Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Beberapa Cara Membuka Task Manager Di Windows

Cara Membuka Task Manager Di Windows

Membuka Task Manager pada Windows. Bagi yang suka otak-atik Komputer maupun Laptop pasti sudah tak asing lagi. Menu ini mulai di sertakan dari Versi Windows XP ke yang paling barus sekarang yaitu Windows 10. Tentu bagi yang sudah ahli membuka Task manager ini saya rasa tidak ada masalah. Banyak yang bisa dilakukan disitu.

Pengertian Task Manager

Task Manager adalah sebuah Aplikasi atau bisa juga disebut Fitur bawaan Windows yang digunakan untuk menampilkan semua Sistem yang sedang di jalankan. Aplikasi, Hardware, dan lain-lain, semuanya terpantau dengan jelas disitu. Lewat Task Manager kita bisa memantau dan Mengelola atau mengontrol Sistem Windows.

Cara membuka Task Manager:

  1. RUN

    Cara Membuka Task Manager Di Windows

    Perintah RUN pada sistem operasi windows berfungsi untuk mencari atau membuka suatu sistem yang berada pada windows, baik itu berupa program, aplikasi, file, folder, dll dengan sangat cepat. Run pada windows berfungsi untuk mencari dan membuka sistem yang ada pada windows, baik itu program, folder, file, web site, dan dapat juga digunakan untuk mengecek resource pada saat berinternet. Kotak dialog Run biasa digunakan untuk menjalankan atau untuk sekadar sebagai jalan singkat dalam mengaktifkan feature tertentu. -Wikipedia Bahasa Indonesia 

    Langkah-langkahnya:

    -Tekan tombol Windows + R pada Keyboard
    -Ketik “taskmgr” (tanpa tanda petik), pada kotak dialog RUN
    -Klik OK
    -Selesai

  2. Search

    Cara Membuka Task Manager Di Windows

    Search adalah Fitur pencarian yang digunakan untuk menemukan File, Aplikasi, ataupun Konfigurasi Komputer dengan cepat. Ini salah satu fitur yang cukup membantu. Jika kita menggunakan Hard Disk SSD, pencarian akan bisa lebih cepat lagi.

    Cara membuka Task Manager lewat Search:

    -Buka Search
    -Ketik “Task Manager” (tanpa tanda petik)
    -Pilih Task Manager
    -Selesai

  3. Task Bar

    Cara Membuka Task Manager Di Windows

    Task Bar adalah tampilan yang berupa persegi panjang, terletak di bagian bawah layar, befungsi untuk menampilkan Aplikasi yang sedang digunakan maupun Aplikasi-Aplikasi dasar Windows.

    Cara membuka Task Manager lewat Task Bar:

    -Klik kanan pada Task Bar
    -Pilih Task Manager
    -Selesai

  4. Command Prompt

    Cara Membuka Task Manager Di Windows

    Command Prompt (CMD) adalah sebuah baris perintah yang digunakan untuk mengakses ke Sistem operasi, bisa untuk membuka Aplikasi atau hal yang lainnya. CMD memiliki cakupan yang lebih luas, bahkan ada sebagian orang yang menggunakan  CMD untuk hal-hal yang melanggar.

    -Cara membuka Task Manager lewat CMD:

    -Buka Command Prompt (CMD)
    Cara buka CMD: Ketik "Command Prompt" pada kolom Search > pilih Command Prompt

    -Ketik “taskmgr” (tanpa tanda petik)
    -Tekan Enter
    -Selesai

  5. Start

    Cara Membuka Task Manager Di Windows

    Menu Start juga bisa digunakan untuk membuka Task Manager, caranya:

    -Buka Start (Klik logo Windows pada bagian pojok kiri bawah layar)
    -Cari dan Klik Windows System
    -Pilih Task Manager
    -Selesai

  6. CTRL + ALT + DELETE

    -Tekan CTRL + ALT + DELETE pada Keyboard secara bersamaan
    -Pilih Task Manager
    -Selesai

  7. CTRL + SHIFT + ESC

    -Tekan CTRL + SHIFT + ESC secara bersamaan pada Keyboard
    -Otomatis akan membuka Task Manager
    - Selesai


Yang bisa dilakukan lewat Task Manager

  • Memantau Sistem Yang Berjalan
Semua Sistem yang dijalankan dari Aplikasi, Service, Prosses, bahkan Hardware beserta performanya di tampilkan secara detail, seperti jumlah RAM yang terpakai, kinerja Prosesor, Kecepatan Wifi dan lain-lainnya. Sehingga bisa memantau Sistem dengan jelas.

  • Menghentikan Aplikasi Secara Paksa 
Ada beberapa Aplikasi yang meskipun sudah di tutup atau Close masih berjalan. Untuk menghentikan bisa dilakukan lewat Task Manager.
Atau mungkin ketika Aplikasi yang sedang mengalami Hang atau Not Responding. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan menghentikannya secara paksa lewat Task Manager.

Cara menghentikan Aplikasi Lewat Task Manager:
- Buka Task Manager
- Pilih Menu Processes
- Cara Aplikasi 
- Klik Kanan dan pilih End Task
- Selesai 

  • Menonaktifkan Aplikasi Startup
Aplikasi Startup adalah Aplikasi yang secara otomatis akan berjalan ketika Komputer pertama kali dihidupkan. Contoh Aplikasi tersebut seperti Microsoft One Drive, Skype, Internet Download Manager, dan masih banyak lagi.

Aplikasi-Aplikasi ini jika dibiarkan dan jumlahnya banyak bisa membuat RAM penuh dan menambah berat kinerja Prosesor, dan Komponen lainnya.
Sebaiknya Nonaktifkan Aplikasi yang jarang digunakan, agar kinerja komputer tidak terasa lemot. Karena jika itu terjadi tentu akan menggangu kinerja kita sendiri. Kita tidak ingin itu terjadi bukan.

Cara Menonaktifkan Startup:

- Buka Task Manager
- Pilih Menu Startup
- Cari Aplikasi 
- Klik kanan dan Pilih Enable
- Selesai

  • Mengecek Spesifikasi PC/Laptop
Karena Hardware atau perangkat keras terbaca dan ditampilkan secara detail, beserta dengan Performanya. Kita juga bisa mengecek Spesifikasi Device lewat Task Manager, bahkan disini akan lebih rinci dan lebih jelas dibandingkan lewat cara lain.
Dengan begitu kita bisa Memanage Sistem dengan baik, agar mendapatkan performa yang maksimal, sesuai dengan Spesifikasi PC/Laptop kita

Cara Mengecek Spesifikasi lewat Task Manager:
- Buka Task Manager
- Pilih Menu Performance 
- Selesai

Kesimpulan 

Task Manager adalah Fitur bawaan Windows yang digunakan untuk memantau Sistem yang berjalan, menghentikan aplikasi, menonaktifkan Startup, mengecek Spesifikasi, Dan lain-lain.
Dengan Task Manager kita dapat memanage atau mengelola Sistem dengan baik, untuk mendapatkan peforma yang maksimal.

Membuka Task Manager bisa dilakukan dengan beberapa cara dengan mudah dan Simple. Kita tinggal menggunakan salah satu cara yang menurut kita paling mudah. 

Itulah penjelasan mengenai cara membuka Task Manager pada windows. jika ada yang salah mohon maaf, sekian terima kasih dan semoga membantu.

Post a Comment for "Beberapa Cara Membuka Task Manager Di Windows"