Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Laptop Macet Alias Not Responding Dengan Tepat

Cara Mengatasi Laptop Macet

Laptop Macet Alias Not Responding biasa terjadi. Kondisi ini dimana Sistem berhenti dan tidak bisa dijalankan. Penyebabnya bisa dari beberapa hal dan kita pun dituntut harus bisa mengatasi masalah ini, agar tidak mengganggu pekerjaan, jika Laptop kita gunakan untuk bekerja.

Bagi yang sudah ahli atau yang sudah belajar lebih dalam di dunia Komputer, mungkin akan bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Namun pengguna yang masih awam, mungkin akan sedikit bingung bila masalah ini terjadi. 

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi Laptop macet alias Not Responding, sebaiknya kita bahas dulu penyebab masalah ini terjadi, agar lebih mudah kita menganalisa sumber masalahnya. 

Baca Juga: 3 Cara Melihat Kapasitas Hardisk Laptop Windows 10

Penyebab Laptop Macet Atau Not Responding

1. Terkena Virus

Virus yang masuk ke dalam Laptop akan merusak Sistem Komputer yang sedang berjalan. Biasa terjadi ada File sistem yang rusak bahkan hilang akibat ulah Virus ini. Selanjutnya yang terjadi Laptop akan macet atau hang.

2. Spesifikasi Rendah

Mungkin kita menggunakan Laptop dengan Spesifikasi yang kurang atau Low, sementara Sistem Operasi yang digunakan membutuhkan Spesifikasi lumayan tinggi. Tentu yang terjadi adalah sering mengalami macet atau Not Responding, karena Laptop bekerja di luar batas kemampuan.

3. Overheat

Suhu yang tinggi akan membuat Performa Laptop diturunkan secara otomatis guna mengontrol panas yang muncul. Hal tersebut akan membuat Laptop macet, bahkan mati secara tiba-tiba jika panas telah melebihi batas maksimum.

4. Ram Penuh

Kita menggunakan RAM yang kecil, 1GB atau 2GB mungkin. Untuk menjalankan Aplikasi-Aplikasi zaman sekarang ini tentu RAM sebesar itu masih kurang, ditambah banyak membuka Aplikasi. Maka yang terjadi adalah Laptop macet atau Not Responding.

Itulah penyebab yang bisa terjadi ketika muncul masalah Laptop macet. Ketika masalah tersebut muncul, kita harus melakukan langkah-langkah awal yang tepat, kemudian sebisa mungkin melakukan perbaikan agar masalah ini tidak muncul kembali.

Cara Mengatasi Laptop Windows Macet Alias Not Responding Dengan Tepat

1. Tutup Aplikasi 

Dalam masalah ini Laptop masih bisa dijalankan dengan normal, namun hanya pada Aplikasi yang sedang dibuka mengalami macet atau Not Responding. Tutup aplikasi tersebut dengan cara mengklik tombol Close, kemudian coba jalankan kembali.

2. Tutup Aplikasi lewat Task Manager

Jika sudah menekan Tombol Close, namun Aplikasi masih saja tidak bisa tertutup, sebaiknya hentikan Aplikasi lewat Task Manager.

Lewat Task Manager akan menutup Aplikasi secara paksa. Meskipun begitu, ini merupakan cara yang harus dilakukan. Setelah itu kita membuka ulang Aplikasi.

Caranya: 

  1. Buka Task Manager dengan cara tekan tombol Shift + Alt + Delete secara bersamaan.
  2. Pilih Task Manager
  3. Pilih menu Processes
  4. Cari dan pilih Aplikasi yang ingin di hentikan
  5. Lalu Klik End Task

    Cara Mengatasi Laptop Macet

3. Matikan Laptop Secara Paksa

Bila Laptop macet secara keseluruhan, yang artinya tidak bisa diapa-apakan. Matikan dengan cara menekan tombol Power hingga Laptop Mati. Kemudian coba hidupkan kembali. 

Langkah ini bertujuan agar Sistem dijalankan dari awal. Mungkin saja sebelumnya Sistem tidak berjalan sesuai seharusnya yang menyebabkan Laptop macet.

4. Bawa Ke Tukang Service

Laptop macet dan sering terjadi, mungkin ada penyebab seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Langkah yang harus diambil adalah membawanya ke tukang Service. Disana akan ditangani oleh orang yang sudah ahli dan berpengalaman tentunya. Guna memperbaiki Laptop agar tidak sering Macet alisa Not Responding lagi.

Sebab jika masalah ini dibiarkan terus menerus akan membuat aktivitas atau mungkin malah pekerjaan bisa terganggu. Dan ini tentunya akan membuat kita mengalami kerugian.

Baca Juga: 13 Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama Serta Tidak Lemot

Kesimpulan 

Laptop macet merupakan hal yang sering terjadi. Penyebabnya bisa dari beberapa faktor, seperti terkena Virus, Overheat, Spesifikasi Low, Ram penuh dan Hard Disk bermasalah.

Langkah awal yang harus dilakukan ketika Laptop mengalami masalah ini adalah dengan menghentikan Aplikasi, apabila yang Macet hanya Aplikasinya. Namun jika Laptop macet keseluruhan, bisa dengan cara mematikan Laptop secara paksa, yaitu dengan menekan tombol Power hingga mati. Lalu menghidupkan kembali.

Akan tetapi jika Laptop sering macet, alangkah lebih baik jika kita membawanya ke tukang Service guna memperbaiki penyebab masalah ini sering timbul. Disana akan diperbaiki oleh  teknisi yang sudah terlatih tentunya. Sekian terima kasih dan semoga membantu.

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "Cara Mengatasi Laptop Macet Alias Not Responding Dengan Tepat"