Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Utama Dari Sistem Operasi Adalah? Berikut Penjelasannya

 Fungsi Utama Dari Sistem Operasi Adalah? Berikut Penjelasannya

Fungsi utama dari sistem operasi adalah?  Ya mungkin kalian semua sudah tidak asing dengan sistem operasi. Dalam dunia modern ini atau sering disebut dunia digital, sistem operasi merupakan suatu perangkat lunak yang penting dalam sebuah perangkat elektronik khususnya perangkat komputer dan Smartphone. 

Sistem operasi akan menjadi perangkat lunak dasar yang akan menjalankan perangkat-perangkat lunak lainnya yang terdapat pada sebuah komputer. 

Sebelum sistem operasi ditemukan, komputer hanya menggunakan sistem sinyal analog dan sinyal digital. Namun seiring dengan perkembangannya sistem operasi mulai ditemukan dan digunakan pada perangkat komputer yang tentunya memiliki berbagai kelebihan yang dapat membantu dalam pengoprasian komputer. 

Hingga saat ini sistem operasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai sistem operasi telah digunakan dalam perangkat komputer dengan kelebihannya masing-masing. 

Tak sampai disitu, sistem operasi juga telah digunakan pada perangkat elektronik lainnya, seperti pada ponsel dan sistem jaringan dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Dari Perangkat Lunak, sejarah, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi 

Banyak ragam mengenai pengertian sistem operasi, namun secara umum sistem operasi adalah sebuah software atau perangkat lunak dasar pada sebuah sistem komputer. 

Sistem operasi menjadi perangkat lunak pertama kali yang dijalankan ketika komputer dihidupkan.

Sistem operasi dapat melakukan operasi dasar pada komputer yang berjalan. Kita ketahui bahwa dalam komputer pengguna dapat menggunakan berbagai software atau perangkat lunak untuk mengerjakan tugas tertentu, namun tentu software-software tersebut tidak akan berjalan jika tidak ada perangkat lunak sistem operasi. 

Sistem operasi mendasari kerja perangkat lunak atau software lainnya. Sebelum sebuah software dijalankan pada komputer, maka sistem operasi lah yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi atau software tersebut dapat berjalan dengan baik dan ditampilkan kepada pengguna yang mengoprasikan perangkat komputer tersebut. 


Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli 

Untuk lebih memperjelas mengenai pengertian sistem operasi, mari kita lihat pengertiannya menurut para ahli dibawah ini:

1.Wahana Komputer

Sistem operasi adalah software atau perangkat lunak pada tahap pertama yang dimasukan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan atau dihidupkan. 

2. Menurut M. Suyanto

Sistem operasi merupakan suatu sistem yang terdiri atas beberapa komponen perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi untuk mengontrol seluruh aktivitas yang sudah dilakukan komputer.

3. Fery Indayudha

Sistem operasi adalah sebuah sistem yang dibutuhkan agar dapat menjalankan semua aplikasi program atau software yang ada pada komputer.

4. Iim Rusyamsi

Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang dapat melakukan tugas mengontrol dan mengatur perangkat keras sekaligus operasi dasar sistem lainnya dan juga bisa untuk menjalankan program aplikasi.

5. Mcleod (Pearson)

Sistem operasi adalah program-program komputer yang mengatur sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak komputer kita.

6. Abas Ali Pangera dan Dony Ariyus 

sistem operasi adalah sistem yang terdiri atas berbagai komponen kerja dan metode kerja yang digunakan untuk memerintah serta menjalankan perangkat yang dimilikinya, agar sesuai dengan yang diinginkan.


Fungsi Sistem Operasi 

Seperti yang sudah di sebutkan diawal jika sistem operasi memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk lebih memperjelas lagi berikut beberapa fungsi dari sistem operasi: 

1. Menjalankan Operasi Dasar

Sistem operasi menjalankan fungsi dasar pada komputer, perangkat lunak ini akan mengatur bagaimana penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data dan fungsi dasar komputer lain-lainnya.

2. Mengatur Hardware atau perangkat keras

Hardware merupakan perangkat keras yang tersambung pada komputer seperti speaker,CPU, Mouse, keyboard, monitor dan lain sebagainya. Sistem operasi bertugas mengatur kerja perangkat keras komputer tersebut (resource manager). Menyambungkan perangkat keras dengan perangkat lunak agar mampu bekerja dengan baik dan komputer dapat bekerja sebagai mana mestinya.

3. Mengatur Berbagai Macam Aplikasi

Seluruh aplikasi yang ada di dalam komputer memang tersimpan dalam memori penyimpanan. Namun, perlu di ketahui semua aplikasi tersebut ada dalam sebuah Sistem operasi dan jika tidak ada sistem operasi maka komputer akan tidak mampu menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut.

4. Untuk Menyajikan Sebuah Tampilan

Tugas atau fungsi dari Sistem operasi komputer lainnya yang tak kalah penting adalah memudahkan penggunaan aplikasi karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat ditampilkan dilayar monitor komputer atau halaman utama saat kita baru saja komputer dihidupkan.

5. Untuk Koordinasi Perangkat Komputer

Fungsi lain dari sistem operasi komputer adalah mengkoordinasikan semua hal yang ada didalam komputer, dalam hal menyusun program yang memiliki sifat kompleks menjadi lebih simpel dan berurutan.


Contoh Sistem Operasi 

1. Sistem Operasi Windows 

Contoh Sistem Operasi Windows

Windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Windows saat ini menjadi sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna komputer atau laptop diseluruh dunia. 

Faktor yang membuat sistem operasi Windows sangat populer ialah karena berbasis GUI (Graphical User Interface), diamana hal ini sangat memudahkan dalam pengoprasiannya. 

Bagi pengguna komputer maupun laptop pasti sudah tidak asing dengan sistem operasi ini, sebab mayoritas pengguna komputer di Indonesia menggunakan Windows.

Adapun versi Sistem Operasi Windows dari awal diluncurkan hingga sekarang ialah:

  1. Windows 1
  2. Windows 2
  3. Windows 3
  4. Windows 3.1
  5. Windows 95
  6. Windows 98
  7. Windows ME
  8. Windows XP 
  9. Windows Vista 
  10. Windows 7
  11. Windows 8
  12. Windows 8.1
  13. Windows 10
  14. Windows 11

2. Sistem Operasi MAC (macOS)

Contoh Sistem Operasi MAC

Sama dengan sistem operasi Windows, MAC merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Bedanya OS ini hanya dapat digunakan pada perangkat komputer yang dikeluarkan oleh Apple saja. Jadi jika ingin menggunakan masOS harus membeli laptop atau komputer Apple. 

Versi macOS:

  1. Classic Mac OS Versi 1 – 9
  2. Mac OS X Public Beta
  3. Mac OS X 10.0 – Cheetah
  4. Mac OS X 10.1 – Puma
  5. Mac OS X 10.2 – Jaguar
  6. Mac OS X 10.3 – Panther
  7. Mac OS X 10.4 – Tiger
  8. Mac OS X 10.5 – Leopard
  9. Mac OS X 10.6 – Snow Leopard
  10. Mac OS X 10.7 – Lion
  11. OS X 10.8 – Mountain Lion
  12. OS X 10.9 – Mavericks
  13. OS X 10.10 – Yosemite
  14. OS X 10.11 – El Capitan
  15. MacOS 10.12 – Sierra
  16. MacOS 10.13 – High Sierra
  17. MacOS 10.14 – Mojave

3. Sistem Operasi Linux

Contoh Sistem Operasi Linux

Contoh selanjutnya dari sistem operasi adalah Linux, OS ini juga merupakan sistem operasi yang populer dan memiliki cukup banyak pengguna.

Berbeda dengan Windows ataupun macOS, Linux merupakan sistem operasi yang berbasis Text, atau dengan kata lain menggunakan perintah Text dalam pengoprasiannya.

Linux memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows maupun Mac, diantaranya yaitu sangat ringan sehingga tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk menggunakannya, sangat kuat terhadap virus komputer, open source dan berlisensi gratis alias yang ingin menggunakan tidak perlu membeli. 

Terlepas dari kelebihan-kelebihannya Linux juga memiliki kekurangan yang membuat OS ini jarang digunakan oleh kebanyakan pengguna. Kekurangan tersebut terletak pada pengoprasiannya, karena berbasis Text maka yang dapat menjalankannya biasanya hanya orang-orang yang sudah begitu ahli dalam dunia komputer saja. 

10 distro Linux paling populer:

  1. Manjaro
  2. Mint
  3. Elementary
  4. MX Linux
  5. Ubuntu
  6. Debian
  7. Solus
  8. Fedora
  9. openSUSE
  10. Zorin

4. Android 

Contoh Sistem Operasi Android

Android merupakan sistem operasi yang digunakan pada sebuah smartphone. OS yang dimiliki dan dikembangkan oleh Google ini, saat ini sangat populer dan banyak digunakan pada berbagai brand-barand ponsel diseluruh dunia. 

Salah satu faktor yang menyebabkan populernya OS Smartphone yang satu ini adalah karena open source, maksudnya ialah sistem operasinya memiliki atau dibuat kode sumber secara terbuka bagi semua pihak. Sehingga pihak lain misalnya brand Hp tertentu dapat menyesuaikan (memodifikasi) dengan perangkat yang terkait.

Di Indonesia sendiri masyarakat rata-rata merupakan pengguna ponsel dengan sistem operasi Android. HP dengan OS Android banyak yang dijual dengan harga yang terjangkau.

Jenis atau versi Android:

  1. Android 1.0 & 1.1 (Astro-Alpha & Bender-Beta)
  2. Android 1.5 (Cupcake)
  3. Android 1.6 (Donut)
  4. Android 2.0 & 2.1 (Eclair)
  5. Android 2.2 (Froyo-Frozen Yoghurt)
  6. Android 2.3 (Gingerbread)
  7. Android 3.0 & 3.2 (Honeycomb)
  8. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
  9. Android 4.1 & 4.3 (Jelly Bean)
  10. Android 4.4 (KitKat)
  11. Android 5.0 & 5.1 (Lollipop)
  12. Android 6.0 (Marshmallow)
  13. Android 7.0 & 7.1 (Nougat)
  14. Android 8.0 & 8.1 (Oreo)
  15. Android 9.0 (Pie)
  16. Android 10
  17. Android 11
  18. Android 12

5. iOS 

Contoh Sistem Operasi iOS

Contoh sistem operasi yang selanjutnya adalah iOS. iOS mirip dengan Android yaitu sama-sama sistem operasi yang digunakan pada smartphone (Sistem Operasi Mobile). Yang membedakan iOS dimiliki oleh perusahaan Apple dan hanya dapat digunakan pada Ponsel yang dikeluarkan Apple saja. 

Masalah performa iOS sudah tidak diragukan lagi. Mungkin sudah banyak yang tahu, bila saat ini ponsel yang dikeluarkan oleh Apple memiliki harga yang lumayan mahal. Tentunya hal tersebut juga di tunjang dengan sistem operasi yaitu iOS dengan performa yang sangat mempumpuni.

Berikut daftar versi iOS hingga sekarang:

  1. iOS 1
  2. iOS 2
  3. iOS 3
  4. iOS 4
  5. iOS 5
  6. iOS 6
  7. iOS 7
  8. iOS 8
  9. iOS 9
  10. iOS 10
  11. iOS 11
  12. iOS 12
  13. iOS 13/iPadOS 13
  14. iOS 14/iPadOS 14

6. Symbian OS 

Contoh Sistem Operasi Symbian

Apa kalian pernah menggunakan HP NOKIA jadul? Ya hp tersebut menggunakan sistem operasi Symbian. Nokia pernah berada di puncak kejayaan pada era tahun 2000an dengan ponsel-ponsel yang diproduksinya. 

Namun sejak kemunculan OS Android, Symbian mulai tersaingi dan ditinggalkan oleh para pengguna ponsel. Banyak brand-braand ponsel besar yang beralih pada Android untuk digunakan pada ponsel yang diproduksinya. 

Disaat brand lain mulai beralih ke Android, Nokia justru kekeh untuk mempertahankan untuk tetap menggunakan Symbian pada ponselnya, alhasil Nokia malah semakin tenggelam. Namun sekarang ini Nokia juga sudah memproduksi kembali ponselnya namun dengan menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Baca juga: Fungsi Tombol Windows Di Keyboard Yang Harus di Ingat

Mungkin itulah penjelasan mengenai Fungsi Utama Dari Sistem Operasi yang perlu diketahui. Semoga dengan penjelasan diatas kalian semua dapat memahaminya. Walaupun saya saya sudah berusaha menjelaskan dengan mudah, namun ada mungkin saja ada beberapa penjelasan yang cukup membingungkan. Sekian dan semoga bermanfaat…………..

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Fungsi Utama Dari Sistem Operasi Adalah? Berikut Penjelasannya"