Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek HP Android Support OTG Tanpa Aplikasi

Cara Cek HP Android Support OTG  Tanpa Aplikasi

Mungkin kalian berencana untuk menghubungkan Hp android kalian dengan perangkat eksternal, seperti Flashdisk, Keyboard, joystick game, Mouse dan lain-lain sebagainya. 

Untuk menggunakan perangkat eksternal tersebut tentunya Hp Android yang digunakan harus sudah support OTG (On The Go). 

On The Go (OTG) merupakan fitur tambahan pada sebuah Smartphone yang fungsinya digunakan untuk menghubungkan perangkat tambahan (perangkat eksternal), seperti keyboard, mouse, dan lain sebagainya. 

Smartphone yang sudah support OTG memiliki kernel yang lebih tinggi, dimana kernel tersebut berguna sebagai 'jembatan' untuk mengenalkan peripheral maupun memberi akses terhadap perangkat lain supaya dapat berinteraksi dengan sistem di ponsel. Jadi tidak semua ponsel yang mahal sudah pasti support  OTG, versi kernel juga berpengaruh terhadap proses IO (input-output) yang ada di smartphone.

Tidak Semua Merk Hp Mendukung Fitur OTG (On The Go)

Tidak semua merk ponsel Smartphone mendukung fitur OTG (On The Go). Nah sebelum menggunakan atau bahkan membeli perangkat eksternal yang akan di-pasangkan di Hp Android kalian, alangkah lebih baik jika mengecek terlebih dahulu apakah Smartphone yang kalian gunakan sudah support OTG atau belum. 

Di jaman sekarang ini sepertinya fitur OTG cukuplah penting, karena dapat membantu dalam aktivitas atau pekerjaan pengguna, misalnya saja  seperti dalam penggunaan Flashdisk, dimana  untuk memindahkan file tidak perlu komputer atau laptop, cukup lewat sebuah Smartphone saja.

Baca juga: 2 Cara Melihat Sisa Memori di Hp Android

Cara Cek HP Android Support OTG Atau Belum

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengecek Hp Android apakah sudah support OTG atau belum. Cara yang dilakukan bisa tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. 

1. Tanpa Aplikasi 

Cara pertama yang dapat dilakukan tanpa aplikasi. Silakan kunjungi situs www.gsmarena.com, lalu cari merk Hp yang sesuai dengan Hp kalian. 

Untuk lebih jelasnya, berikut caranya: 

  • Buka Browser
    Silakan buka Browser kesayangan kalian. Kemudian masalah perangkat yang digunakan bisa menggunakan Smartphone atau Desktop. Dalam contoh disini saya menggunakan Desktop.

  • Kunjungi Situs www.gsmarena.com

  • Selanjutnya Cari Merk Hp Yang Digunakan Lewat Kolom Pencarian

    Cara Cek HP Android Support OTG  Tanpa Aplikasi Lewat Situs gsmarena.com

    Cari merk ponsel yang kalian gunakan lewat pencarian. Jika sudah ketemu maka silakan langsung pilih atau Klik saja.

  • Cek Fitur OTG (On The Go)

    Cara Cek HP Android Support OTG  Tanpa Aplikasi Lewat Situs gsmarena.com

    Jika sudah masuk pada daftar spesifikasi Ponsel yang dipilih, maka silakan cari pada bagian COMMS (Koneksi), lalu cek pada USB.

    Jika pada bagian USB terdapat tulisan On-The-Go, itu artinya Ponsel sudah support OTG. Sementara jika tidak ada maka belum support.

  • Selesai 

2. Lewat Aplikasi OTG Checker 

Cara yang selanjutnya atau yang kedua lewat aplikasi OTG Checker. Jika ingin mengetahui secara akurat sebaiknya menggunakan aplikasi, sebab nanti akan langsung mengecek pada ponsel yang kalian gunakan. 

Berikut caranya: 

  • Install Aplikasi OTG Checker Lewat Play Store

    Cara Cek HP Android Support OTG  Tanpa Aplikasi Lewat Aplikasi

    Aplikasi OTG Checker sudah tersedia pada Google Play Store dan dapat digunakan secara gratis. Silahkan Install aplikasi tersebut seperti biasa.

  • Buka OTG Checker
    Jika aplikasi OTG Checker sudah berhasil di-install, selanjutnya silahkan buka atau jalankan.

  • Cek Support OTG (On The Go) Atau Belum

    Cara Cek HP Android Support OTG  Tanpa Aplikasi Lewat Aplikasi

    Jika Smartphone yang kalian sudah support OTG, maka dapat dilihat dengan adanya tulisan Android Compatible USB OTG.

  • Selesai

Pentingkah Fitur OTG Pada Sebuah HP

Fungsi utama fitur OTG adalah untuk menghubungkan perangkat tambahan pada ponsel. Jika ditanya apakah fitur ini penting atau tidak pada Smartphone, maka jawabannya tergantung dari pengguna masing-masing. 

Dikatakan penting jika saja pengguna dalam pemakaian Smartphone ingin menambahkan perangkat eksternal demi menunjang aktivitas yang dilakukannya. 

Misalnya saja pengguna ingin menambahkan Joystick yang digunakan untuk bermain Game kesukaannya pada ponsel. Atau yang paling sering terjadi ialah Smartphone digunakan untuk transfer data pada Flashdisk. 

Sementara dikatakan tidak penting jika saja pengguna tidak melakukan hal-hal yang sudah disebutkan diatas. Pengguna hanya menggunakan Smartphone seperti pada umumnya.

Namun jika berencana ingin membeli sebuah Smartphone baru, alangkah lebih baiknya memilih Smartphone yang sudah support OTG (On The Go), walaupun sebenarnya tidak membutuhkan fitur tersebut. 

Kenapa demikian, hanya untuk berjaga-jaga saja, siapa tahu suatu saat membutuhkan fitur OTG (On The Go) pada ponsel. Jika hal tersebut terjadi maka pengguna tidak perlu khawatir lagi. 

Baca juga: Kenapa Charger Hp Android Lama Mengisi?

Nah itulah tadi tutorial singkat mengenai bagaimana cara cek hp android support OTG  tanpa aplikasi, yang ternyata dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. 

Ketika mempraktikkannya saya rasa kalian tidak akan menemui permasalahan yang begitu serius. Silakan ikuti langkah-langkahnya dengan urut dan benar pasti bisa.

Sekian dan semoga membantu………..

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Cek HP Android Support OTG Tanpa Aplikasi"