Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

13 Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Pengguna Laptop sekarang ini dari tahun ke tahun semakin banyak. Itu tak lain karena meningkatnya aktivitas yang menggunakan perangkat ini, seperti Olah Data Teks, Gambar, Video, Jual beli Online, Berselancar di Internet dan masih banyak lagi.

Kalau hanya untuk Aktivitas seperti itu dengan Komputer juga bisa namun kenapa Laptop semakin Populer? Itu dikarenakan Laptop di desain minimalis, dengan kata lain Laptop mudah dibawa kemana-mana, tidak seperti Komputer.

Bagi yang suka bepergian pasti tidak mungkin menggunakan Komputer, karena akan kerepotan. Atau mungkin bagi yang suka mencari suasana baru saat bekerja, seperti mengerjakan tugas di Cafe, di halaman rumah sambil menikmati secangkir Kopi, atau dimana saja. Tentu Laptop akan selalu menjadi pilihan pertama.

Baca Juga: Laptop Dikasih Kipas Angin Untuk Nyala 24 Jam

Tidak seperti Komputer, Laptop tidak sekuat dan sebandel Komputer. Alasannya karena Desain yang minimalis (dibuat sekecil mungkin), banyak komponen digabung dalam satu wadah tertutup, sehingga panas yang dihasilkan susah keluar. Mengingat masalah utama pada alat Elektronik adalah Panas, itulah kenapa Laptop tak sekuat Komputer.

Kita perlu melakukan perawatan lebih agar Laptop awet dan tahan lama, hara Laptop kan lumayan mahal. Apakah kalian sudah merawatnya seperti merawat anak sendiri hehehhe, kaya iklan itu di Tv.

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama:

1. Gunakan Tas untuk Laptop

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Karena biasanya Laptop dibawa bepergian, alangkah baiknya bila menggunakan Tas Khusus Laptop. Ini bertujuan agar tidak terkena benturan, yang tentunya bisa melukai Laptop tersebut.

Banyak tas-tas yang dijual menyediakan tempat Khusus Laptop, terutama tas jenis Ransel. Jadi sebaiknya jika ingin membeli Tas cari yang ada tempat Khusus Laptopnya.

Sebenarnya setiap membeli Laptop baru kita mendapat Tasnya juga, namun kadang banyak yang jarang dipakai. Mungkin karena Modelnya banyak yang tidak begitu menyukai sihh,  biasanya model menyamping. 


2. Jangan Ditindih Benda Berat

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Sebaiknya jangan meletakkan sesuatu yang berat diatas Laptop, entah itu saat posisi dibuka atau ditutup. Sebab Casingnya tidak memilki kekuatan yang cukup untuk menahan beban berat, terutama pada bagian monitor.

Pada banyak kasus, Layar Laptop ngecap Keyboard. Ini terjadi karena Layar dan Keyboard menempel saat Laptop ditutup dan mendapat tekanan berat dari atas. Noda di Keyboard yang biasanya berasal dari tangan User menempel. Namun pada kasus yang parah, bukan karena kotoran melainkan monitornya yang rusak.


3. Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop


Memang dari awal Laptop tidak di Rekomendasikan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena semua komponen tertutup dengan Casing, panas yang dihasilkan tidak bisa dikeluarkan secara maksimal. Ini bisa menyebabkan Overheat dan membuat cepat rusak.

Alangkah baiknya, jika sudah tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja, untuk menambah panjang umur Laptop tersebut. Dan lebih baik lagi bisa menambahkan kipas Laptop Eksternal


4. Jangan Meletakkan Di Kasur Saat Digunakan

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Menggunakan Laptop sambil tiduran di kasur memang sangat menyenangkan, karena kalu duduk terus-menerus membuat badan pegal. 

Namun aktivitas tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan Laptop. Panas pada laptop akan tertahan di kasur serta tidak bisa melakukan sirkulasi udara. Jika ini terjadi dalam waktu lama, panas akan tak terkendali dan terjadilah Overheat.


5. Hindari Makan Dan Minum Di Dekat Laptop

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Kita harus benar-benar lebih berhati-hati dalam aktivitas ini di dekat Laptop. kalian sudah paham bukan, jika minuman atau makanan secara tak sengaja tumpah dan mengenai Laptop.

Akan menyebabkan arus pendek dan akibatnya sangat fatal. Kemungkinan besar akan ada komponen yang terbakar dan yah tentu saja rusak, tidak hanya rusak tapi pakek parah hehehehe.


6. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Kotoran yang sering menyelip pada Keyboard dan menumpuk bisa menyebabkan tombol tak berfungsi sebagai mana mestinya. Dengan rutin membersihkannya mungkin bisa meminimalisir hal tersebut.

Selain itu sebaiknya juga membersihkan pada bagian dalam Laptop dengan cara membongkarnya. Debu atau kotoran yang terhisap kipas akan mengendap pada kipas itu sendiri atau pada komponen lainnya. Yang tentunya jika ini dibiarkan akan menghambat kipas untuk mengeluarkan panas.

Jika kita tidak bisa atau tidak paham membongkar Laptop, sebaiknya jangan dilakukan, agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat merusak komponen. Bawa saja ke Tukang Servis terdekat, biar ditangani oleh orang yang sudah ahli, meskipun akan sedikit mengeluarkan biaya. Namun itu tidak masalah karena demi kebaikan kita sendiri.


7. Jangan Gunakan Main Game Berat

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Game yang berat akan memaksa Laptop bekerja berat juga. Panas yang dihasilkan juga makin cepat. Tidak seperti pada Komputer dimana pendinginnya banyak dan besar, serta memiliki ruang yang besar untuk sirkulasi udara.

Pada Laptop sebaliknya. Jika panas sudah mencapai ambang batas akan terjadi Overheat, dan itu sangat-sangat tidak bagus untuk Laptop.


8. Selalu Periksa Update Sistem Operasi

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Pihak pengembang Sistem Operasi memberikan Update, untuk memperbaiki Bug-Bug sebelumnya. Atau mungkin menambah Fitur baru. Ini akan sangat berguna supaya Performa Laptop makin Power Full.

Usahakan kalian selalu mengecek Updatenya. Namun biasanya sudah otomatis jika Laptop terhubung ke Internet. Namun seandainya Update Otomatis di Nonaktifkan, bisa diaktifkan dulu.


9. Pasang Antivirus Yang Bagus

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Virus yang masuk bisa merusak Sistem operasi, bahkan bisa juga menjalan ke komponen atau Hardware. Ini akan berakibat buruk bagi kita. 

Tak hanya memasang namun juga selalu mengupdatenya jika sudah tersedia dari pihak Developer. Ini bertujuan untuk memperbarui Antivirus jika muncul jenis virus baru.

Jika pada Windows cukup menggunakan Antivirus bawaan yaitu Windows Defender. Antivirus ini sudah cukup bagus, asalkan kita selalu mengupdatenya.


10. Jangan Browsing Dan Download Sembarangan

Hal ini untuk menghindari Website atau File Download berbahaya untuk Laptop, seperti ancaman Virus atau hal-hal lainnya. Untuk lebih jelas bisa membaca artikel berikut: Hindari Sembarang Download Di Internet Terutama Aplikasi


11. Selalu Pantau Suhu 

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Memantau Suhu bertujuan agar Laptop tidak Overheat, mengingat Desain laptop yang minimalis. Dengan memantau Suhu kita bisa mengetahui kapan Laptop harus di istirahatkan.

Untuk memantau suhu bisa dilakukan dengan cara berikut:

Menggunakan Aplikasi: Ada Aplikasi yang bisa digunakan, seperti HwMonitor, Open Hardware Monitor, SpeedFan, dan lain-lain. Aplikasi ini akan memberikan Info secara detail mengenai suhu pada Laptop.

Tanpa Apliaksi: Tapa Aplikasi bisa langsung dengan cara memegang Casing Laptop menggunakan tangan. Jika dirasa suhu panas terasa sekali di tangan sebaiknya segera di istirahatkan.


12. Jangan Sering di Sleep

Mungkin bagi sebagian pengguna Laptop sering kali hanya di Sleep saat sudah tidak digunakan. Memang Sleep memberi kemudahan, karena tidak perlu menjalankan Sistem dari awal.

Jika memang Laptop berencana tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, seperti akan pergi tidur atau yang lainnya, sebaiknya dimatikan dengan cara Shutdown.

Baca Juga: Fungsi Dan Pengertian Hibernate, Shutdown, Restart, Sleep Pada Komputer

13. Tidak Meletakkannya Di Lantai

Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Tidak meletakkannya di Lantai bertujuan agar Laptop terhindar dari kecelakaan seperti terinjak, buat mainan anak kecil, atau mungkin gangguan anak kecil, dan lain-lainnya.


Itulah beberapa tips untuk merawat laptop agar awet dan tahan lama serta tidak lemot. Semua ini kita lakukan demi kebaikan kita sendiri. Karena seandainya laptop rusak biayanya cukup mahal, apalagi bila harus ganti yang baru. Selain itu  Laptop rusak juga bisa membuat pekerjaan bisa terhambat, tentu ini bisa merugikan kita sendiri. Sekian terimakasih dan semoga membant


Post a Comment for "13 Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot"