Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Mode Incognito, Manfaat Serta Kekurangan Dari Penggunaannya

 Pengertian Mode Incognito Dan Manfaat Serta Kekurangan Dari Penggunaannya


Bagi yang sering berselancar di Google mungkin sudah tak asing dengan istilah mode Incognito. Atau bahkan mungkin sudah ada yang pernah menggunakannya. Namun tahukah kalian mengenai fitur tersebut?

Setiap Browser versi Desktop maupun Mobile pasti memiliki fitur Incognito, untuk menggunakannya biasanya dapat dengan menekan titik tiga sejajar yang ada pada bagian pojok kanan halaman, kemudian pilih mode Incognito. 

Setelah itu nanti akan muncul, halaman jendela baru yang menggunakan mode samaran atau Incognito.

Jika kalian penasaran dengan fitur Incognito ini, maka simak baik-baik penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Mode Incognito 

Mode Incognito atau yang sering disebut mode samaran merupakan fitur dari sebuah browser yang jika digunakan maka semua aktivitas berselancar di Internet tidak akan disimpan didalam browser. 

Pada mode Incognito atau samaran semua riwayat penelusuran (History), cookies, data-data situs, dan informasi yang tersimpan dalam form tidak akan disimpan. 

Intinya jika menggunakan mode Incognito, maka di dalam browser tidak akan menyimpan aktivitas pengguna apapun. 

Jika memang ingin privasi kalian aman saat berselancar di Internet, maka silahkan menggunakan mode ini. 

Baca juga: Fungsi Utama Dari Sistem Operasi Adalah? Berikut Penjelasannya

Manfaat Mode Incognito (Mode Samaran)

Adakah manfaat yang berarti dari penggunaan fitur ini? Tentu jawabannya ada. Nah untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini.

1. Menjaga Privasi 

Manfaat Mode Incognito  Untuk Menjaga Privasi

Sekarang ini Privasi menjadi sesuatu yang penting bagi setiap orang. Tidak semua hal dapat dilihat oleh orang lain, salah satunya aktivitas ketika berselancar di-internet.

Yah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat dari mode Incognito salah satunya aktivitas pengguna tidak tersimpan dalam browser. 

Dengan begitu maka Privasi pengguna mengenai apa yang dibuka ketika berselancar di-Internet akan aman karena tidak direkam atau disimpan dalam browser, sehingga tidak dapat dilihat oleh orang lain.

Andai jika tidak menggunakan Mode Incognito mungkin harus menghapus History terlebih dahulu agar aktivitas tidak diketahui orang lain. 


2. Menjaga Akun 

Manfaat Mode Incognito

Saat kita login ke akun tertentu, misalnya akun Media Sosial, Email, dan lain-lain sebagainya, tidak jarang kita lupa melakukan Logout setelah selesai. 

Jika hal tersebut terjadi, tidak masalah jika perangkat yang kita gunakan merupakan milik kita sendiri, namun berbeda jika perangkat merupakan milik orang lain. Atau bahkan mungkin perangkat umum seperti komputer di warnet misalnya. 

Lupa Logout akun pada perangkat orang lain akan sangat berbahaya, karena bisa saja orang lain membukanya dan melakukan sesuatu yang dapat merugikan sang pemilik akun. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya menggunakan mode Incognito jika menggunakan perangkat orang lain untuk berselancar di internet. 

Sebab jika Login sebuah akun (Akun apa saja), setelah browser di tutup, maka semua akun-akun yang sudah masuk (Login) akan secara otomatis dikeluarkan. Sehingga akan lebih aman.


3. Dapat Membuka Dua Akun Secara Bersamaan 

Manfaat yang selanjutnya dari menggunakan Mode Incognito ialah dapat menggunakan dua akun secara bersamaan sekaligus.

 Akun disini misalnya akun Media Sosial dan Email. Tidak hanya itu saja, intinya semua situs website yang membutuhkan aktivitas login. 

Sebagai contoh membuka akun Facebook. Silahkan buka akun Facebook dengan mode Browser biasa, kemudian buka browser dengan mode Incognito lalu login akun Facebook yang lainnya. Maka secara bersamaan kalian dapat membuka dua akun sekaligus secara bersamaan.   


Kekurangan Mode Incognito (Mode Samaran)

Meskipun mode Incognito memiliki manfaat yang penting bukan berarti tidak ada kekurangannya. Jika 

1. Tidak Bisa Membuka Kembali 

Misal kita menemukan sesuatu yang menarik pada suatu Website, kemudian kita ingin kembali membuka halaman web tersebut, namun dalam keadaan browser sudah ditutup (Close).

Maka hal tersebut tidak dapat dilakukan, karena semua history tidak tersimpan dalam Browser. Solusinya jika menemukan sesuatu yang menarik, sebaiknya segera catat alamat URL atau Domain-nya. Atau jika berbentuk file segera mendownload-nya.


2. Login Akun Kembali Dari Awal 

Hampir sama seperti pon nomor satu, ketika Browser sudah ditutup semua akun yang sebelumnya telah login akan dikeluarkan secara otomatis dari Browser tersebut.

Akibatnya, jika ingin membuka akun harus Login lagi dari awal, walaupun sebelumnya saat Login sudah memilih opsi Tetap Login.

Baca juga: Cara Menggunakan Mode Incognito Chrome PC Dan Android

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian mode Incognito dan manfaat serta kekurangan dari penggunaannya. Semoga kalian semua sekarang sudah paham mengenai fitur browser yang satu ini. 

Menggunakan Mode samaran atau Mode Incognito memiliki kelebihan dan kekurangan, namun jika dapat menggunakan dalam kondisi yang tepat mungkin akan sangat berguna sekali. 

Misalnya saja selalu menggunakan Mode Incognito saat menggunakan perangkat (Device) orang lain, hal ini bertujuan agar aktivitas kita tidak diketahui sang pemilik perangkat. Selain itu juga dapat mengatasi bila lupa Logout akun. 

Sementara jika menggunakan perangkat sendiri, mungkin akan lebih baik menggunakan Mode browser biasa.

Sekian dan semoga bermanfaat……………….

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for " Pengertian Mode Incognito, Manfaat Serta Kekurangan Dari Penggunaannya"