Widget HTML #1

Cara Merubah Warna Folder di Windows 11, 10, 8, 7

Cara Merubah Warna Folder di Windows 11, 10, 8, 7

Apakah kalian bosan dengan warna folder yang sama di Windows Explorer? Apakah kalian ingin membuat folder lebih menarik dan mudah dikenali? Jika ya, maka kalian perlu mencoba aplikasi Folder Painter. 

Pada Windows sendiri, entah Windows 7, 8,10, dan 11. hingga saat ini belum tersedia fitur bawaan yang dapat digunakan untuk merubah warna folder yang ada pada pangkat kita.

Namun tenang saja, karena kita bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang bernama Folder Painter. 

Folder Painter adalah aplikasi gratis yang memungkinkan pengguna mengubah warna dan ikon folder  dengan mudah dan cepat. Dengan aplikasi ini, kita bisa memberi warna berbeda untuk folder berbeda, misalnya folder keuangan bisa berwarna hijau (seperti uang) dan folder tugas bisa berwarna merah (mungkin mendesak?). 

Dengan begitu, akan mempermudah kita karena kita tidak perlu lagi mencari nama folder di antara banyak folder lainnya. Cukup lihat warnanya dan buka folder yang di inginkan.

Folder Painter sangat unik dan menarik untuk mengatur folder di Windows Explorer. Dari warna folder kuning default, selain itu  bisa juga mengubahnya menjadi berbagai warna. 

Aplikasi ini juga sudah tersedia untuk Windows 11 yang merupakan versi terbaru saat ini. Berikut ini adalah cara menggunakan Folder Painter untuk merubah warna folder Anda di Windows 11, 10, 8, 7.

Baca juga: 3 Cara Menonaktifkan Copilot di Windows 11 Dengan Mudah dan Cepat

Cara Merubah Warna Folder di Windows 11, 10, 8, 7

Langkah 1: Unduh Aplikasi Folder Painter

Untuk menggunakan Folder Painter, kita perlu mengunduh dan menjalankan aplikasi ini terlebih dahulu. Kita bisa mengunduh Folder Painter dari situs resminya di: sordum.org

Langkah 2: Install Folder Painter

Jika file Installer aplikasi Folder Painter sudah berhasil di Download, maka langkah selanjutnya bisa melakukan penginstalan. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Ekstrak file Folder Painter yang sudah di Download tadi. 

  • Kemudian buka Folder hasil Ekstrak. 

  • Jalankan file yang bernama FolderPainter untuk Windows 32-bit. kemudian FolderPainter_x64 untuk Windows 64-bit. Silakan pilih yang sesuai dengan versi Windows yang kita gunakan. 

    Install Folder Painter

  • Setelah itu jendela Instalasi Folder Painter akan terbuka, lalu silakan pilih Install. Sebelum itu kita juga bisa centang icon pack lain (sebelah kiri) jika menginginkan.

    Install Folder Painter

  • Selesai. 

Langkah 3: Ubah Warna Folder Kita

Setelah memasang paket ikon, kita bisa mengubah warna folder dengan mudah. Caranya, sebagai berikut:

  • Klik kanan pada folder yang kita pilih dan kemudian arahkan mouse ke opsi Change Folder Icon. Lalu pilih Warna yang kita inginkan. 

    Ubah Warna Folder Kita

  • Kemudian untuk mengembalikan ke warna folder asli, kita bisa  melakukan langkah yang sama. Namun kali ini pilih opsi default.

  • Selesai. 

Baca juga: Beginilah Cara Mengubah Warna Start Menu di Windows 11 (Manual dan Otomatis)

Demikianlah cara merubah warna folder di Windows 11, 10, 8, 7 dengan menggunakan aplikasi Folder Painter. Folder Painter merupakan salah satu aplikasi yang berguna dan mudah digunakan untuk mempercantik dan mengorganisir folder di Windows Explorer. 

Dengan aplikasi ini, kita bisa memberi warna berbeda untuk folder berbeda, sehingga kita bisa mengaksesnya dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan warna dan desain folder sesuai dengan selera kita. 

Selain itu Folder Painter juga aplikasi yang gratis dan portabel, yang artinya kita tidak perlu menginstalnya dan bisa menjalankannya dari mana saja. Folder Painter juga sudah mendukung Windows 11, jadi kita bisa menggunakannya di sistem operasi terbaru dari Microsoft.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Warna Folder di Windows 11, 10, 8, 7"