Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Email Dan Perkembangannya

Sejarah Email Dan Perkembangannya

Email mungkin sudah tak sing lagi di masyarakat Indonesia, namun sudah tahu kah kalian bagaimana Sejarah Email Dan Perkembangannya?

Pada zaman ini, hampir setiap orang memiliki Akun Email. Hal tersebut sangatlah wajar, karena Email telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Misalnya saja penggunaan Hp Android, dimana setiap pengguna di wajibkan memiliki atau menggunakan setidaknya satu Akun Email yang terhubung dalam Handphone Android tersebut. 

Selain itu, dalam aktivitas lainnya seperti pekerjaan sering atau bisa digunakan untuk berkomunikasi, khususnya berkirim File atau data. Bahkan dalam melamar pekerjaan pun sekarang kebanyakan diharuskan melalui Email.  

Hingga saat ini telah banyak Penyedia layanan Email, yang dapat digunakan secara gratis ataupun yang berbayar, dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. 

Meskipun Email bukanlah sesuatu yang asing lagi, namun akan sangat menarik bila membahas mengenai sejarah Email dan bagaimana awal ditemukannya. Oleh sebab itu mari simak info selengkapnya. 

Baca juga: 2 Cara Membuat Email Baru di Hp Yang Sudah Ada Emailnya

Pengertian Email 

Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail atau jika di artikan dalam bahasa Indonesia adalah Surat Elektronik.Email merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui laptop/komputer atau handphone yang memiliki akses ke internet. Pada umumnya mengirim surat biasa akan di kenakan biaya (Membeli Perangko) namun pada Surat Elektronik hanya dibutuhkan sambungan internet saja.

Sejarah Email Dan Perkembangannya

Sebenarnya Email sudah digunakan sebelum Internet digunakan secara luas. Cara kerja Email pada mulanya di ibarat seperti meninggalkan sebuah pesan pada meja orang lain, atau yang kini dikenal File Directory. Pengguna Komputer hanya meletakkan pesan di User komputer lain.

Tetapi pada saat itu, penggunaan Email hanya dapat digunakan atau dikirim pada komputer yang berada pada satu jaringan saja, atau biasa sering disebut LAN (Local Area Network)

Kemudian pada Tahun 1997, Roy Tomlinson berhasil mengembangkan Email dan menggunakan simbol @ (at) sebagai penghubung Email. Sejak itulah, penggunaan Email menjadi nama_pengguna@nama-komputer.

Selanjutnya pada tahun 19975 John Vital, berhasil menemukan Software untuk pengaturan Email, yang kemudian Email menjadi populer dan memenuhi lalulintas Internet hingga 75% pada saat itu. 

Seiring berjalannya waktu, Email terus dikembangkan dan mulai mengadopsi Fitur-fitur yang lebih rapi. Misalnya saja Email komersial yang dikembangkan pada tahun 1998 oleh Steve Dorner. Namun Email tersebut pada saat itu merupakan Email berbayar yang bila ingin menggunakannya, pengguna harus membayarnya per menit.

pada tahun 1991, bersama dengan penemuan World Wide Web oleh Tim Berners-Lee, email mulai tersedia secara gratis dengan antar muka web yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan Email. Email tersebut seperti Yahoo dan Hotmail.

Hingga saat ini Email telah berkembang dengan pesat, dimana email telah banyak memiliki fitur-fitur yang keren dalam penggunaannya. Selain itu juga banyak penyedia layanan Email yang dapat digunakan secara Gratis oleh para pengguna. Misalnya saja layanan Email: Gmail, Yahoo, iCloud, Outlook, Yandex, Zoho mail dan masih banyak lagi. 

Pada zaman Modern ini, penggunaan Email telah meluas ke banyak hal, misalnya saja penggunaan Media Sosial (saat mendaftar akan membutuhkan atau menggunakan Email), penggunaan Hp (dalam menggunakan Hp Android, pengguna harus menggunakan setidaknya satu akun Gmail), dalam pekerjaan, dan lain sebagainya.

Meskipun Email dinilai memiliki banyak kelebihan, namun saat ini Email mulai tergeser dengan Aplikasi-Aplikasi Chatting yang lebih Real-time, seperti WhatsApp, Messenger, Skype, Telegrap, dan lain sebagainya. 

Manfaat Email 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Email saat ini mulai tergeser dengan Aplikasi-Aplikasi Chatting, namun Email masih memiliki fungsi atau manfaat yang tidak bisa digantikan begitu saja. 

Berikut beberapa manfaat dalam penggunaan Email: 

1. Mengirim dan Menerima Pesan 

Fungsi utama Email memang tak lain untuk melakukan berkirim pesan. Dengan adanya Email kita dapat mengirim sebuah pesan kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun. 

Pesan yang kita kirim akan langsung dikirim dan sampai dalam hitungan detik. Mengenai waktu lama balasan pesan yang kita kirim, itu tergantung dari si penerima itu membalas. 

Tak hanya itu, dalam mengirim pesan lewat Email kita juga dapat menyertakan (melampirkan) sebuah file, misalnya foto, video, dokumen, atau jenis file lainnya. 

Tentu hal tersebut sangat berguna sekali bagi kita, terutama dalam pekerjaan. Yang biasanya sering sekali melakukan atau berkirim file. 

2. Alat untuk Mendaftar Media Sosial 

Jika kita ingin bergabung ke jejaring Media Sosial (Membuat Akun Media Sosial), maka harus menggunakan Email yang aktif sebagai Syarat pendaftaran. 

Email yang kita gunakan untuk mendaftar tersebut akan digunakan untuk mengirim kode verifikasi dan untuk Login akun Media Sosial yang kita daftar.

3. Untuk Mendaftar Akun Marketplace 

Nah manfaat email yang selanjutnya hampir mirip dengan manfaat sebelumnya, bedanya hanya Platform yang digunakan saja. 

Saat mendaftar sebuah Marketplace, tentu alamat Email sangat dibutuhkan, sebab dalam pembuatan Akun di haruskan menggunakan Email. 

Sama seperti pada Media Sosial, Email akan digunakan untuk mengirim kode Verifikasi dan digunakan untuk Login. Meskipun bisanya juga harus menyertakan sebuah nomer Telephone yang aktif.

4. Sebagai Alamat di Dunia Maya 

Email juga dapat berfungsi seperti halnya alamat rumah. Dengan Email orang lain akan lebih mudah dalam mencari atau menghubungi kita melalui alamat Email yang telah kita berikan. 

Dengan kata lain, Email bisa menjadi sebuah Identitas seperti halnya KTP, Paspor.  

Jika kita perhatikan, tak hanya pada pembuatan akun Media sosial dan Marketplace saja yang menggunakan Email, tapi hampir di setiap pembuatan suatu Akun, pasti harus menyertakan atau menggunakan alamat Email. 

5. Dalam Penggunaan Smartphone 

Yah kalian pasti sudah paham untuk manfaat yang satu ini. Dalam penggunaan Smartphone kita diwajibkan menggunakan Email. 

Email yang digunakan bisanya Email Gmail (Google Mail), jika kalian tidak memiliki maka kalian diwajibkan membuatnya terlebih dahulu. 

Contoh Email

Saat ini banyak para penyedia layanan Email yang dapat digunakan secara gratis, dengan berbagai fitur yang keren. 

Nah dibawah ini merupakan beberapa layanan Email yang paling umum digunakan oleh masyarakat untuk keperluan pribadi maupun bisnis. 

1. Gmail (@gmail.com)

Sejarah Email Dan Perkembangannya

Gmail merupakan singkatan dari Google Mail. Email ini merupakan layanan Email yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya para pengguna Android. 

Gmail sendiri adalah sebuah layanan Email yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. 

Banyak sekali fitur-fitur yang dimiliki oleh Gmail, misalnya saja Email ini terintegrasi dengan Youtube, Google Play Store, Google Drive, Google Chrome, dan lainnya.

Sehingga kita dapat menikmati layanan dari Google hanya dengan satu akun Email saja. 

2. Yahoo (@yahoo) 

Sejarah Email Dan Perkembangannya

Email yahoo pernah menjadi layanan Email terbesar dan memiliki pengguna paling banyak pada era 1990an. 

Meskipun kini, pengguna Yahoo tidak sebanyak dulu, namun Yahoo masih menjadi layanan Email berkualitas yang layak untuk di coba. 

3. Email Microsoft (Outlook) 

Sejarah Email Dan Perkembangannya

Tak mau kalah, Microsoft juga mengeluarkan atau menyediakan sebuah layanan Email yang bernama Microsoft Outlook. 

Seperti Gmail dan Yahoo, Outlook juga sebuah layanan Email yang dapat digunakan secara Cuma-Cuma alias gratis. 

Baca juga: 11 Cara Cek Alamat Email Saya di Laptop dan Hp Android

Itulah ulasan mengenai sejarah Email dan perkembangannya, yang semoga saja dapat sedikit menambah wawasan kita semua. 

Tak hanya untuk berkirim pesan saja, Email telah meluas dalam penggunaannya. Meskipun Email mulai tergeser dengan kehadiran Aplikasi-Aplikasi Chatting, namun Fungsi Email tak mudah begitu saja di gantikan.

Mengingat Email telah mencakup banyak hal dalam penggunaannya, menjaga akun Email kita sangat-sangat penting dan wajib dilakukan. 

Hal tersebut dilakukan agar Akun Email kita tidak diambil oleh orang yang tak bertanggung jawab. Jika hal tersebut tejadi, tentu hal tersebut bisa berdampak sesuatu yang buruk bagi kita selaku pemilik akun. 

Sekian, terima kasih dan semoga membantu………………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Sejarah Email Dan Perkembangannya"