Widget HTML #1

Telkomsel Rilis 5G Perdana di Indonesia

Telkomsel Rilis 5G Perdana di Indonesia
Sumber: pixabay.com

Telkomsel akhirnya telah resmi merilis layanan jaringan internet 5G atau generasi 5 perdana di Indonesia pada Kamis, (27/5). Ini merupakan hari bersejarah dalam teknologi internet di Tanah Air.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro menyatakan momen ini merupakan hal yang bersejarah karena ada babak baru lewat implementasi jaringan 5G di Indonesia.

"Hari ini hari yang sangat penting dan bersejarah, karena ada babak baru melalui implementasi 5G di Indonesia, dan Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang sediakan layanan 5G," ujar Setyanto saat peresmian layanan 5G di Jakarta, Kamis (27/5).

Baca juga: Huawei Telah Resmikan Harmony OS

Lebih lanjut ia menjelaskan upaya Telkomsel untuk masuk sebagai operator pertama yang menggelar layanan 5G secara komersial merupakan perjalananan panjang.

Ia menjelaskan uji coba layanan 5G di Indonesia sudah dilakukan sejak 2018 silam, bertepatan dengan ajang Sea Games. Setyanto menuturkan uji coba itu juga dilakukan di kawasan industri di Batam.

"Kami mencoba-mencoba 5G di kawasan industri Batam, dan ujungnya kami mengajukan Uji Laik Operasi(ULO), dan akhirnya kita dinyatakan layak," tuturnya.

Senada dengan Setyanto, Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate menuturkan hari ini merupakan tonggak bersejarah atas revolusi telekomunikasi di Indonesia.

"Hari yang bersejarah. Hari yang sangat khusus untuk telekomunikasi di Indonesia. Hari ini menandai satu lngkah baru revolusioner untuk menatap masa sepan telko dan digitalisasi di RI," ujar Jhonny dalam acara peresmian jaringan 5G, di The Telkom Hub, Jakarta, Kamis (27/5).

Lebih lanjut ia mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atas kepemimpinanya dapat mengembangkan telekomunikasi di Indonesia.

Surat Keterangan Laik Operasi untuk Telkomsel diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika pada 21 Mei 2021, sementara uji laik operasi (ULO) dilakukan pada 19-20 Mei.

Telkomsel memanfaatkan spektrum frekuensi radio di pita frekuensi 2,3GHz untuk menggelar layanan 5G.

Tahap awal, enam lokasi di Jabodetabek sudah disiapkan untuk 5G, antara lain perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera. Lokasi-lokasi tersebut merupakan kawasan elite di Jabodetabek.

Baca juga: 3 Fitur Baru WhatsApp Yang Sudah Di Konfirmasi Facebook

Kawasan Widya Chandra sendiri merupakan komplek perumahan elite yang dihuni para menteri dan pejabat-pejabat tinggi negara.

Selain di Jabodetabek, Telkomsel juga berencana menyediakan layanan 5G di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Source: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210527164027-213-647547/hari-bersejarah-telkomsel-rilis-5g-perdana-di-ri

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Telkomsel Rilis 5G Perdana di Indonesia"