Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Charger Hp Android Lama Mengisi?

Kenapa Charger Hp Android Lama Mengisi?

Kenapa Charger Hp Android lama mengisi? Ada banyak penyebab kenapa proses pengisian daya baterai pada ponsel kita begitu lama, bahkan mungkin saja malah tidak bertambah hanya berhenti di presentasi tertentu saja.

Permasalahan dalam perangkat elektronik merupakan permasalahan yang sering terjadi dan dapat menimpa siapa saja dan kapan saja, mengingat perangkat elektronik merupakan perangkat yang lumayan sensitif. 

Masalah lamanya pengisian daya pada sebuah smartphone merupakan masalah yang lumayan rumit, hal ini disebabkan karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu memecahkan permasalahan ini kita perlu menganalisa dengan seksama pada komponen-komponen yang terkait pada Hp. 

Misalnya saja pengisian daya baterai Hp yang lama bisa disebabkan karena kepala Charger yang sudah melemah, kabel data yang sudah rusak, atau mungkin saja ponsel itu sendiri yang mengalami kerusakan. 

Untuk itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab kenapa Charge Hp Android lama mengisi, agar kita dapat mengetahui penyebabnya dan segera melakukan tindakan supaya ponsel dapat berjalan sebagai mana mestinya.  Simak ulasannya dibawah ini.

Baca juga: 4 Cara Mematikan Hp Baterai Tanam Saat Hang

Penyebab Charger Hp Android Lama Mengisi Dan Solusinya 

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel lama dalam proses pengisian daya baterai. Berikut faktor-faktor tersebut:

1. Kepala Charger Dan Kabel USB Tidak Mendukung 

Mungkin saja karena alasan tertentu kita menggunakan Charger dan Kabel lain (Bukan Charger dan Kabel bawaan Ponsel), jika Charger dan kabel yang digunakan tersebut spesifikasi-nya tidak mendukung maka yang terjadi adalah proses pengisian daya baterai menjadi lambat apalagi jika ditambah kapasitas baterai yang besar.

Misalnya, ponsel kita sudah mendukung Fast Charging namun Charger dan kabel yang kita gunakan tidak mendukung, maka fitur Fast Charging tidak akan berfungsi. 

Solusi: 

Jika kita menggunakan Charger dan kabel lain, sebaiknya gunakan yang spesifikasi-nya minimal sama dengan Charger dan kabel bawaan Hp. Agar daya yang dihasilkan sesuai dengan daya yang dapat diterima pada Hp.

Perlu diketahui juga, jika menggunakan spesifikasi Charger dan kabel USB lebih tinggi dari bawaan Hp, bukan berarti proses pengisian akan menjadi cepat juga. Sebab akan menyesuaikan dengan daya yang dapat di terima pada ponsel. 


2. Kepala Charger Rusak 

Salah satu komponen Charging Hp ada yang rusak maka akan mempengaruhi proses pengisian daya, salah satunya kepala Charger. 

Kepala Charger rusak merupakan hal umum dan sering terjadi, mengingat komponen ini merupakan komponen yang langsung terhubung dengan daya Listrik yang memiliki tegangan tinggi. 

Jika mengalami pengisian daya baterai yang lambat pada hp kalian, coba ganti dengan kepala Charger lain. Jika hasilnya normal berarti kepala Charger bermasalah. 

Namun saat mengetes dengan kepala Charger lain, pastikan juga bahwa spesifikasi-nya minimal sama dengan kepala Charger bawaan Smartphone, agar hasilnya sesuai.

Solusi:

Ganti atau perbaiki kepala Charger.


3. Kabel USB Rusak 

Hampir mirip dengan poin nomor dua, namun kali ini yang menjadi permasalahan pada kabel USB-nya. 

Kerusakan pada kabel USB merupakan faktor yang paling sering terjadi pada permasalahan proses lama Charging. Kabel USB sangat rawan kerusakan karena sering digerakkan dan tertekuk parah. Hal tersebut dapat membuat kabel di dalamnya menjadi bermasalah. 

Kabel Charger yang sering tertekuk akan membuat serat didalamnya terputus. Serat yang terputus biasanya tidak semuanya, sehingga ketika digunakan masih bisa namun prosesnya lama.

Untuk mengetes apakah kabel USB bermasalah, coba ganti dengan kabel USB lain yang memiliki spesifikasi minimal sama dengan bawaan Hp. Jika hasilnya normal maka berarti USB kalian yang pertama tadi bermasalah(Rusak).

Solusi:

Ganti atau perbaiki Kabel USB Charger.

Saran: Jika berminat untuk mengganti kabel USB Charger, sebaiknya gunakan kabel yang memiliki bahan kuat. Sebab komponen yang satu ini menjadi komponen yang paling sering terjadi kerusakan. 

Dari pengalaman pribadi kabel USB yang memiliki bahan biasa cepat rusak. Banyak Kabel USB berkualitas yang memiliki bahan kokoh dan kuat yang dijual dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau. 


4. Aplikasi Latar Belakang 

Selain karena faktor-faktor yang sudah dijelaskan diatas, ternyata penyebab pengisian daya baterai Hp lama juga bisa disebabkan karena adanya aplikasi tertentu yang berjalan di latar belakang. 

Maksud aplikasi berjalan di latar belakang ialah aplikasi yang tetap berjalan meskipun tidak sedang dibuka. Biasanya aplikasi seperti ini merupakan aplikasi yang Real Time, seperti aplikasi Media Sosial dan lain sebagainya.

Untuk mengecek apakah Hp kalian terdapat aplikasi yang berjalan di latar belakang, yang menyebabkan proses isi daya baterai menjadi lama, coba Charger Hp kalian dalam keadaan mati. 

Jika Hp di cas dalam keadaan mati dan ternyata prosesnya normal, maka bisa dipastikan penyebab lambatnya Charger karena adanya aplikasi latar belakang. 

Solusi: 

Sebelum ke langkah-langkah solusinya, sebaiknya kalian analisa dulu aplikasi mana yang kira-kira membuat proses pengisian daya menjadi lambat.

Yang jelas aplikasi tersebut biasanya bukan aplikasi bawaan Hp, melainkan aplikasi yang kalian install sendiri. 

Jika sudah maka bisa melakukan cara-cara di bawah ini:

a. Batasi Aplikasi Di Latar Belakang 

Cara yang pertama dalam mengatasi pengisian daya lama karena adanya aplikasi yang berjalan dilatar belakang, dapat dilakukan dengan membatasi aplikasi tersebut pada latar belakang. 

Dengan di batasi pada latar belakang, maka aplikasi jika tidak sedang dibuka maka tidak akan dijalankan. Jadi nantinya aplikasi akan berjalan jika sedang dibuka saja. 

Namun perlu diketahui, jika aplikasi dibatasi maka aplikasi tidak akan muncul notifikasi (jika ada). 

Cara membatasi aplikasi di latar belakang: 

  1. Tekan Dan Tahan Icon Aplikasi Pada Menu Utama

    Tekan dan tahan icon aplikasi yang kalian curigai menjadi penyebab lamanya proses pengisian daya, pada menu home (utama).

  2. Lalu Tekan Info Aplikasi (Tanda i Dalam Lingkaran)

    Hp Android Lama Mengisi

  3. Kemudian Tekan Lanjutan

    Hp Android Lama Mengisi

  4. Tekan Baterai

    Charger Hp Android Lama Mengisi?

  5. Tekan Pembatasan Background

    Charger Hp Android Lama Mengisi?

  6. Selanjutnya Tekan Batasi

    Charger Hp Android Lama Mengisi?

  7. Selesai

  8. Mungkin saja cara yang saya gunakan memiliki perbedaan tampilan dan tata letak dengan ponsel yang kalian gunakan, namun pada intinya kalian tinggal batasi aplikasi tersebut.   


b. Paksa Berhenti Aplikasi 

Jika cara pertama tidak berhasil, maka cara selanjutnya dapat juga dengan membuat aplikasi dipaksa berhenti. Dengan begitu aplikasi akan benar-benar tidak dijalankan. 

Setelah aplikasi berhenti kita dapat melakukan Charging dan saat proses charging jangan membuka atau menjalankan aplikasi tersebut. 

Cara menghentikan aplikasi dengan paksa: 

  1. Tekan Dan Tahan Icon Aplikasi Pada Menu Utama

    Tekan dan tahan icon aplikasi yang kalian curigai menjadi penyebab lamanya proses pengisian daya, pada menu home (utama).

  2. Lalu Tekan Info Aplikasi (Tanda i Dalam Lingkaran)

    Paksa Aplikasi Berhenti Agar Proses Charger Cepat

  3. Selanjutnya Tekan Paksa Berhenti

    Paksa Aplikasi Berhenti Agar Proses Charger Cepat

  4. Selesai

  5. Mungkin saja cara yang saya gunakan memiliki perbedaan tampilan dan tata letak dengan ponsel yang kalian gunakan, namun pada intinya kalian tinggal menghentikan aplikasi dengan paksa.


c. Uninstall Aplikasi 

Yaps ini mungkin langkah terakhir, jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil dalam mengatasi lama pengisian daya baterai hp yang disebabkan aplikasi layar belakang. 

Jika memang tidak ingin melakukan Uninstall aplikasi, mungkin bisa dengan cara mematikan ponsel saat dicas. Ini mungkin akan menjadi langkah terbaik jika benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut.  

Pengalaman Pribadi

Pada ponsel yang pernah saya gunakan juga pernah mengalami permasalahan yang serupa (Proses pengisian daya lama karena adanya aplikasi latar belakang).

Saat awal-awal penggunaan Hp, semua tampak berjalan normal. Namun seiring berjalannya waktu, tiba-tiba ponsel mengalami masalah pengisian daya baterai yang lama. 

Akan tetapi ketika di cas dalam keadaan mati, proses Charging berjalan dengan lancar. Setelah ditelusuri ternyata aplikasi Facebook penyebabnya. 

Aplikasi tersebut saya coba batasi pada Latar Belakang dan mencoba juga dengan menghentikan dengan paksa. Namun apk Facebook cukup bandel. 

Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan Uninstall dan hasilnya proses Charging berjalan lancar seperti semula.


5. HP Bermasalah 

Penyebab lain lamanya pengisian daya pada Hp android bisa juga karena memang Hp tersebut yang bermasalah. Biasanya IC Charger Ponsel mengalami kerusakan. 

IC Charger yang rusak akan mempengaruhi daya yang masuk kedalam baterai. 

Solusi:

Untuk masalah ini membutuhkan penanganan khusus yang dapat dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Jika memang kalian bukan ahli-nya, membawa ponsel ke tempat service mungkin langkah yang tepat.


6. Hp Cas Sambil Di Gunakan 

Untuk yang satu ini mungkin tidak perlu ditanyakan lagi. Mengecas Hp sambil menggunakannya tentunya akan membuat proses pengisian baterai menjadi lama. 

Hal tersebut karena daya yang masuk langsung di gunakan, apalagi jika digunakan sambil main Game. 

Sebaiknya jangan menggunakan Hp saat di cas, karena akan menyebabkan Ponsel cepat panas dan membuat cepat mengalami kerusakan.

Baca juga: 10 Faktor Atau Penyebab Baterai Hp Boros

Ada banyak penyebab kenapa Charger Hp android lama mengisi, misalnya kepala charger dan kabel tidak sesuai, Charger dan kabel mengalami kerusakan, Hp yang memang bermasalah, dan  lain sebagainya.

Jika kalian mengalami masalah ini pada ponsel kalian, mungkin bisa melakukan analisa seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Kemudian jika penyebabnya sudah di temukan, maka bisa langsung melakukan tindakan yang perlu dilakukan, agar ponsel dapat kembali berjalan sebagai mana mestinya.

Sekian dan semoga membantu………….

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for " Kenapa Charger Hp Android Lama Mengisi?"