Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Membuka Banyak Akun Dalam 1 Browser di Laptop Atau PC

3 Cara Membuka Banyak Akun Dalam 1 Browser di Laptop Atau PC

Apakah bisa membuka banyak akun lebih dari satu secara bersamaan dalam satu Browser di Laptop/PC? Jawabannya tentu saja bisa. 

Seseorang yang memiliki banyak akun di jaman ini memang merupakan hal yang biasa. Akun disini bisa akun media sosial, email, marketplace dan akun-akun lainnya. 

Memiliki banyak akun memang terkadang sangat diperlukan, bila saja mempunyai kebutuhan yang banyak dan berbeda-beda, sebagai contoh memiliki lebih dari satu toko pada marketplace, memiliki lebih dari satu akun media sosial untuk keperluan promosi dan lain sebagainya. 

Dengan memiliki banyak akun tentu saja dalam mengelola atau memanajemennya akan lebih mudah bila dibuka lewat satu Browser saja. 

Namun pada sebuah Browser tidak mendukung untuk Login beberapa akun secara bersamaan, kecuali beberapa akun tertentu seperti akun Gmail.  

Untuk Gmail memang sudah mendukung fitur manajemen akun lebih dari satu, dimana pengguna dapat Login banyak akun dalam satu Browser secara bersamaan. 

Baca juga: Pengertian Mode Incognito, Manfaat Serta Kekurangan Dari Penggunaannya

Kelebihan Menggunakan Banyak Akun Dalam Satu Browser

Kelebihan dari menggunakan (Login) banyak akun dalam satu Browser adalah mudah ketika mengelola beberapa akun sekaligus. 

Biasanya untuk dapat membuka dua akun atau lebih, pengguna harus menggunakan beberapa Browser. Tentu saja hal tersebut cukup merepotkan dan bisa juga membuat Desktop terasa berat karena banyak menjalankan Aplikasi. 

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba berbagi bagaimana membuka akun lebih dari satu lewat satu Browser saja. 

Sehingga nantinya diharapkan kalian semua dapat membuka banyak akun tanpa menggunakan beberapa Browser. 

Akun-akun disini merupakan akun yang belum mendukung Multi User seperti Facebook, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Twitter, dan tentunya akun-akun lainnya. 

Cara Membuka Banyak Akun Dalam 1 Browser di Laptop Atau PC

Nah dalam membuka banyak akun (Lebih dari satu) dalam satu Browser dapat dilakukan dengan beberapa cara. Nantinya kalian bisa memilih mana yang paling cocok dengan kondisi kalian masing masing. 

Akun yang digunakan juga bebas, misalnya ingin membuka 2 Akun Facebook dalam 1 Browser dan lain sebagainya. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Mode Incognito (Mode Samaran/Privat)

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan mode Incognito/Privat, dalam bahasa Indonesia sering disebut mode Samaran atau Pribadi.

Akun pertama Login pada Browser menggunakan Mode biasa, kemudian akun kedua Login menggunakan Mode Incognito. 

Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Browser
    Browser yang digunakan bebas misalnya saja Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla, atau yang lainnya.

  • Login Akun Pertama Menggunakan Mode Biasa
    Silakan Login akun pertama  menggunakan Mode biasa, akun disini misalnya akun Facebook atau lainnya.

  • Kemudian Login Akun Kedua Menggunakan Mode Incognito

  • Selesai
    Dengan begitu kalian dapat Login dua akun dalam satu Browser secara bersamaan.

Kelebihan Cara Pertama: 

  • Mudah dan Simple 
    Pada cara pertama ini sangat mudah dan simple, tidak perlu merubah setelan ataupun melakukan Instalasi Aplikasi Lain. 

Kekurangan Cara Pertama: 

  • Hanya Dapat Menggunakan 2 Akun Saja
    Akun yang dapat di Login-kan hanya dua saja, selebihnya tidak bisa. Jika memang menginginkan dengan banyak akun maka dapat menggunakan cara yang selanjutnya.

  • Akun Pada Mode Incognito, Jika Jendela di Tutup Harus Login Ulang
    Mode Incognito sendiri merupakan mode dimana semua aktivitas tidak akan disimpan. Hal tersebut setiap jendela ditutup (Close) maka harus melakukan Login kembali.


2. Dengan Multi User Google Chrome 

Kemudian yang selanjutnya dapat dengan menggunakan Multi User pada Browser Google Chrome. Fitur Multi User Chrome, memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan Login banyak akun.

Multi User Google Chrome sering disebut juga Cloning Google Chrome. Setiap User yang dibuat nantinya akan terbentuk seperti Aplikasi Chrome baru. 

Pengguna dapat membuat User Chrome dengan jumlah yang diinginkan, kemudian pada setiap User itu lah nantinya dapat di gunakan untuk Login masing-masing akun. 

Setiap User Chrome yang dibuat akan terdapat nama yang dapat ditentukan pengguna sendiri. Selain itu juga dapat dibuat Shortcut. Hal tersebut akan sangat mempermudah dalam pengelolaan akun-akun yang dimiliki. 

Nah menggunakan Multi User untuk membuka banyak akun pada Browser Google Chrome, berikut caranya: 

Langkah 1 (Buat Multi User / Cloning Google Chrome)

Pada langkah pertama ini silakan membuat Multi User pada Google Chrome. Untuk membuatnya bisa baca artikel berikut: Cara Cloning Google Chrome 


Langkah 2 (Login Akun)

Cara Membuka Banyak Akun Dalam 1 Browser

Jika Multi User sudah dibuat, maka langkah selanjutnya tinggal Login akun pada setiap User Chrome yang sudah dibuat tadi. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika setiap User (Cloning Chrome) akan terbentuk seperti Aplikasi Chrome yang baru dan dapat juga dibuat Shortcut pada halaman Desktop. Sehingga akan lebih mudah ketika mengelola banyak akun. 


3. Menggunakan Add-ons (Extensions) 

Kini juga sudah tersedia Add-ons (Extensions) yang dapat digunakan untuk membuka banyak akun. Nantinya setiap TAB Browser yang dibuka dapat digunakan untuk Login akun. 

Setiap TAB yang terbuka akan dapat dijadikan Session baru, yang artinya dapat digunakan akun lain dari Platform sama. 

Misal ingin membuka dua akun Facebook, maka nanti TAB pertama dapat untuk Login akun Facebook pertama dan TAB kedua untuk Login akun Facebook kedua, dan seterusnya. 

Bagi yang tertarik menggunakan cara ini silahkan Install Add-ons (Extensions) berikut: 

Untuk Browser Google Chrome:
https://chrome.google.com/webstore/detail/sessionbox-multi-login-to/megbklhjamjbcafknkgmokldgolkdfig

Untuk Browser Mozilla Firefox:
https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/multi-account-containers/

Untuk Browser Opera:
Jika menggunakan Browser Opera maka Install terlebih dahulu Chrome Extensions: https://addons.opera.com/en-gb/extensions/details/install-chrome-extensions/

Kemudian melanjutkan dengan Install Add-ons (Extensions): https://chrome.google.com/webstore/detail/sessionbox-multi-login-to/megbklhjamjbcafknkgmokldgolkdfig

Baca juga: 2 Cara Download Chrome Offline Installer Langsung Dari Google

Nah itulah mengenai bagaimana cara membuka banyak akun dalam satu Browser di Laptop maupun PC. Dari ketiga cara yang sudah diuraikan diatas silakan pilih mana yang menurut kalian paling sesuai dengan kondisi masing-masing. 

Sekian dan semoga membantu………… 

Referensi: 
https://www.pramuwaskito.org/cara-login-banyak-akun-dalam-satu-browser-di-pc-laptop/


Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "3 Cara Membuka Banyak Akun Dalam 1 Browser di Laptop Atau PC"