan tombol Windows di keyboard, lalu ketik Settings dan buka aplikasinya.

  • Kemudian navigasikan ke Time & language > Date & time.

  • Matikan toggle switch yang bertuliskan “Show time and date in the System tray”. Ini adalah opsi baru yang akan menyembunyikan jam dan tanggal di taskbar windows 11.

    Menyembunyikan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11

  • Selesai

    Menyembunyikan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11

    Setelah kalian melakukan langkah-langkah di atas, maka kalian akan melihat bahwa jam dan tanggal di taskbar windows 11 sudah tidak terlihat lagi. Hanya ada ikon WIFI, Sepiker, Baterai yang masih tersisa.

  • Lalu nyalakan toggle switch tersebut jika ingin menampilkan kembali jam dan tanggal di taskbar windows 11.

Baca juga: Tips Mudah Menambahkan Indikator Capslock di Windows 10/11

Demikianlah artikel yang saya buat dengan judul cara menyembunyikan jam dan tanggal di taskbar windows 11. 

Bagi saya jam dan tanggal pada Taskbar Windows 11 sangat penting dan berguna sekali, karena dapat menunjukkan waktu setiap saat. Sehingga saya dapat dengan mudah mengelola waktu dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun sekali lagi, kebutuhan atau preferensi setiap orang berbeda-beda, dalam hal ini mungkin saja menyembunyikan jam akan memberikan dampak yang lebih baik dan bermanfaat. 

Oleh sebab itu, jika ingin menyembunyikan jam dan tanggal, maka lakukan saja langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Jam dan Tanggal di Taskbar Windows 11"