Beginilah Cara Auto Hide Taskbar Windows 11 dan 10

Beginilah Cara Auto Hide Taskbar Windows 11 dan 10

Mungkin kalian pernah melihat Desktop Windows dengan tampilan Taskbar yang hilang, nah apakah kalian juga sudah tahu cara bagaimana membuatnya?.

Dengan menyembunyikan Taskbar pada Windows 10 atau 11, nantinya tampilan Desktop akan benar-benar full dan akan menampakkan lebih jelas Wallpaper yang digunakan. 

Taskbar akan muncul jika kursor diarahkan ke arah bawah, di posisi dimana Taskbar berada yang nantinya dapat kembali mengaksesnya. 

Nah pada artikel ini akan membahas secara mendalam tentang pengertian Auto Hide Taskbar, kelebihan Auto Hide Taskbar, serta cara-cara Auto Hide Taskbar pada Windows 11 dan 10.

Pengertian Auto Hide Taskbar

Auto Hide Taskbar adalah fitur yang memungkinkan taskbar pada sistem operasi Windows untuk menyembunyikan diri secara otomatis ketika tidak digunakan. Ini berarti taskbar akan muncul hanya ketika kursor diarahkan ke area taskbar tersebut. 

Fitur ini sangat berguna untuk memberikan ruang layar yang lebih luas, terutama ketika bekerja dengan aplikasi yang membutuhkan area tampilan maksimal.

Kelebihan Auto Hide Taskbar

1. Meningkatkan Fokus

Dengan menghilangkan taskbar dari pandangan, kita dapat lebih fokus pada konten yang sedang dikerjakan tanpa distraksi. Tampilan nantinya akan full layar.

2. Menghemat Ruang Layar

Kemudian bagi pengguna dengan monitor berukuran lebih kecil, misalnya laptop atau notebook. Auto Hide Taskbar memberikan manfaat tambahan dalam hal ini. Karena bisa membuat tampilan bertambah luas meskipun hanya sedikit.

3. Tampilan Bersih dan Rapi

Tampilan desktop menjadi lebih bersih dan rapi, hal ini juga akan sangat berguna jika kita ingin memfokuskan wallpaper yang sedang digunakan. 

Tanpa adanya Taskbar yang ditampilkan, Wallpaper yang digunakan akan tampak dengan jelas dan menonjol.

Cara Auto Hide Taskbar Windows 11 dan 10

Untuk mengaktifkan Auto Hide Taskbar di Windows 11 dan 10, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Windows 11 

  • Buka Settings

  • Kemudian arahkan (navigasikan) ke Personalization > Taskbar.

    Cara Auto Hide Taskbar Windows 11

  • Kemudian pilih (klik) Taskbar behaviours dan pada opsi Automatically hide the taskbar silakan di beri centang

    Cara Auto Hide Taskbar Windows 11

  • Selesai. 

2. Windows 10 

  • Klik kanan Taskbar, kemudian pilih Taskbar Settings

    Cara Auto Hide Taskbar Windows 10

  • Setelah itu silakan aktifkan opsi Automatically hide the taskbar in desktop mode.

    Cara Auto Hide Taskbar Windows 10

  • Selesai. 

Baca juga:  Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10 (Online/Offline)

Setelah mengaktifkan fitur ini, taskbar akan otomatis tersembunyi dan hanya akan muncul ketika kursor diarahkan ke bagian bawah layar. Untuk menonaktifkannya, cukup kembali ke pengaturan dan matikan fitur hide Taskbar ini.

Saya berharap dengan informasi ini, pengguna dapat lebih memaksimalkan penggunaan ruang kerja Desktop Windows mereka dan meningkatkan produktivitas. Ingatlah bahwa personalisasi pengalaman pengguna adalah kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan efisien.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Beginilah Cara Auto Hide Taskbar Windows 11 dan 10"