Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer

satutitiknol.com – Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, bila dalam Komputer terdapat beberapa opsi pada Menu Power. Opsi tersebut adalah Sleep, Shutdown, Restart, dan Hibernate. 

Secara garis besar mungkin kita sudah memahami fungsi-fungsi Opsi tersebut. Misal Shutdown untuk menonaktifkan komputer secara total, Sleep untuk menonaktifkan tapi tidak secara total, dan Restart untuk menjalankan Sistem dari awal apabila Desktop terjadi masalah seperti Freeze atau Sistem tidak berjalan dengan normal, atau permasalahan yang lainnya.

Sementara opsi Hibernate bagi sebagian orang masih sedikit asing. Karena Opsi ini tidak muncul pada Menu Default atau bawaan Pabrik. Ada pengaturan khusus agar Opsi menu Hibernate muncul dan dapat digunakan.

Pernahkah muncul dalam pikiran kalian, mengenai opsi menu power ini. Dari fungsi sebenarnya, cara kerjanya, kelebihan maupun kekurangannya, dan kapan waktu yang tepat kita menggunakan opsi ini?

Nah di artikel ini mari kita bahas satu-persatu mengenai berbagai macam Opsi Menu Power yang terdapat pada Komputer, yang bisa dijadikan untuk menambah Ilmu, agar kita tidak salah menggunakannya.

Secara garis besar mungkin kita sudah memahami fungsi-fungsi Opsi tersebut. Misal

  1. Shutdown

    Dengan perintah ini Komputer akan beristirahat total. Semua Sistem yang berjalan akan dihentikan, aliran listrik juga dihentikan dan semua data-data akan disimpan pada media penyimpanan. Komputer benar-benar Off tidak aktivitas lagi.

    Kelebihan: Komputer bisa beristirahat dengan total, dengan begitu dapat memperpanjang umur mesin atau komponen tidak cepat rusak.

    Kekurangan: harus menjalankan dari awal lagi jika mau menggunakan Komputer. Selain itu Data yang lupa disimpan/Save akan hilang, misal data yang diolah dengan Microsoft Word, Corel Draw, dan lain-lain.

  2. Sleep

    Dimana ini Komputer dalam keadaan setengah istirahat. Semua komponen dalam keadaan Off kecuali RAM. RAM akan tetap dialiri listrik dan bekerja.

    Semua data Data Sistem yang dijalankan sebelumnya akan disimpan sementara didalam RAM. Karena RAM tidak bisa bekerja bila tidak dialiri listrik, maka dalam Opsi Sleep, RAM masih mendapatkan pasokan listrik.

    Data Sistem yang disimpan dalam RAM akan langsung ditampilkan apabila User menggunakan Komputernya kembali.

    Kelebihan: Proses cepat dalam menghidupkan Komputer kembali, cukup menekan sembarang tombol Keyboard atau menggeser Mouse. Sistem yang berjalan sebelumnya langsung bisa ditampilkan, misal terakhir kita membuka Corel Draw, maka aplikasi tersebut akan langsung ditampilkan tanpa harus membuka dari awal, termasuk Projek terakhir juga tidak hilang meskipun belum disimpan/Save.

    Kekurangan: Komputer tidak beristirahat secara total terutama RAM, masih membutuhkan daya listrik meskipun relatif kecil. RAM bisa cepat rusak, karena dalam Opsi Sleep ram benar-benar masih berjalan, jika setiap hari Komputer hanya di Sleep, maka sama saja RAM berkerja setiap hari.

  3. Restart

    Restart adalah perintah untuk menjalankan ulang Sistem. Sistem yang sebelumnya sedang berjalan akan dihentikan semua dan akan dijalankan kembali dari awal, dengan cara memutus pasokan listrik sementara.

    Perintah ini biasa digunakan apabila Sistem terjadi masalah atau yang sering terjadi Aplikasi Not Responding. Karena Sistem Komputer terdiri dari banyak Data atau File yang dijalankan bersamaan, apabila terjadi salah satu Data gagal dijalankan maka akan berdampak ke semuanya, sistem tidak bekerja dengan semestinya.

    Dengan Merestart Komputer diharapkan Sistem akan kembali berfungsi sebagai mestinya, karena data-data atau File yang gagal dijalankan akan dijalankan ulang.

    Tetapi  jika masalah yang disebabkan akibat salah satu Data atau File ada yang hilang karena Virus atau sesuatu yang lain, Restart tidak begitu berpengaruh.   

    Kelebihan: Dapat memperbaiki Sistem yang tidak bekerja dengan semestinya, akibat ada Data atau File yang gagal dijalankan.

    Kekurangan: Memulai dari awal. Harus menunggu proses Booting, apalagi jika masih menggunakan media penyimpanan Harddisk tipe HDD, maka akan menunggu lumayan lama. Apa itu Harddisk HDD baca selengkapnya: Melihat Perbedaan Harddisk SSD Dan HDD.

  4. Hibernate

    Ini adalah Opsi Menu Power yang tidak muncul pada pengaturan Default Komputer. Kemungkinan hanya bagi yang berkecimpung lebih dalam ke dunia Komputer yang paham. Namun dengan adanya artikel ini kami berharap setelah ini bisa tahu hehehhe.

    Hibernate bisa dikatakan merupakan gabungan dari Shutdown dan Sleep.  Komputer dalam keadaan istirahat total, tidak ada komponen yang dialiri listrik. Namun saat menghidupkan kembali tidak harus mengulangi dari awal seperti Shutdown.

    Itu dikarenakan Data Sistem yang sebelumnya dijalankan akan disimpan sementara dalam Harddisk. Sehingga ketika Komputer dinyalakan, akan langsung ditampilkan, mirip seperti kerja Opsi Sleep.

    Berbeda dengan RAM, Harddisk tidak membutuhkan daya listrik untuk menyimpan data, itulah mengapa Komputer bisa Istirahat Secara total.

    Kelebihan: Komputer bisa istirahat secara total seperti di Shutdown dan tidak perlu menjalankan Sistem dari awal, sama seperti di Sleep.

    Kekurangan: Membutuhkan ruang penyimpanan Harddisk yang besar untuk menyimpan data sementara, bisa ber Giga-Giga Byte. Jadi pastikan Partisi Sistem atau C kalian masih memiliki ruang kosong yang banyak, jika ingin menggunakan opsi ini.

    NB: Untuk memunculkan Opsi Hibernate bisa melakukan langkah berikut ini:
    -Buka Control Panel, lalu pilih System and Security, kemudian Power Options

    Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer

    -klik Choose what closing the lid does

    Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer

    -Klik Change settings that are currently unavailable

    Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer

    -Beri ceklist pada pilihan Hibernate

    Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer

    -Klik Save Changes

Kapan waktu yang tepat menggunakan Opsi-Opsi Menu Power ini?

  • Shutdown

    Jika kalian berencana tidak akan menggunakan Komputer dalam kurun waktu lama, sebaiknya di Shutdown. Seperti mau tidur atau akan bepergian, karena akan memberi waktu Komputer untuk beristirahat. Dan jangan lupa cabut kabel listrik dari Stop Kontak, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Sleep

    Kalau hanya ingin pergi sebentar seperti makan atau keluar untuk membeli sesuatu, Opsi Sleep cocok digunakan. Dari pada komputer hidup terus bisa di Sleep untuk menghemat listrik.

  • Restart

    Tentu saja ini digunakan ketika Komputer Hang atau macet, namun bukan berarti Restart solusi dari semua masalah Komputer ya, karena bisa saja masalah muncul dari Hardware atau yang lainnya.

  • Hibernate

    Nah jika ingin Komputer beristirahat secara total dan tidak ingin mengulangi dari awal ketika dihidupkan, gunakanlah opsi Hibernate. Namun pastikan dulu Space Partisi C kalian longgar atau masih tersisa banyak.
Itulah pengertian dan fungsi Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer, yang bisa dijadikan untuk menambah pengetahuan, semoga membantu dan terima kasih atas kunjungannya.
Tarmuji
Tarmuji Aktif di depan Komputer dan suka Kopi.

Post a Comment for "Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer"