Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dari Perangkat Lunak, sejarah, Fungsi, Jenis dan Contohnya

 

Pengertian Dari Perangkat Lunak, sejarah, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan yang namanya perangkat lunak atau Software. Namun apa kalian sudah tahu mengenai Pengertian dari perangkat lunak ini?

Dalam sebuah perangkat komputer tak lepas dari yang namanya perangkat lunak atau Software. Perangkat lunak berfungsi untuk menjalankan komputer melalui perintah yang diberikan oleh User.

Dalam perkembangannya perangkat lunak terus mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal tersebut sejalan atau beriringan dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi.

Hingga saat ini pun perangkat lunak telah berkembang dengan berbagai ragam model yang memiliki fungsi berbeda-beda yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Nah pada kesempatan ini satutitiknol.com mencoba ingin mengupas dengan tuntas mengenai perangkat lunak dari pengertiannya, sejarah, fungsi, jenis dan contohnya. Nah mari simak uraiannya di bawah ini:

Baca juga: Arti Update dan Upgrade

Pengertian Perangkat Lunak atau Software 

Perangkat lunak (Software) merupakan kumpulan data elektronik yang terdapat atau tersimpan dalam komputer dan dikendalikan oleh perangkat komputer. 

Data elektronik tersebut meliputi program komputer, dokumentasi-nya, serta segala informasi yang bisa ditulis dan dibaca oleh komputer.

Karena dikatakan sebagai perangkat lunak, perangkat lunak itu tidak memiliki wujud fisik seperti halnya perangkat keras (Hardware). 

Jika perangkat keras memiliki wujud nyata yang dapat di lihat serta dapat dipegang, namun perangkat lunak tidak demikian. 

Akan tetapi meskipun tidak berwujud perangkat lunak dapat dijalankan dan dioperasikan dengan baik dan lancar. 


Pengertian Dari Perangkat Lunak Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian perangkat lunak menurut para ahli: 

1. Roger S. Pressman

Perangkat lunak atau Software adalah sebuah program perintah yang ada di dalam sebuah komputer, yang jika dijalankan akan memberikan fungsi dan informasi sesuai yang dibutuhkan oleh pengguna atau User. 

Dengan kata lain menurut Roger S. Pressman, perangkat lunak memiliki fungsi untuk memberikan perintah kepada komputer. 

2. Melwin Syafrizal Daulay

Melwin Syafrizal Daulay menulis buku yang berjudul “Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer”. 

Dalam bukunya tersebut menurut Melwin perangkat lunak atau Software adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi untuk mengatur aktivitas kerja di dalam komputer serta semua perintah (Instruksi) yang mengarah ke sistem komputer. 

Kemudian dia juga menerangkan bahwa perangkat lunak merupakan perangkat yang berperan sebagai jembatan antara User dengan komputer dengan menggunakan bahasa mesin. 

3. Wilman & Riyan

Wilman & Riyan mengartikan bahwa perangkat lunak (Software) adalah sebagai perangkat operasi kerja yang memiliki fungsi untuk menjalankan berbagai komponen yang ada di perangkat keras (Hardware)

Selanjutnya Wilman & Riyan juga mengatakan bahwa perangkat lunak memiliki sifat maya, yang mana dengan kata lain perangkat lunak atau software tidak mempunyai wujud fisik, namun User dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan dapat merasakan manfaatnya. 

4. Fauziah

Menurut Fauziah perangkat lunak atau Software merupakan suatu program yang berfungsi untuk meng-input data, menyimpan data, mengecek data, memanipulasi data dan mendapatkan hasil dari data tersebut yang dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan perangkat keras (Hardware). 

5. Wiwit Siswoutomo

Pendapat lainnya yaitu dari Wiwit Siswoutomo, ia mengartikan bahwa perangkat lunak atau software adalah suatu nyawa dari komputer atau hardware. 

Jika komputer tanpa adanya perangkat lunak,maka komputer itu hanyalah sebuah perangkat keras yang mati dan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

6. Imam Prayogo Pujiono 

Imam Prayogo Pujiono menyebutkan bahwa software merupakan suatu program yang terdapat di dalam komputer yang disusun sedemikian rupa, yang bila dijalankan akan memberikan suatu perintah ke komputer, dalam rangka menyelesaikan suatu tugas, pekerjaan, dan suatu tuntutan tertentu sesuai yang diinginkan User. 

7. Sunarto, S,Kom

Menurut SUNARTO, S,Kom perangkat lunak (Software) adalah nyawa dari sebuah komputer sehingga apabila komputer tidak dilengkapi software maka komputer tidak bisa digunakan. 

8. Wikipedia

Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasi-nya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer

9. KBBI

Perangkat program, prosedur, dan dokumen yang berkaitan dengan suatu sistem (contoh sistem komputer);

(2) bagian dari alat (komputer dan sebagainya) yang berfungsi sebagai penunjang alat utama.


Sejarah Perangkat Lunak 

Sebenarnya perkembangan perangkat lunak atau software sudah di mulai sejak terciptanya komputer elektronik. 

Pada pertengahan tahun1800-an untuk pertama kalinya perangkat lunak digagas oleh Charles Babbage. Namun, baru diperkenalkan ke publik secara resmi pada tahun 1935 oleh Alan Turing melalui esainya yang berjudul “Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung.” 

Alan Turing sendiri merupakan seorang ahli matematika yang pertama kali mencetuskan bahwa komputer dapat menjalankan beragam program dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan. 

Selain itu, ternyata Alan Turing juga menjadi penemu dari mesin Turing yaitu sebuah alat yang dapat menjalankan serangkaian perintah Pada tahun 1930

Selanjutnya untuk kata “Software” sendiri dicetuskan oleh John Tukey pada tahun 1958. John Tukey juga berprofesi sebagai ahli matematika seperti Alan Turing. Dalam perkembangan hingga saat ini, perangkat lunak terbagi ke dalam empat era, yaitu:

1. Era Pemula

Pada era ini, Perangkat lunak pertama kali muncul masih dalam bentuk sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, perangkat lunak dan perangkat keras masih berada dalam satu kesatuan dan hanya digunakan untuk suatu tujuan tertentu saja. 

2. Era Stabil

Pada era stabil penggunaan perangkat lunak sudah lebih luas lagi, dimana sebelumnya hanya digunakan oleh para peneliti dan akademi saja. 

Tapi pada era ini perangkat lunak mulai digunakan oleh perusahan dan industri. Selan itu juga diterapkan sistem basis data yang dapat memisahkan data dengan program

3. Era Mikro

Pada era mikro, perangkat lunak sudah dibagi menjadi dua, yaitu perangkat lunak sistem yang mengoperasikan internal komputer dab perangkat lunak luar yang digunakan oleh User secara langsung sesuai dengan kebutuhan dan tujuan tertentu.

4. Era Modern

Nah pada era modern, perangkat lunak sudah berkembang lebih canggih lagi, dimana perangkat lunak sudah mengenal input dalam bentuk suara maupun gambar, serta di jual atau didistribusikan-kan dengan berbayar, namun juga ada yang gratis.


Fungsi Perangkat Lunak

Dari penjelasan mengenai pengertian perangkat lunak diatas, mungkin kalian sudah dapat memahaminya, apa sebenarnya fungsi dari perangkat lunak. 

Namun agar lebih memperjelas lagi kalian dapat menyimak beberapa fungsi utama dari perangkat lunak dibawah ini: 

  1. Perangkat lunak dapat berfungsi untuk memproses data, perintah atau instruksi agar User dapat menggunakan komputernya sesuai dengan kebutuhannya.

  2. Perangkat lunak juga dapat berfungsi Sebagai jembatan untuk menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras.

  3. Perangkat lunak juga dapat Mengidentifikasi suatu program yang terdapat pada sebuah komputer.

  4. Selain itu perangkat lunak juga dapat menerjemahkan perintah dari software lain ke dalam bahasa mesin, agar dapat dimengerti oleh komputer. 


Jenis-Jenis Perangkat Lunak berdasarkan kategorinya

Secara umum perangkat lunak dibagi menjadi tiga jenis. Nah berikut beberapa jenis tersebut: 

1. Perangkat Lunak Sistem Operasi 

Perangkat lunak sistem operasi berfungsi untuk mengatur setiap perangkat keras yang terhubung ke CPU komputer.

Perangkat sistem operasi mengatur semua proses, termasuk mengelola memori, menerjemahkan input, output, dll. 

Pada intinya, Perangkat lunak ini menghubungkan User, perangkat keras, dan perangkat lunak aplikasi agar dapat berfungsi dan digunakan sebagai mana mestinya secara bersamaan.

Contohnya: Windows, Linux, Mac, Windows Phone, iOS, Android.

2. Perangkat Lunak Aplikasi 

Perangkat lunak Aplikasi merupakan perangkat lunak yang ada pada komputer dan biasa digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. 

Perangkat lunak Aplikasi perlu melakukan instalasi terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan setiap Perangkat lunak aplikasi memiliki kegunaan yang berbeda-beda tergantung dari tujuan awal pembuatannya. 

Jadi bisa di katakan perangkat lunak Aplikasi berfungsi sebagai penerjemah perintah dari User. 

User memberi perintah lewat perangkat lunak Aplikasi, kemudian perintah tersebut akan di teruskan ke Perangkat lunak sistem operasi dan selanjutnya akan di proses. 

Contoh: Aplikasi Corel Draw, Photoshop, Microsoft Office, Google Chrome, dan lain sebagainya. 

3. Perangkat Lunak Pemrograman

Perangkat lunak Pemrograman merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat sebuah program. 

Dalam pembuatan program tersebut, menggunakan beberapa bahasa Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya

Perangkat lunak pemrograman umumnya digunakan oleh seorang programmer untuk menerjemahkan, menulis, menguji, mengembangkan, hingga men-debug software lain, seperti perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.


Jenis-Jenis Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya 

Selain jenis-jenis perangkat lunak seperti yang sudah dijelaskan di atas, ternyata masih ada jenis-jenis perangkat lunak berdasarkan distribusi-nya. 

Kalian juga perlu memahami jenis perangkat lunak yang dibedakan berdasarkan distribusi-nya, agar lebih dapat mengetahui dan memahami. 

Berikut perangkat lunak berdasarkan distribusi-nya: 

1. Perangkat Lunak Berbayar 

Yang pertama adalah perangkat lunak berbayar, perangkat lunak jenis ini merupakan perangkat lunak yang harus membeli atau membayar terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya. 

Selain itu meskipun sudah membelinya, para pengguna dilarang untuk menyebar luaskan. Jika ada yang melalukan-nya maka hal tersebut di anggap ilegal.

Contoh perangkat lunak berbayar adalah Windows, Microsoft Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan masih banyak lagi.

2. Freeware 

Selanjutnya adalah jenis perangkat lunak Freeware, kalau yang satu ini merupakan kebalikan dari perangkat lunak berbayar. 

Artinya para pengguna bisa menggunakannya secara gratis. Namun biasanya masih ada batasannya, maksudnya dapat digunakan secara gratis, namun dilarang untuk menggandakan, memodifikasi, dan lain- lain. Para pengguna hanya di perbolehkan menggunakannya saja.

Contoh dari perangkat lunak Freeware adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, Notepad ++, dan masih banyak lagi. 

3. Free Software

Perangkat lunak jenis ini, jika pengguna atau User ingin menggunakannya maka harus melakukan pembelian terlebih dahulu, tapi selanjutnya pengguna bebas melakukan apapun terhadap perangkat lunak tersebut, misalnya memodifikasi, menggandakan, hingga mendistribusikan ulang. 

4. Shareware

Perangkat lunak Shareware merupakan perangkat lunak yang di sebarkan atau dibagikan kepada para pengguna secara gratis, namun dengan masa tertentu (biasanya 15-30 hari).

Jika penggunaan telah melewati batas dari waktu yang telah ditentukan, maka secara otomatis perangkat lunak tersebut tidak dapat digunakan lagi. 

Dalam praktek-nya, biasanya sering disebut Trial (uji coba). Kalian pasti pernah mendengarnya.  

Tujuan dari perangkat lunak jenis ini biasanya untuk memberi kesempatan para pengguna untuk mencoba terlebih dahulu perangkat lunak yang disebarkan, sehingga jika pengguna merasa cocok bisa melalukan pembelian. 

5. Malware

Malware merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk merusak. Tujuan dari pembuatan Malware biasanya untuk merusak sistem komputer, menyusup, mengintai, dll. 

Contohnya adalah Virus komputer, aplikasi penyadap atau pengintai, dan aplikasi-aplikasi lain yang dibuat untuk tujuan untuk merugikan. 

6. Open-Source Software

Perangkat lunak Open-Source Software disebut juga perangkat lunak yang bersifat terbuka. Artinya perangkat lunak dapat dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan.

Selain itu biasanya Perangkat lunak Open-Source Software bisa di dapatkan atau digunakan secara gratis.

Contoh perangkat lunak Open-Source Software ini adalah Linux. 

7. Firmware

Firmware merupakan perangkat lunak penyimpanan yang hanya bisa dibaca (Memory Read Only). Pengguna tidak dapat melalukan perubahan apapun, meskipun perangkat lunak mengalami permasalahan.

Perangkat lunak Firmware biasanya sudah menyatu dengan perangkat keras, sehingga bisa dianggap perangkat lunak yang tidak sepenuhnya. 


Contoh Perangkat Lunak

Akan kurang lengkap jika tidak ada contoh dari perangkat lunak yang sebelumnya sudah dibahas. Hingga saat ini telah banyak sekali perangkat lunak yang dapat digunakan sesuai kebutuhan dan kenyamanan para pengguna atau User. 

Berikut contoh beberapa perangkat lunak yang sering digunakan: 

1. Perangkat Lunak System

Perangkat lunak System disebut juga perangkat lunak Sistem Operasi. Contohnya Linux, Windows, Mac, Android. 

2. Perangkat Lunak Browser 

Dari namanya saja mungkin kalian sudah paham. Yap benar sekali, Perangkat lunak browser digunakan untuk membuka atau berselancar di Internet. 

Contohnya adalah Google Chrome, Mozilla, Opera, Brave, Microsoft Edge, dan lain sebagainya. 

3. Perangkat Lunak Office 

Perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk pekerjaan dalam kantor, agar pekerjaan lebih cepat dan efisien. Misalnya saja pengolahan kata, akuntasi, presentasi dan lain sebagainya. 

Contohnya: Microsoft Word, Excel, Power Point, Dll. 

4. Perangkat Lunak Anti-Virus 

Sesuai namanya, perangkat lunak Anti-Virus dibuat dengan tujuan untuk menangkal serangan Virus agar tidak masuk ke dalam sistem komputer. Sehingga komputer akan lebih aman dari kerusakan sistem yang disebabkan oleh Virus komputer. 

Contoh dari Perangkat Lunak Anti-Virus: AVG, Norton, Smadav, Windows Security, dan lain-lain. 

5. Perangkat Lunak Gambar 

Perangkat lunak gambar merupakan perangkat lunak atau Software yang digunakan untuk mengolah gambar, seperti membuat desain, editing foto, dan lain sebagainya. 

Contohnya: Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint, Dll.

6. Perangkat Lunak Video 

Jika sebelumnya perangkat lunak gambar yang digunakan untuk mengolah gambar, kini perangkat lunak Video yang tentu saja digunakan untuk mengolah Video (Editing Video).

Contohnya: Adobe Premier, Corel Video, Dll. 


Perangkat Lunak Membutuhkan Spesifikasi Perangkat Keras Minimum 

Perlu diketahui juga, dalam penggunaannya Perangkat lunak membutuhkan spesifikasi minimum perangkat keras, agar perangkat lunak dapat dijalankan dengan lancar tanpa adanya kendala. 

Setiap perangkat lunak biasanya membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang berbeda-beda. 

Contoh: 

1. Windows 10

Di kutip dari halaman resmi Microsoft, Windows 10 membutuhkan spesifikasi perangkat keras (Hardware) sebagai berikut  

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau diatasnya 
  • RAM: 1 gigabyte (GB) untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit
  • Ruang hard disk: 16 GB untuk OS 32-bit atau 20 GB untuk OS 64-bit
  • Kartu grafis: DirectX 9 atau lebih baru dengan driver WDDM 1.0
  • Tampilan: 800 x 600

2. Adobe Premier Pro 

Spesifikasi Minimal :

  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 10 (64-bit) versi 1803 atau lebih baru, macOS v10.13 atau lebih baru
  • Prosesor: Intel 6th Gen atau CPU yang lebih baru – atau setara dengan AMD
  • RAM: RAM 8 GB
  • Kartu Grafis: nVidia GeForce GTX 1050 atau setara; nVidia GeForce GTX 1660 atau Quadro T1000 direkomendasikan, dengan 2 GB GPU VRAM
  • Ruang Disk: 8 GB ruang hard disk yang tersedia untuk instalasi, disarankan SSD
  • Resolusi Monitor: 1280 x 800
  • Kartu suara: Kompatibel dengan ASIO atau Model Driver Microsoft Windows

Jadi jika kalian ingin menggunakan seuatu perangkat lunak, kalian harus menyesuaikan dengan perangkat keras yang kalian gunakan, agar perangkat lunak dapat dijalankan dan berjalan dengan lancar tanpa kendala. 

Baca juga: Sejarah Email Dan Perkembangannya

Dalam sebuah komputer atau sistem komputer, perangkat lunak merupakan sesuatu yang harus ada, sebab tanpa perangkat lunak komputer tak akan berjalan sebagai mana mestinya. 

Perangkat lunak dapat mempermudah pengguna dalam penggunaan komputer, sehingga komputer dapat digunakan untuk mengerjakan sesuai kebutuhan para pengguna. 

Ada banyak sekali perangkat lunak yang dapat digunakan, dalam menggunakannya cukup disesuaikan dengan kebutuhan pengguna juga, yang pada akhirnya nanti dapat membantu pekerjaan manusia.

Perangkat lunak sendiri memiliki arti yang cukup luas, dalam penjelasan di atas admin sudah berusaha menjelaskan dengan cara yang dapat mudah dipahami. Namun jika terdapat kesalahan mohon dimaklumi dan kalian pun dapat memberi tahu melalui kolom komentar. 

Sekian dan semoga bermanfaat………… 

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Pengertian Dari Perangkat Lunak, sejarah, Fungsi, Jenis dan Contohnya"