Letak Tombol Start di Laptop Windows

 

Letak Tombol Start Pada Laptop Windows

Tombol Start pada Desktop Windows merupakan tombol yang sering digunakan atau dibuka, namun mungkin saja, kita tidak menyadari bahwa itu adalah tombol Start. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami ingin menjelaskan mengenai tombol Start.

Tombol Start menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah Desktop Windows, tombol ini telah ada mulai dari Windows 95, hingga Windows versi saat ini (terakhir), hanya saja tampilan dan beberapa fitur-nya yang berubah. 

Dengan meng-klik tombol Start, maka akan membuka Menu Start yang berisi daftar semua Software yang ada (ter-install) dalam sebuah Laptop atau komputer Windows. 

Sebenarnya dalam membuka aplikasi komputer bisa juga dilakukan melalui Windows Search, atau bisa juga melalui Shortcut yang ada pada halaman Desktop (halaman Homes).

Baca juga:  14 Fungsi Tombol Shift Pada Keyboard Yang Jarang Diketahui

Apa Itu Tombol Start?

Tombol Start adalah tombol yang digunakan untuk membuka menu Start pada sebuah Desktop Windows. Menu Start sendiri, merupakan menu yang berisi daftar aplikasi (Software) yang ada pada sebuah Laptop atau Komputer. 

Menu Start digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses atau membuka suatu Aplikasi yang ter-instal pada Komputer. Semua daftar aplikasi atau Software akan di tampilkan pada menu ini. 

Pada menu Start, daftar Aplikasi atau Software disusun secara rapi, sesuai abjad, sehingga akan lebih praktis dan mudah dalam pencarian. 

Menu Start telah menjadi bagian dari sistem operasi Windows yang tak terpisahkan. Mulai dari Windows 95 hingga sekarang, menu ini masih di gunakan dan dikembangkan.

Letak Tombol Start di Laptop Windows

Letak tombol Start pada Windows adalah di bagian pojok kiri bawah laman yang berupa icon logo Windows. 

Pada versi Windows terbaru, yaitu Windows 11. Letak tombol Start letaknya di bagian tengah. Namun pada Windows 11, letak tombol Start dapat dirubah ke bagian pojok kiri bawah, seperti pada Versi Windows sebelumnya.

Hal tersebut mungkin untuk mempermudah para pengguna yang sudah terbiasa dengan letak tombol start pada bagian kiri laman Desktop.

Bagaimana Cara Membuka Menu Start?

Untuk membuka menu Start sendiri, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya yang paling umum adalah melalui Taskbar. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya:

Cara 1 (Lewat Icon Windows Pada Taskbar)

Letak Tombol Start Pada Laptop Windows

Klik saja icon logo Windows yang berada pada bagian pojok kiri bawah halaman Desktop, maka menu Start akan secara otomatis terbuka. 

Selanjutnya kita dapat mencari daftar Aplikasi atau Software dengan cara scroll ke bawah.

Cara 2 (Lewat Tombol Windows Pada Keyboard)

Letak Tombol Start Pada Laptop Windows

Sumber: baguspedia.com

Sementara cara kedua dalam membuka menu Start, dapat dilakukan menggunakan sebuah tombol pada Keyboard. 

Caranya silahkan tekan saja tombol Windows pada Keyboard, maka menu Start akan langsung terbuka. 

Tombol Windows pada Keyboard, terletak pada bagian kiri pojok bawah keyboard, diantara tombol Ctrl dan Alt

Nah itulah penjelasan singkat mengenai letak tombol Start pad Laptop Windows. Melalui penjelasan diatas admin rasa kalian tidak akan bingung lagi dengan tombol yang satu ini. 

Baca juga: Pengertian Web Browser, Fungsi Web Browser dan Contohnya

Kesimpulan 

Tombol Start digunakan untuk membuka menu Start, dimana menu Strat merupakan menu yang berisi daftar aplikasi atau Software yang ada pada Desktop tersebut. 

Dengan tombol Star akan mempermudah ketika akan membuka Aplikasi yang diinginkan, karena daftar aplikasi tersusun dengan rapi dan sesuai abjad.

Sementara letak tombol start sendiri terletak pada bagian pojok kiri bawah halaman, berupa Icon logo Windows, yang dapat dibuka dengan cara mengklik-nya, atau bisa juga menekan tombol Windows pada Keyboard. 

Sekian dan semoga bermanfaat……

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url