Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Melihat Sisa Memori di Hp Android

Cara Melihat Sisa Memori di Hp Android

Memori atau penyimpanan pada sebuah Hp merupakan komponen yang memiliki fungsi sangat penting. Agar dapat menggunakan ponsel dengan lancar maka perlu melakukan pemantauan kapasitas terpakai maupun yang tidak terpakai. Sudah tahukah kalian cara melihat sisa memori di Hp Android?.

Melihat kapasitas memori yang terpakai maupun yang tersisa sebenarnya sangatlah mudah, namun kita yang masih awam dalam dunia teknologi mungkin saja sedikit mengalami kendala. 

Setiap Ponsel biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda kecuali jika satu jenis merek dan tipe. Besar kecilnya memori HP tergantung spesifikasi dari Hp itu sendiri. Misalnya 16 GB, 32 GB, 64 GB dan kelipatan seterusnya. 

Ada dua jenis media penyimpanan Hp yaitu, penyimpanan internal dan eksternal. Namun ada juga Ponsel yang hanya memiliki penyimpanan internal saja. 

Penyimpanan internal Hp adalah penyimpanan yang sudah paten pada ponsel (bawaan pabrik), dimana sudah tidak bisa ditambah maupun dikurang. Penyimpanan ini sudah tertanam pada setiap sebuah Ponsel. 

Sementara penyimpanan eksternal adalah penyimpanan tambahan dari sebuah Hp, atau yang sering disebut memori Card (kartu SD). penyimpanan ini sifatnya tidak wajib, meskipun dalam Hp tidak ada juga tidak apa-apa. Namun sekali lagi jika tidak semua Hp mendukung penyimpanan eksternal. 

Baca juga: Kenapa Charger Hp Android Lama Mengisi?

Dampak Memori / Penyimpanan HP Penuh 

Media penyimpanan pada sebuah Hp memiliki fungsi yang sangat penting, dimana semua data akan tersimpan disana. Dampak jika sampai memori penuh ialah sebagai berikut:

1. Tidak Bisa Install Aplikasi Lagi 

Ketika akan melakukan install aplikasi lagi, jika media penyimpanan penuh maka hal tersebut tidak akan dapat dilakukan. Sebab membutuhkan space ruang kosong pada memori untuk menyimpan data-data aplikasi.

2. Tidak Bisa Menyimpan Foto dan Video 

Dampak yang selanjutnya jika memori penuh adalah tidak dapat menyimpan video ataupun foto ke dalam Hp. Video atau foto tersebut misalnya hasil download atau dari perangkat lain.

3. Tidak Bisa Melihat Pesan Gambar Maupun Video Pada Aplikasi WhatsApp

Nah ini juga merupakan dampak yang sangat mengganggu. Setiap pesan video atau foto dari WhatsApp tidak akan bisa dilihat/diputar jika penyimpanan ponsel penuh.

Hal tersebut karena untuk melihat pesan video atau foto pada aplikasi WhatsApp harus terlebih dahulu file di download dan disimpan pada Hp. Karena memori penuh tentu saja tidak dapat menyimpan.

Sebenarnya tidak hanya pada aplikasi WhatsApp saja, namun aplikasi Media Sosial lainnya juga akan mengalami hal yang sama. 

4. Tidak Bisa Menggunakan Kamera 

Penyimpanan yang penuh juga menyebabkan kamera ponsel tidak dapat mengambil foto dan video. Ini jelas sekali karena foto atau video yang diambil lewat kamera akan disimpan pada memori Hp. 

5.Selalu Muncul Notifikasi Yang Memberitahukan Bahwa Memori Penuh

Nah ini mungkin yang sering  terjadi atau muncul. Penyimpanan yang penuh biasanya akan sering muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa memori telah penuh. 

Notifikasi ini biasanya muncul tidak hanya ketika memori penuh, namun ketika penyimpanan tinggal sedikit juga sudah sering muncul. 

Menurut saya notifikasi ini sangat mengganggu jika tidak segera diatasi.

6. Dan Lain Sebagainya 


Cara Melihat Sisa Memori di HP Android 

Untuk dapat memantau media penyimpanan pada HP android yang kita gunakan, maka kita perlu melihatnya secara berkala. Sehingga jika memori penuh kita dapat melakukan tindakan yang lebih lanjut. 

Cara I (Lewat Pengaturan)

Cara pertama yang dapat dilakukan dalam melihat sisa pemakaian penyimpanan ialah lewat pengaturan pada ponsel. Disitu nanti akan terlihat jelas seperti besar kapasitas memori, jumlah tersisa, jumlah terpakai, dan rincian pemakaian. 

Berikut caranya: 

  1. Buka atau Pergi ke Pengaturan (Settings)  Ponsel  

  2. Cari dan Tekan Penyimpanan 

    Cara Melihat Sisa Memori di Hp Android

  3. Nah Akan Muncul Tampilan Berupa Rincian Penyimpanan Pada Hp Kita

    Cara Melihat Sisa Memori di Hp Android

    seperti pada gambar diatas, rincian tentang pemakaian ruang penyimpanan akan ditampilkan. Rincian tersebut berupa total kapasitas penyimpanan, kapasitas terpakai, dan rincian alokasi pemakaian memori.

    Dalam contoh diatas, kebetulan pada ponsel saya hanya menggunakan penyimpanan Internal saja. Namun jika Hp kalian terdapat memori eksternal (kartu SD), maka rincian-nya juga akan ditampilkan di bawahnya.

  4. Selesai 


Cara 2 (Lewat File Manager)

Cara yang selanjutnya atau yang kedua, bisa juga melalui aplikasi File Manager. File Manager sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola file. Setiap Smartphone biasanya aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan pabrik. 

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi File Manager Pada HP

  2. Scroll Ke Bawah Dan Lihat Rincian-nya

    Cara Melihat Sisa Memori di Hp Android Lewat File Manager

    Pada tampilan awal File Manager biasanya akan menampilkan rincian mengenai penggunaan media penyimpanan pada HP., seperti pada gambar diatas.

    Namun mungkin saja tampilan aplikasi File Manager setiap Hp berbeda-beda, tapi biasanya akan menampilkan rincian mengenai memori pada Hp kita

  3. Selesai 


Mengatasi Memori Hp Yang Penuh 

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, jika penyimpanan penuh akan mengakibatkan dampak yang fatal. Oleh sebab itu kita perlu mengatasi apabila ternyata memori pada Hp yang kita gunakan penuh. 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan: 

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terlalu Penting Atau Jarang Digunakan

Mungkin saja kita banyak menginstall aplikasi-aplikasi dalam ponsel. Nah jika memori penuh sebaiknya cari dan Uninstall aplikasi yang jarang digunakan untuk melonggarkan tempat penyimpanan. 

2. Backup File 

Cara yang selanjutnya dapat membackup atau memindahkan file-file yang tersimpan pada Hp ke tempat penyimpanan lain, misalnya ke dalam laptop/PC, ke hardisk eksternal, media penyimpanan online, dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, kita dapat mengatasi memori penuh tanpa harus menghapus file-file yang dirasa lumayan penting.

3.Tambah Memori Eksternal (Kartu SD)

Tidak semua Hp mendukung penambahan memori eksternal. Nah jika Hp kita mendukung, maka sebaiknya tambah memori eksternal (kartu SD). 

Di pasaran sendiri harga kartu SD juga cukup murah, dengan kapasitas yang lumayan besar. 

Namun sebelum membeli memori eksternal (Kartu SD), sebaiknya cek lebih dahulu berapa kapasitas maksimal memori eksternal  yang dapat ditambah pada Hp kalian. Sebab jika nanti di tambah dengan kartu SD yang kapasitasnya melebihi batas maksimal maka kartu SD tidak dapat digunakan. 

4. Bersihkan File Sampah 

membersihkan file sampah

File sampah yang terus dibiarkan akan terus menumpuk dan membuat penyimpanan menjadi penuh. 

File sampah tersebut biasanya berupa cache dari aplikasi-aplikasi yang kita gunakan.

Untuk membersihkan file sampah dapat menggunakan fitur pembersih yang ada pada file manager. Namun jika tidak ada mungkin bisa menggunakan aplikasi lain, seperti Clean Master, CCleaner, Phone Master, dan lain-lain. 

5. Hapus Pesan Foto dan Video 

Sekarang ini kita dapat mengirim foto dan video lewat aplikasi Media Sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Telegram, dan lain-lain. 

Semakin kita sering berkirim pesan foto atau video, maka semakin besar pula media penyimpanan yang digunakan, sebab untuk melihat pesan tersebut harus di download dan disimpan pada ponsel.

Oleh sebab itu sebaiknya hapus foto dan video yang telah tersimpan pada penyimpanan, guna menghindari memori penuh. 

Baca juga: 2 Cara Main Game Dinosaurus di Hp dan Laptop (Online/Offline)

Itulah tadi tutorial sederhana mengenai bagaiman cara melihat sisa memori di Hp android, yang tentunya dapat dilakukan atau dipraktekkan dengan sangat mudah. 

Dengan penjelasan ini saya berharap kalian tidak akan bingung lagi bila ingin melihat rincian kapasitas dan penggunaan media penyimpanan pada ponsel yang kalian gunakan.

Sekian dan semoga membantu…………

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for " 2 Cara Melihat Sisa Memori di Hp Android"