Cara Menambahkan Folder di Quick Access File Explorer Windows 11

Cara Menambahkan Folder di Quick Access File Explorer Windows 11

Sebelumnya saya telah membuat artikel yang berjudul cara menambahkan Folder ke Start Menu di Windows 11, dan kini saya akan mencoba menjelaskan juga meletakkan folder pada Quick Access File Explorer.

Quick Access pada File Explorer Windows 11 adalah salah satu fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kita dalam mengelola berbagai file dan folder. 

Fitur ini memungkinkan kita untuk dengan cepat mengakses folder dan file yang sering digunakan tanpa perlu melalui beberapa tahapan pencarian di dalam hirarki folder. 

Nah pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan secara detail tentang pengertian Quick Access, kelebihan meletakkan folder pada Quick Access, dan langkah-langkah menambahkan folder ke Quick Access di Windows 11.

Pengertian Quick Access

Quick Access adalah bagian dari File Explorer di Windows 11 yang memberikan akses cepat ke file dan folder yang sering kita gunakan. Ketika kita membuka File Explorer, Quick Access akan tampil di panel sebelah kiri, menampilkan beberapa folder dan file yang sering kita buka atau yang baru saja kita gunakan. Ini memungkinkan kita untuk dengan mudah menemukan dan membuka file tanpa perlu mencarinya di dalam berbagai sub-folder.

Quick Access menggantikan fungsi "Favorites" yang ada di versi Windows sebelumnya. Selain itu, fitur ini lebih canggih karena tidak hanya memungkinkan kita untuk menandai folder tertentu, tetapi juga secara otomatis menampilkan file dan folder yang sering kita akses, sehingga meningkatkan efisiensi kerja kita.

Kelebihan Meletakkan Folder pada Quick Access

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan meletakkan folder pada Quick Access di Windows 11. 

Pertama ialah dengan menambahkan folder ke Quick Access, kita dapat mengakses folder tersebut hanya dengan satu klik. Ini sangat berguna untuk folder yang sering kita gunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

Kemudian dengan menambahkan folder ke Quick Access, juga membuat produktivitas kita dapat meningkat karena kita dapat bekerja lebih cepat dan efisien tanpa terganggu oleh waktu pencarian file dan folder. 

Langkah Menambahkan Folder ke Quick Access

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan folder ke Quick Access di File Explorer Windows 11:

Langkah 1: Buka File Explorer

Pertama-tama, kita perlu membuka File Explorer. Kita bisa melakukannya dengan mengklik ikon File Explorer di taskbar atau dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard.

Langkah 2: Temukan Folder yang Ingin Ditambahkan

Setelah File Explorer terbuka, cari folder yang ingin kita tambahkan ke Quick Access. Kita bisa mencarinya di panel sebelah kiri atau di jendela utama File Explorer.

Langkah 3: Klik Kanan pada Folder

Setelah menemukan folder yang diinginkan, klik kanan pada folder tersebut. Ini akan menampilkan menu konteks dengan beberapa opsi.

Langkah 4: Pilih Pin to Quick Access

Langkah Menambahkan Folder ke Quick Access

Dalam menu konteks yang muncul, pilih opsi "Pin to Quick Access". Setelah mengklik opsi ini, folder yang kita pilih akan langsung muncul di bagian Quick Access di panel sebelah kiri File Explorer.

Langkah 5: Cek Folder di Quick Access

Langkah Menambahkan Folder ke Quick Access

Untuk memastikan folder sudah ditambahkan, periksa panel Quick Access di sebelah kiri. Folder yang baru saja kita tambahkan harus sudah muncul di sana. Sekarang, kita bisa mengakses folder tersebut dengan cepat kapan pun kita membutuhkannya.

Langkah 6:  Menghapus Folder dari Quick Access

Langkah Menambahkan Folder ke Quick Access

Jika kita ingin mengatur ulang atau menghapus folder dari Quick Access, kita bisa melakukannya dengan mudah. Untuk menghapus folder dari Quick Access, klik kanan pada folder tersebut di panel Quick Access dan pilih opsi "Unpin from Quick Access". Folder tersebut akan segera dihapus dari Quick Access, tetapi tidak akan dihapus dari lokasi aslinya di File Explorer.

Untuk mengatur ulang urutan folder di Quick Access, kita hanya perlu menyeret dan melepaskan folder sesuai urutan yang kita inginkan. Ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan tampilan Quick Access agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah Menampilkan Size Folder Windows 

Itulah tutorial sederhana mengenai cara menambahkan folder di Quick Access File Explorer Windows 11. 

Dengan memahami dan memanfaatkan fitur Quick Access di Windows 11, kita bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja kita sehari-hari. Menambahkan folder ke Quick Access adalah langkah sederhana namun efektif untuk mengoptimalkan cara kita mengelola dan mengakses berbagai file dan folder di komputer kita.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Folder di Quick Access File Explorer Windows 11"