Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Buffering, Penyebab dan cara mengatasinya

Mengenal Apa Itu Buffering, Penyebab dan cara mengatasinya

Menonton Video menjadi hal yang paling sering dilakukan saat ini, entah untuk belajar sesuatu atau hanya ingin sebagai hiburan semata. Berbeda saat dulu, menonton Video saat ini kebanyakan dilakukan secara Online (Streaming). 

Menonton Video bisa dilakukan di banyak Platform, misalnya di Youtube, Media Sosial, dalam Website, dan masih banyak lagi. 

Tak jarang saat melakukan aktivitas Streaming itulah terjadi kendala atau Video mengalami macet. Loading Video macet itulah yang dinamakan Buffering. 

Buffering bisa disebabkan banyak hal, misalnya server Platform yang sedang Down, koneksi Internet tidak stabil, dan lain-lain sebagainya. 

Buffering kadang membuat sangat menjengkelkan jika terjadi sangat parah, karena kita harus menunggu lama untuk bisa memutar Video atau Audio yang akan kita tonton atau dengarkan. 

Mungkin kalian semua sudah tak asing dengan kata ini (Buffering), nah pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu Buffering dan apa saja penyebabnya. 

Baca juga: 14 Fungsi Tombol Shift Pada Keyboard Yang Jarang Diketahui

Apa yang dimaksud dengan Buffering?

Buffering adalah suatu kondisi dimana terjadi ketika internet sedang men-download konten di internet melalui sebuah aplikasi atau browser.

Buffering hanya terjadi pada proses video on demand yakni, dimana video yang kalian tonton tidak langsung di download ke dalam komputer atau Laptop, namun langsung dimainkan (biasa disebut Streaming), begitupun ketika kalian sedang mendengarkan musik secara online, ketika proses mengakses datanya terkendala koneksi yang tidak stabil, maka akan terjadi Buffering.

Buffering bisa terjadi diawal, pertengahan maupun di akhir Video atau Audio yang sedang jalankan secara Streaming.

Buffering dan Streaming terjadi dalam waktu yang bersamaan, misalnya kalian menonton sebuah Video pada Youtube (ini dinamakan Streaming), kemudian terjadi kendala karena koneksi Internet yang mengalami gangguan, sehingga terjadi delay atau Video macet (ini yang dinamakan Buffering)

Contoh Kalimat Yang Menggunakan Kata Buffering

Bagi sebagian orang pasti tidak asing dengan kata ini (Buffering), kata ini sudah sangat familiar di telinga orang-orang. 

Nah berikut contoh kalimat yang sering diucapkan pada kehidupan sehari hari mengenai Buffering:

1. Youtube mu kok buffering, apa sedang gangguan ya

2. Dari tadi Videonya Buffering terus, pake Internet apa sih kamu

Kenapa bisa Buffering?

Nah jika sebelumnya membahas pengertian Buffering, sekarang penyebab Buffering. Kenapa Buffering bisa terjadi? 

Secara garis besar atau secara umum, Buffering biasanya disebabkan karena koneksi Internet yang buruk, namun sebenarnya bukan hanya itu saja. Penyebab Buffering bisa karena hal lain, misalnya Server Platform yang digunakan sedang gangguan, atau mungkin bisa saja karena Browser yang digunakan terjadi penumpukan Cache

Selain itu Buffering bisa juga disebabkan karena RAM Device yang penuh. RAM Device yang penuh akan membuat Browser atau Aplikasi yang digunakan untuk memutar Video atau Audio secara Online menjadi lambat (berat), sehingga terjadi delay atau Buffering. 

Mengatasi Buffering 

Buffering sangat-sangatlah menjengkelkan jika terus-terusan terjadi, oleh karena itu kita harus segera mengatasi hal ini, agar kegiatan dalam menonton Video atau mendengarkan Audio secara Online bisa berjalan dengan lancar. 

1. Menggunakan Koneksi Internet yang Cepat 

Yah penyebab paling sering dari terjadinya Buffering adalah karena kecepatan Internet yang tidak stabil atau buruk, sehingga proses Download data menjadi terganggu alias lama.

Koneksi Internet yang buruk bisa disebabkan banyak hal, misalnya kualitas sinyal yang ditangkap buruk, atau mungkin saja malah Internet sedang terjadi gangguan. 

Jika hal tersebut terjadi, mungkin saja Video malah terhenti total dan tidak mau berjalan.

nah jika penyebab Buffering yang kalian alami karena masalah Koneksi Internet, maka solusinya adalah sebaiknya pastikan menggunakan jaringan Internet yang cepat dan stabil. 

2. Server Platform Sedang Mengalami Gangguan 

seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Buffering bisa juga disebabkan karena Server Platform terkait mengalami gangguan. 

Gangguan Server bisa karena ada kerusakan teknis, atau mungkin saja sedang ada kegiatan perawatan rutin (Maintenance)

Jika Server Platform yang mengalami gangguan, maka semua pengguna dipastikan juga akan mengalami hal yang sama. Contohnya Youtube, jika Server Youtube sedang ada masalah maka semua pengguna tentu tidak dapat memutar atau membuka Video dalam Youtube. 

Gangguan pada Server Platform, biasanya terjadi hanya sebentar saja (hanya beberapa menit). Sehingga jika hal ini terjadi, maka solusinya adalah menunggunya hingga Server kembali normal. 

3. Menurunkan Resolusi Video 

Menonton Video dengan Resolusi tinggi memiliki keuntungan tersendiri, yaitu gambar yang ditampilkan akan lebih jernih dan jelas, serta kualitas Audio yang dikeluarkan juga sangat baik.

Namun Resolusi Video yang tinggi juga dapat menyebabkan Buffering, hal ini dikarenakan data yang di Download juga sangatlah besar (tergantung Resolusi yang digunakan).

Jika kecepatan Internet tidak memadai, maka bisa saja Video menjadi Buffering saat ditonton. Atau bisa juga Device tidak support dengan Resolusi yang digunakan. 

Jika hal ini terjadi, maka menurunkan resolusi Video yang ditonton adalah solusinya.

Contohnya pada Youtube, ketika sedang memutar Video, pada sebelah pojok kanan bawah laman, terdapat sebuah Icon bergigi. Nah situlah terdapat pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur Resolusi Video yang sedang ditonton.  

4. RAM Masih Cukup 

RAM yang penuh dapat menimbulkan Buffering, hal ini karena Aplikasi atau Browser yang digunakan dalam menonton Video menjadi tersendat, maka Video yang sedang berjalan pun juga akan terpengaruh

Oleh sebab itu, agar saat Streaming tidak terjadi Buffering, maka pastikan RAM masih tersisa, setidaknya cukup untuk menjalankan Aplikasi atau Browser yang digunakan. 

5. Hapus Data Cache

Terakhir ada data cache. Ketika kalian membuka suatu platform dalam bentuk aplikasi untuk streaming video, secara otomatis platform tersebut akan menyimpan data cache.

Dalam kondisi tertentu, data cache ini ketika sudah menumpuk terlalu banyak, bisa membuat buffering jadi muncul sesekali pada video yang sedang diputar.

Hal ini dikarenakan aplikasi platform-nya yang jadi kurang stabil, sehingga mempengaruhi respon dari koneksi internet.

Selain itu, data Cache yang terus menumpuk juga dapat menyebabkan memori Device penuh. 

Oleh sebab itu, sebaiknya hapus data Cache secara berkala pada Device kalian. 

6. Download Video Terlebih Dahulu 

Cara yang terakhir, yang dapat dilakukan untuk mengatasi Buffering ketika Streaming Video atau Audio adalah dengan men-downloadnya terlebih dahulu, kemudian memutarnya secara Offline. 

Dengan cara ini tentu, Buffering akan dapat diatasi. Namun perlu diketahui juga bahwa dengan cara ini kita akan membutuhkan penyimpanan guna menyimpan Video yang sudah di Download tersebut. 

Baca juga: Letak Tombol Start di Laptop Windows

Itulah penjelasan mengenai apa itu Buffering, Penyebab Buffering dan cara mengatasi Buffering. Semoga setelah membaca artikel ini wawasan kalian akan bertambah dan tidak bingung lagi dengan istilah Buffering, yang pada umumnya sering dipakai dalam komunikasi sehari-hari. 

Sekian terima kasih dan semoga bermanfaat…………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Buffering, Penyebab dan cara mengatasinya"