Widget HTML #1

Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10 (Online/Offline)

Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10 (Online/Offline)

Laptop maupun PC telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita pada zaman ini. Baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar menikmati hiburan, kualitas tampilan layar laptop memegang peranan penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang optimal. 

Resolusi layar, yang merupakan jumlah piksel yang dapat ditampilkan dalam dimensi horizontal dan vertikal, menjadi salah satu faktor kunci yang menentukan kejernihan dan detail visual yang kita nikmati.

Namun, tidak jarang kita menemukan diri kita dalam situasi di mana kita perlu mengetahui atau mengubah resolusi layar laptop kita. Mungkin karena kita ingin menyesuaikan tampilan untuk kenyamanan mata, atau mungkin kita perlu mengatur ulang resolusi untuk memastikan kompatibilitas dengan aplikasi atau game tertentu. Apapun alasannya, mengetahui cara melihat dan mengatur resolusi layar pada sistem operasi Windows adalah pengetahuan yang sangat berguna.

Windows 11 dan Windows 10, sebagai dua sistem operasi terbaru dari Microsoft, menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mengelola pengaturan layar mereka. Dengan antarmuka yang intuitif dan langkah-langkah yang sederhana, kita dapat dengan mudah menemukan dan menyesuaikan resolusi layar sesuai dengan kebutuhan kita. 

Dalam artikel ini, saya akan membimbing kalian untuk memastikan bahwa kalian dapat melihat dan mengubah resolusi layar dengan mudah dan cepat.

Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10

Ada dua cara yang dapat dilakukan dalam melihat Resolusi layar, yatu secara Online maupun Offline. Nantinya kalian bisa memilih cara mana yang menurut kalian mudah dan cepat. 

1. Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10 Secara Offline 

Cara pertama secara Offline, cara ini dapat dilakukan melalui halaman Setting pada Windows 10/11. nantinya akan ditampilkan resolusi layar yang sedang digunakan. 

Selain itu kita juga dapat merubah setelah resolusi sesuai yang sesuai, tapi dengan catatan pilihan resolusi memiliki batas maksimal. Tergantung dari kemampuan perangkat yang digunakan. 

Pada Windows 10 

  • Buka halaman Settings (Cara termudah langsung tekan saja CTRL + I). 

  • Kemudian navigasikan ke System > Display.
     
  • Selanjutnya lihat pada bagian Display Resolution.

    Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 10

    Di bagian Display Resolution akan terlihat resolusi layar laptop Windows 10 yang kalian gunakan. Pada bagian ini kita juga dapat memilih resolusi layar yang ingin digunakan.

  • Selesai. 

Pada Windows 11

Sementara jika kita menggunakan Windows 11, caranya kurang lebih sama yaitu dilakukan melalui halaman Settings. Namun yang membedakan hanya tampilan-nya yang sedikit berbeda. 

Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya dibawah ini: 

  • Buka Settings

  • Kemudian pilih System > Display

  • Cek resolusi Windows 11 yang kita gunakan pada bagian Display Resolution

    Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11

  • Selesai. 

2. Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10 Secara Online

Selain menggunakan cara secara Offline seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita juga bisa menggunakan cara Online. Kita hanya perlu mengunjungi situs tertentu, maka secara otomatis resolusi layar yang kita gunakan akan langsung terbaca. 

Ada beberapa tools situs Online yang dapat digunakan, diantaranya: 

Melalui Situs mdigi.tools

Melalui Situs mdigi.tools

Situs ini menyediakan tools yang dapat digunakan melihat resolusi layar laptop/pc yang kita gunakan. Untuk memulai menggunakannya silakan kunjungi url https://mdigi.tools/screen-resolution/

Setelah terbuka, informasi resolusi akan langsung ditampilkan. 

Melalui screenresolutiontest.com

Melalui screenresolutiontest.com

Kemudian cara Online dalam melihat resolusi layar yang selanjutnya dapat dilakukan melalui situs screenresolutiontest.com. Kita tinggal langsung membuka alamat Url tersebut, maka nantinya informasi resolusi akan langsung ditampilkan. 

Tak hanya sampai disitu saja, pada situs ini nantinya juga terdapat penjelasan yang lengkap mengenai apa itu Screen Resolution, jenis dan perkembangan teknologi yang digunakan. Tentu hal ini bisa menambah wawasan mengenai resolusi layar monitor. 

Melalui screenresolution.org

Melalui screenresolution.org

Tak hanya sampai disitu saja, melalui screenresolution.org kita juga dapat mengecek resolusi layar yang kita gunakan secara cepat. 

Kunjungi situs ini, maka nantinya halaman detail mengenai informasi resolusi layar akan ditampilkan. 

Sebagai tambahan, pada situs ini juga akan menampilkan Statistik Resolusi Layar Pengguna Internet dari waktu ke waktu saat ini. 

Baca juga:  Cara Mengatasi Laptop Windows Mati Sendiri Ketika Baterai Dalam Keadaan Rusak 

Mengecek dan mengatur resolusi layar laptop kita di Windows 11 atau Windows 10 adalah proses yang sederhana dan dapat meningkatkan pengalaman penggunaan komputer kita. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami jelaskan, kita dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan layar sesuai dengan kebutuhan.

Kami harap artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat dan membantu kalian dalam mengelola resolusi layar laptop yang kalian gunakan. 

Baik cara secara Online maupun Offline, silakan sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan kalian masing-masing. Namun cara secara Offline memiliki kelebihan tersendiri, karena nantinya kita juga dapat mengatur atau mengganti resolusi yang ingin kita gunakan.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk " Cara Melihat Resolusi Layar Laptop Windows 11/10 (Online/Offline) "