Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

Apa kalian masih bingung bagaimana caranya mengatur kecerahan layar Laptop di Windows 10? Jika iya, tenang karena disini kami akan memberikan langkah-langkah untuk mengatur kecerahan Monitor agar sesuai dengan mata kita.

Setiap orang memiliki tingkat kecerahan Layar yang berbeda-beda saat menggunakan Laptop atau PC, bahkan pada Ponsel juga. Biasanya disesuaikan dengan cahaya di sekitar ruangan. Kecerahan yang tidak sesuai akan membuat si pengguna tersebut merasa tidak nyaman. Sehingga mengatur Kecerahan layar disini sangat penting dilakukan, agar tetap nyaman dalam penggunaan Device tersebut.

Namun juga perlu diperhatikan bahwa kecerahan Monitor yang terlalu terang juga tidak bagus untuk mata. Dampak yang biasa terjadi adalah mata cepat pedih, boros baterai, mat menjadi silau. Untuk itu sebaiknya di buat tidak terlalu terang maupun redup.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur Kecerahan Monitor (Layar), Khususnya pada Windows 10. Berikut cara-cara tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Menghapus History Di Laptop Windows 10

6 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Di Windows 10

A. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Melalui Windows Settings 

Windows Settings memiliki fungsi yang hampir sama dengan Control Panel. Menurut beberapa kabar bahwa Menu Control Panel di Windows 10 akan di hilangkan secara perlahan oleh pihak Microsoft dan di gantikan dengan Windows Settings. 

Untuk cara mengatur kecerahan layar Lewat Menu Settings, berikut caranya:

  1. Buka Windows Settings, dengan cara Klik Start lalu klik Logo Roda Bergigi diatas Logo Menu Power (Jika ingin Cepat bisa juga dengan menekan Tombol Windows + I secara bersamaan)

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

  2. Kemudian Pilih System 


    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

  3. Lalu Display 
  4. Terakhir pada Brightness and Color, atur kecerahan Layar sesuai yang diinginkan 

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

B. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Melalui Klik Kanan Mouse 

Klik Kanan pada Mouse juga dapat digunakan untuk mengatur kecerahan Layar, ini akan lebih cepat bila dibandingkan lewat Menu Settings. Nah berikut ini caranya:

  1. Klik Kanan pada Layar Utama (Home)
  2. Lalu pilih Display Settings

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

  3. Selanjutnya pada Brightness and Color, atur kecerahan Layar sesuai yang diinginkan

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

C. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Melalui Windows Mobility Center

Pada Menu ini kita bisa menggunakan untuk mengatur kecerahan Layar. Selain itu juga dapat mengatur Sound (Volume), Baterai, Monitor tambahan, Dll. 

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Kanan pada Start (Bisa juga dengan menekan tombol Windows + X secara bersamaan)
  2. Selanjutnya pilih Mobility Center

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

  3. Setelah Windows Mobility Center terbuka, silahkan Atur Kecerahan pada Display Brightness

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

D. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Melalui Manage Notifications

Manage Notifications merupakan Menu yang menampilkan Notifikasi yang muncul pada Windows. Namun selain itu Juga terdapat Shortcut (jalan pintas) Menu tertentu yang bisa digunakan, salah satunya Menu untuk mengatur kecerahan layar.

  1. Klik Manage Notifications yang terletak pada sebelah Kanan Ujung Taskbar

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

  2. Lalu Atur Kecerahan sesuai yang diinginkan

    Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10

E. Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Dengan Keyboard

Selain cara-cara diatas bisa juga menggunakan tombol Fn pada Keyboard. Dengan cara ini akan lebih cepat. Namun juga perlu diketahui bahwa setiap Laptop maupun Keyboard PC memiliki letak Tombol kecerahan yang berbeda-beda.

Tombol Kecerahan biasanya terletak diantara Tombol F1 sampai F12, tergantung merk Laptop atau Keyboard yang digunakan. Contohnya Laptop Merk Asus, dimana tombol kecerahan terletak pada F5 dan F6 (F5 = Untuk meredupkan dan F6 = Untuk Menerangkan kecerahan)

Jadi intinya kita sesuaikan saja dengan Merk atau Keyboard yang digunakan, untuk menggunkan tinggal tekan Fn + Tombol kecerahan secara bersamaan.

F. Melalui Pengaturan Monitor Langsung

Bagi yang menggunakan PC atau mungkin Laptop tapi dengan tambahan Monitor Eksternal, bisa langsung mengaturnya pada Pengaturan Monitor. 

Caranya tinggal cari Tombol yang berada pada belakang/samping/depan monitor (berbeda-beda letaknya, tergantung Merk Monitor yang digunakan), kemudian Atur Kecerahan sesuai yang diinginkan. 

Baca Juga: Cara Memperbesar Tulisan Di Laptop Windows 10

Itulah 6 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10, yang bisa kita lakukan dengan mudah. Mengatur Kecerahan Layar atau Monitor merupakan hal yang penting, sebab jika kecerahan tidak sesuai maka akan membuat kita tidak nyaman. Tentu hal tersebut bisa mempengaruhi Produktivitas kita.

Sementara pada Windows 7 juga memiliki cara yang hampir sama, kalian tinggal menyesuaikan saja yang paling cocok diantara cara-cara diatas. Namun cara yang bisa digunakan pada Sistem Operasi mana saja yaitu yang Melalui tombol FN dan Pengaturan monitor, sebab cara tersebut langsung bawaan dari Device. Sekian, terima kasih dan semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "6 Cara Mengatur Kecerahan Laptop Di Windows 10"

Berlangganan via Email