Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Secara singkat fungsi Notepad adalah sebuah Aplikasi bawaan sistem Windows, yang digunakan untuk melihat atau mengedit file text. 

Tahukah kalian bahwa Aplikasi Notepad ini telah ada di Sistem Operasi Windows sejak mulai versi Windows 1.0 tahun 1985. itu berarti Notepad telah ada di semua Versi OS Windows. 

Entah kalian sadari atau tidak, jika meng-install Sistem operasi Windows atau mungkin membeli Komputer/Laptop yang sudah ada OS Windows-nya, maka secara otomatis Aplikasi Notepad akan ter-install. 

Memang Aplikasi ini terlihat sangat simple dan sederhana, namun meskipun begitu keberadaannya sangat membantu sekali. 

Misalnya saja bisa dijadikan untuk membuat sebuah catatan kecil. Karena Notepad sudah ter-Install di semua Laptop/PC OS Windows, kita dapat dengan mudah membuka catatan kita tersebut di Device lain tanpa harus melalukan Software lain lagi. 

Selain itu ukurannya juga sangat ringan, sehingga tidak akan banyak memakan banyak RAM jika di buka bersamaan dengan Aplikasi atau Software lain. 

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dari Aplikasi Notepad ini, untuk lebih jelasnya mari simak uraiannya dibawah ini.

Baca juga: 5 Cara Eject Flashdisk di Laptop

Pengertian Notepad  

Notepad merupakan Aplikasi Bawaan atau Default dari Sistem Operasi Windows, yang digunakan untuk membuat catatan sederhana (catatan kecil), melihat, dan mengedit file Text lain. 

Jika di perhatikan, Notepad mirip dengan Aplikasi Note yang ada pada setiap Ponsel Smartphone. 

Notepad menjadi Aplikasi Teks Editor yang sederhana dan ringan. Sehingga banyak yang menggunakannya untuk membuat catatan kecil dan melihat atau mengedit File teks sederhana lain. 

Fungsi Notepad

Jika sebelumnya pengertian, sekarang fungsinya. Sebenarnya apa sih kegunaan dari Notepad? Nah berikut Fungsi Notepad:  

1. Membuat Dokumen 

Notepad dapat digunakan untuk membuat sebuah Dokumen sederhana (Catatan kecil). File teks yang dibuat dengan Notepad akan menggunakan Format File TXT.

Karena terlihat simple dan ringan, banyak orang yang menggunakan Notepad untuk membuat Catatan kecil, sebagai pengingat. 

Selain karena simple dan ringan, file yang dibuat dengan Notepad dapat di buka di laptop/komputer Windows manapun, karena Aplikasi Notepad sudah ada dan menjadi Aplikasi Default OS Windows semua versi. Sehingga sangat memudahkan sekali. 

2. Membuka File Teks Lain 

Meskipun Format File asli Notepad TXT, tapi Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuka Dokumen lain dengan Format yang berbeda, misalnya saja file Teks jenis PHP dan html.

3. Mengedit File Teks Lain

Fungsi yang selanjutnya adalah mengedit File Teks. Sebagai contoh, misalnya saja File PHP, kita dapat membuka File tersebut serta mengedit-nya jika diperlukan. 

Namun perlu diketahui juga, meskipun Notepad dapat digunakan untuk membuka atau mengedit File Teks lain, tidak semua file Teks dapat dibuka atau diedit menggunakan Aplikasi ini.

Notepad hanya dapat digunakan untuk membuka atau mengedit File sederhana saja, sementara file Teks yang Kompleks tidak bisa. Misalnya saja File Dokumen Word dan sejenisnya.

Kelebihan Notepad

Ada beberapa kelebihan jika menggunakan Notepad sebagai teks editor, dalam penggunaan Komputer. Berikut kelebihan Notepad: 

1. Mudah Menggunakannya 

Karena tampilan-nya yang terlihat sederhana, akan sangat muda dipelajari bagi pengguna komputer yang masih pemula.

Pengoperasian-nya begitu mudah, cocok juga digunakan untuk latihan atau belajar mengetik.

2. Aplikasi Yang Ringan 

Kelebihan yang selanjutnya adalah Notepad termasuk Aplikasi yang sangat ringan, sehingga tidak begitu memakan banyak Memori RAM saat di jalankan. 

Jika dijalankan dengan Aplikasi lain secara bersamaan, tidak membuat Laptop atau Komputer menjadi lambat.

3. Dapat Digunakan Membuat Program

Dengan hanya Notepad kita dapat membuat program sederhana yang berbasis PHP atau html. Sudah begitu banyak Programmer yang menggunakannya, namun kadang banyak juga yang menggunakan Notepad versi lain (Notepad ++), yang fitur-nya lebih lengkap untuk ngoding. 

4. Menetralisir Teks 

Keunggulan Notepad yang keempat adalah menetralisir teks, ini adalah keunggulan yang paling membantu sekali. 

Misalnya saja, kita menyalin sebuah dokumen dari halaman Website di Internet ke Microsoft Word, jika kita langsung meng-Copy Paste maka teks dokumen akan mengikuti seperti yang ada pada halaman Website tersebut, seperti teks yang terdapat link, gambar, warna teks dan lain-lain. 

Untuk itu, kita dapat mengcopy-nya terlebih dahulu pada Notepad, maka secara otomatis Dokumen akan di netralisir, sehingga yang tersisa hanya teksnya saja. Kemudian setelah itu bisa langsung dipindahkan ke Dokumen Word. 

5. Cocok Untuk Membuat Catatan Kecil 

Bagi yang suka membuat catatan, Notepad sangat cocok sekali digunakan. Karena sangat simple dan ukurannya File-nya juga sangat kecil sekali. 

Selain itu sangat mudah di buka pada perangkat lain (khususnya Windows). Cepat dan simple saat membuka, mengedit atau membukanya. 

Kekurangan Notepad 

Jika sebelumnya kelebihan Notepad, sekarang adalah kekurangannya. Berikut kekurangan Notepad: 

1. Tidak Bisa Membuka Atau Mengedit File Teks Kompleks

Notepad hanya mendukung pada File teks sederhana saja, sementara File teks Kompleks, seperti File Microsoft Word dan lainnya tidak bisa. 

2. Tidak bisa menyisipkan Gambar 

Pada Notepad tidak bisa menambahkan atau menyisipkan gambar, seperti Software Ms Word dan sejenisnya. Notepad murni Aplikasi teks editor yang hanya berisi teks saja.

3. Kurang Mendukung Jika di Gunakan Untuk Membuat Program (ngoding)

Meskipun Notepad dapat digunakan untuk membuat Program dengan bahasa HTML, PHP, C, C++, Java, JavaScript, Perl, Pascal, CSS, dll. Namun fitur-nya masing kurang lengkap atau terbatas.

Kebanyakan para Programmer untuk membuat Coding, lebih memilih menggunakan Notepad jenis lain, yaitu Notepad ++. Dimana Notepad ++ lebih mendukung untuk membuat program.  

Cara Membuka Notepad Pada Windows 10/11

Notepad sudah ada pada semua Versi OS Windows, untuk menggunakan kita bisa langsung membukanya. 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuka Notepad, diantaranya: 

Cara 1 (Melalui Windows Search) 

Cara yang pertama melalui Windows Search, berikut langkah-langkahnya: 

1. Buka Windows Search (cara cepat: silahkan tekan tombol Windows + S pada Keyboard) 

2. Ketikan Notepad pada kolom pencarian 

3. Pada hasil pencaharian silahkan pilih Notepad 

Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

4. Selesai 


Cara 2 (Melalui File Explorer) 

Untuk cara kedua yaitu melalui File Explorer. Nah berikut caranya: 

1. Buka File Explorer (cara cepat: tekan tombol Windows + E pada Keyboard secara bersamaan)

2. Kemudian arahkan atau buka ke C:\Windows\System32\

3. Selanjutnya silahkan cari Aplikasi Notepad 

Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

4. Selesai 


Cara 3 (Melalui Windows Run)

Selain melalui Windows Search dan File Explorer, bisa juga melalui Windows Run. Untuk cara membuka Notepad melalui Windows Run, berikut caranya: 

1. Buka Windows Run (tekan tombol Windows + R secara bersamaan) 

2. Ketikan Notepad, lalu Klik Ok (Enter)

Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

3. Maka secara otomatis Notepad akan terbuka 

4. Selesai 


Jenis-Jenis Notepad 

Dalam perkembangannya ada dua jenis Notepad, yaitu Notepad biasa dan Notepad ++. Untuk lebih jelasnya berikut uraiannya: 

1. Notepad Biasa 

Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Notepad yang pertama adalah Notepad biasa. Notepad ini merupakan Notepad yang kita bahas di atas. 

Sejak pertama melakukan Instalasi Sistem Operasi Windows (semua versi), secara otomatis Notepad biasa akan tersedia, kita hanya tinggal menggunakannya. 

2. Notepad ++

Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk jenis Notepad yang selanjutnya adalah Notepad ++. Notepad++ adalah software teks editor yang bisa digunakan terutama di komputer dengan sistem operasi windows. 

Notepad++ merupakan perangkat lunak dari pihak ketiga, yang bersifat bebas (gratis) dan dikembangkan oleh Sourceforge.net. Hingga saat ini Notepad ++ telah di unduh lebih dari 27 juta kali oleh para pengguna.

Berbeda dengan Notepad biasa, Notepad ++ lebih diperuntukkan untuk para Programmer, dimana Software ini mendukung dalam membuat Coding pemrograman. Adapun bahasa pemrograman yang di dukung yaitu HTML, PHP, C, C++, Java, JavaScript, Perl, Pascal, CSS, dll.

Sebenarnya Notepad biasa bisa juga digunakan untuk membuat Coding Pemrograman, namun fitur-nya tak selengkap Notepad ++. 

Jika kita ingin menggunakan Notepad ++ kita harus terlebih dahulu melakukan Instalasi, dimana File Instalasi-nya bisa di Download melalui Link berikut: https://notepad-plus-plus.org/downloads/

Baca juga: 4 Cara Memindahkan Aplikasi, File atau Folder ke Desktop Windows 10/11

Itulah uraian tentang Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga dapat menambah wawasan serta dapat membantu dalam menggunakan Notepad pada Laptop atau Komputer. 

Terima kasih dan semoga bermanfaat………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Fungsi Notepad adalah: Berikut Pengertian, Fungsi, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya"