Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot Di Laptop Atau PC Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Screenshot Di Laptop Atau PC

Screenshot merupakan aktifitas yang sering dilakukan bagi pengguna komputer maupun ponsel, namun yang akan dibahas disini pada laptop atau PC.

Pekerjaan yang sering melakukan Screenshot adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pembuatan Dokumen. Tapi tidak hanya itu saja, kadang dalam semua hal juga sering melakukan Tangkap gambar atau Screenshot.

Apakah teman-teman sudah bisa melakukannya? Jika belum maka harus belajar bagaimana cara melakukannya, sebab Screenshot sangat dibutuhkan. Hanya untuk sekedar Dokumentasi sendiri atau mungkin untuk sesuatu yang lain, yang tentunya membutuhkan hasil tangkapan gambar ini.

Pengertian Screenshot

Cuplikan layar atau tangkapan layar (bahasa Inggris: screenshot, screen capture, atau screen dump) adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau peranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang ditangkap oleh sistem operasi inang atau perangkat lunak yang dijalankan pada komputer, walaupun dapat pula dihasilkan oleh kamera atau peranti yang menangkap keluaran video dari komputer. Cuplikan layar dapat digunakan untuk mendemonstrasikan suatu program, suatu masalah yang dihadapi, atau secara umum sewaktu keluaran komputer perlu ditunjukkan pada orang lain atau diarsipkan. -Wikipedia Bahasa Indonesia

Baca Jiga: Cara Menghapus File Di Laptop Secara Permanen Maupun Sementara

Kegunaan Screenshot

Screenshot berfungsi untuk menangkap gambar atau tampilan layar pada sebuah perangkat Komputer maupun Ponsel, guna dijadikan Dokumentasi Pribadi atau mungkin untuk diberitahukan kepada orang lain sebagai bukti.

Dalam contoh kasus, suatu ketika mungkin kita pernah melihat sesuatu yang menarik di Internet, untuk memberi tahu kepada orang lain atau disimpan sendiri bisa melakukan Screenshot. 

Dalam contoh lain mungkin kita sedang membuat laporan di tempat kerja, yang harus menyertakan bukti gambar. Dimana laporan tersebut akan di periksa oleh atasan. Tentu kita harus melakukan Screenshot.

Cara Melakukan Tangkap Layar Atau Screenshot:

1. Lewat Fitur Bawaan

Karena Screenshot adalah sesuatu yang penting, pada setiap Perangkat Komputer maupun Smartphone pasti ada fitur ini yang telah disediakan oleh pihak Pengembang. Kita bisa menggunakan Fitur ini secara langsung.

Ada dua cara untuk melakukan Screenshot lewat fitur bawaan, yaitu:

Cara 1: 

  • Siapkan tampilan di layar yang akan di Screenshot
  • Tekan tombol Screenshot (prt scr) di Keyboard
  • Buka lembar kerja dimana bisa untuk menempatkan gambar, seperti Paint, Ms Word Corel Draw, Dan lain-lain
  • Kemudian Paste pada lembar kerja tersebut (bisa dengan menekan tombol CTRL + V)

    Cara Screenshot Di Laptop Atau PC

    Dalam contoh diatas menggunakan aplikasi Paint

  • Lalu kita bisa menyimpan ke Format yang diinginkan, dengan cara pilih Save As

    Cara Screenshot Di Laptop Atau PC

  • Selesai

Cara 2

Pada cara 1, layar yang ditangkap seluruhnya, sehingga jika kita mau mengambil hanya bagian tertentu harus melakukan pemotongan lewat Aplikasi lain. Namun pada cara 2 ini, kita bisa menyesuaikannya langkung. Berikut caranya: 
  • Siapkan Tampilan di layar yang akan di Screenshot
  • Tekan tombol Windows + Shift + S
  • Klik Kiri dan Tahan kemudian tarik menyesuaikan pada bagian yang diinginkan
  • Kemudian Klik pada Notifikasi yang muncul pada bagian Pojok Kanan Bawah Layar

    Cara Screenshot Di Laptop Atau PC

  • Selanjutnya akan masuk ke Snip & Sketch

    Cara Screenshot Di Laptop Atau PC

  • Simpan Gambar tersebut


2. Lewat Aplikasi Lightshot

Cara Screenshot Di Laptop Atau PC

Lewat fitur bawaan biasanya cukup repot, kita harus membuka Aplikasi lain. Jika ingin menyimpan dalam format Jpg atau PNG sedikit rumit, perlu melakukan sedikit trik.

Namun jika ingin mudah dan simple kita bisa menggunakan Aplikasi Screenshot dari pihak ketiga, yaitu Lightshot.

Aplikasi ini cukup Power Full untuk digunakan dalam aktivitas Screenshot. Mudah dan simple, bisa langsung menyimpan hasil tangkapan gambar ke Ekstensi Jpg maupun PNG. Bila ingin menggunakannya bisa mendownloadnya disini.

Atau kalian masih bingung bagai mana cara Instalnya bisa baca artikel berikut: Cara Install Lightshot (Aplikasi Screenshot Untuk Laptop Atau Pc)

Aplikasi Lightshot mendukung Sistem Operasi Windows dan Mac, OS yang palig banyak digunakan saat ini.

Lightshot sangat membantu dalam aktivitas tangkap gambar layar. Cocok bila digunakan bagi yang pekerjaannya membutuhkan gambar Screenshot dalam jumlah banyak. 

Apliaksi ini juga tidak membutuhkan RAM yang besar, jadi jika spesifikasi Device rendah tidak begitu mempengaruhi.

Cara menggunakan: Cukup tekan  tombol Screenshot (prt scr) di Keyboard, makan akan langsung bisa melakukan Screenshot, dan menyimpannya dalam Format yang diinginkan secara langsung.

Nah berikut fitur yang terdapat pada Aplikasi Lightshot: 

Cara Screenshot Di Laptop Atau PC

  1. Membuat coretan
  2. Membuat garis
  3. Membuat garis berpanah
  4. Membuat kotak
  5. Membuat block warna
  6. Memberi Teks
  7. Mengatur warna
  8. Undo
  9. Membatalkan Screenshot
  10. Menyimpan hasil capture 
  11. Mengcopy hasil capturePrint
  12. Menserch Hasil capture ke Google
  13. Menshare ke Medsos
  14. Menyimpan ke cloud Lightshot

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Gmail Di Android

Penutup

Itulah cara melakukan Screenshot di laptop atau PC. Saya rasa jika sedah mempelajarinya pasti tidak akan bingung lagi. Sebab caranya sangat mudah sekali.

Kita harus bisa melakukan Screenshot, karena dalam banyak hal sangat diperlukan, tidak hanya dalam masalah pekerjaan saja.

Selain itu dengan adanya hasil tangkap layar juga dapat membantu kita menjelaskan sesuatu dengan mudah dan memperkuat penjelasan. Sekian terima kasih dan semoga membantu. 


Post a Comment for "Cara Screenshot Di Laptop Atau PC Dengan Mudah Dan Cepat"