Widget HTML #1

Arti Update dan Upgrade Dalam Dunia Teknologi yang Perlu Diketahui

Arti Update dan Upgrade

Mungkin dalam keseharian pada era digital ini, istilah Upgrade dan Update sering sekali di gunakan dalam percakapan, namun sudah tahu kah kalian mengenai arti Upgrade dan Update?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel ini akan menjelaskan mengenai istilah tersebut, agar tidak bingung lagi.

Sebab masih ada yang menganggap bahwa Upgrade dan Update itu memiliki arti yang sama, padahal pada kenyataannya sangat berbeda. 

Jika di terjemahkan dalam bahasa Inggris maka Upgrade dan Update memiliki arti: 

Update artinya memperbaharui 

Upgrade artinya menaikkan 

Secara garis besar jika dilihat dari artinya dalam bahasa Indonesia, Update dan Upgrade memiliki arti yaitu menaikkan dan memperbaharui. Tapi apa maksudnya atau apa yang dinaikkan dan diperbaharui di sini?

Nah oleh karena itu, berikut uraian mengenai arti Update dan Upgrade.

Baca juga: Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer

Arti Update dan Upgrade Dalam Dunia Teknologi yang Perlu Diketahui

1. Pengertian Update 

Arti Update

Upgrade memiliki atau berarti memperbaharui, yang dimaksud dari memperbarui disini, ialah memperbaiki, memperbagus, mempercantik, meningkatkan ke versi terbaru, dan lain sebagainya.

Istilah Update biasanya hanya digunakan pada sebuah sistem saja, misalnya Os Windows, Linux, Android, Mac, Software tertentu, dan lain sebagainya. 

Jadi dengan kata lain Update adalah proses memperbarui atau memperbaiki versi atau komponen dari suatu perangkat lunak, perangkat keras, atau sistem operasi. 

Tujuan dari update adalah untuk meningkatkan kinerja, keamanan, stabilitas, kompatibilitas, atau fitur dari produk teknologi tersebut. 

Update biasanya dilakukan secara berkala oleh pengembang atau produsen produk teknologi, dan bisa dilakukan secara otomatis atau manual oleh pengguna.

Contoh: 

  1. Aplikasi WhatsApp melakukan pembaharuan (Update) dari versi 3.0 menjadi versi 3.1.

  2. Windows 10 melakukan Update untuk memperbaiki Bug yang muncul sebelumnya.

2. Pengertian Upgrade 

Arti Upgrade

Upgrade berarti menaikkan, maksudnya mengganti sebuah perangkat atau sistem ke yang lebih bagus (baru). Istilah Upgrade mencakup penggunaan yang tak terbatas, namun Istilah Upgrade biasanya hanya digunakan pada lingkup perangkat keras saja.

Atau dengan kata lain jika Upgrade adalah proses mengganti atau menambah versi atau komponen dari suatu perangkat lunak, perangkat keras, atau sistem operasi dengan yang lebih baru atau lebih baik. 

Tujuan dari upgrade adalah untuk mendapatkan fungsi, performa, kapasitas, atau kualitas yang lebih tinggi dari produk teknologi tersebut. 

Upgrade biasanya dilakukan secara sukarela oleh pengguna, dan bisa memerlukan biaya tambahan atau persyaratan tertentu.

Contoh:

  1. Saya memiliki laptop lama yang kinerjanya sudah lambat, kemudian 3 hari yang lalu saya membeli laptop baru yang kinerjanya lebih bagus untuk menggantikan laptop lama saya. 

  2. Sebelumnya pada komputer saya menggunakan Windows 7, namun sekarang sudah diganti menggunakan Windows 10.

    Kenapa yang ini dikatakan Upgrade, jawabannya karena mengganti suatu sistem secara keseluruhan. Ingat Update hanya pada lingkup sebuah sistem saja, hanya memperbaharui sistem, tidak menggantinya.

3. Perbedaan Update dan Upgrade

Nah selanjutnya untuk lebih memperjelas dalam membedakan antara Update dan Upgrade, simak penjelasan berikut:

#Update 

- Berarti menaikkan 

- Di gunakan pada perangkat lunak

- Hanya mencakup sebuah sistem saja (versinya/build)

- Tujuan untuk memperbaharui sistem sebelumnya, agar lebih bagus

#Upgrade 

- Berarti mengganti 

- Lebih sering digunakan pada perangkat keras

- Ruang lingkup tak terbatas

- Tujuan untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik

4. Contoh Lain Dari Penggunaan Istilah Update dan Upgrade 

#Update 

  1. Ponsel saya saat baru dibeli menggunakan Android 9.0 Pie, namun selang 4 hari terdapat pembaharuan ke versi 9.1. Akhirnya pun saya mengganti sistem yang sebelumnya versi 9.0 ke versi 9.1. inilah yang dinamakan Update.

  2. Game A telah diperbaharui, di mana sekarang tampilan-Nya lebih bagus jika dibandingkan sebelumnya. 

  3. Sebelumnya Software A memiliki fitur yang sedikit, tapi setelah di perbarui oleh pihak pengembang, fitur-Nya semakin lengkap.

#Upgrade 

  1. Saya memiliki layar monitor dengan ukuran 14 Inc, menurut saya monitor ukuran segitu terlalu kecil, akhirnya kemarin saya menggantinya dengan ukuran yang lebih besar yaitu 24 Inc. ini yang dinamakan Upgrade.

  2. Hp saya pada awalnya menggunakan Android versi 6.0 Marshmallow, tapi kini telah saya ganti dengan Android versi 9.0 Pie. 

  3. Komputer saya sebelumnya menggunakan Ram 4Gb, namun sekarang telah saya tambah menjadi 8 Gb. 

Baca juga: Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti Update dan Upgrade, dengan begitu kalian tidak bingung lagi dalam membedakan dan menggunakan istilah Update dan Upgrade

Dalam penjelasan di atas mungkin terdapat kata-kata yang membingungkan, namun admin telah mencoba menjelaskan sebaik mungkin agar lebih muda dipahami oleh para pembaca. 

Selain itu, uraian mengenai arti Update dan Upgrade ini merupakan pemahaman admin yang telah di pelajari sebelumnya dari berbagai sumber.

Jika ternyata kalian memiliki pendapat lain, mungkin bisa di sampaikan lewat kolom komentar, sehingga kita dapat saling belajar bersama. 

Semoga bermanfaat………

Sumber: https://www.leskompi.com/arti-upgrade/

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Arti Update dan Upgrade Dalam Dunia Teknologi yang Perlu Diketahui"