Widget HTML #1

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Akselerasi Hardware di Setelan Browser Google Chrome

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Akselerasi Hardware di Setelan Browser Google Chrome

Akselerasi hardware adalah fitur yang memungkinkan browser Google Chrome untuk memanfaatkan sumber daya perangkat keras komputer kita, seperti GPU (Graphics Processing Unit), untuk meningkatkan kinerja dan pengalaman browsing kita. Dengan mengaktifkan akselerasi hardware, kita dapat menikmati konten web yang lebih lancar, cepat, dan responsif, terutama yang melibatkan grafis, video, atau animasi.

Namun, akselerasi hardware tidak selalu berfungsi dengan baik di semua komputer atau situs web. Terkadang, fitur ini dapat menyebabkan masalah seperti error, crash, atau tampilan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, kita mungkin perlu menonaktifkan akselerasi hardware untuk mengatasi masalah tersebut atau menghemat daya baterai.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengaktifkan dan menonaktifkan akselerasi hardware di setelan browser Google Chrome. Kita juga akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui apakah akselerasi hardware sudah diaktifkan atau tidak, dan apakah fitur ini membantu atau malah mengganggu kinerja browser kita.

Baca juga: Cara Reset Tema Google Chrome Ke Tema Default

Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Akselerasi Hardware di Setelan Browser Google Chrome

1. Cara Mengaktifkan Akselerasi Hardware di Chrome

Untuk mengaktifkan akselerasi hardware di Chrome, kita perlu mengubah beberapa pengaturan di browser kita. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka browser Google Chrome di komputer kita.

  • Klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu. Lalu pilih Setelan dari menu yang muncul.

    Cara Mengaktifkan Akselerasi Hardware di Chrome

  • Pilih opsi Sistem, lalu aktifkan Gunakan akselerasi hardware jika tersedia.

    Cara Mengaktifkan Akselerasi Hardware di Chrome

  • Terakhir klik Luncurkan ulang

  • Selesai. 

Setelah kita mengaktifkan akselerasi hardware, kita dapat memeriksa apakah fitur ini sudah berjalan dengan baik atau tidak dengan cara berikut:

  • Ketik chrome://gpu di bilah alamat browser dan tekan Enter.

  • Lihat bagian Status Fitur Grafis dan perhatikan nilai di sebelah kanan setiap item. Jika nilai tersebut adalah Hardware dipercepat (Hardware accelerated), berarti akselerasi hardware sudah diaktifkan untuk item tersebut. Jika nilai tersebut adalah Perangkat lunak saja. Akselerasi perangkat keras dinonaktifkan, berarti akselerasi hardware tidak diaktifkan atau tidak didukung untuk item tersebut.

    Cara Mengaktifkan Akselerasi Hardware di Chrome

2. Cara Menonaktifkan Akselerasi Hardware di Chrome

Jika kita mengalami masalah dengan browser Chrome, seperti error, crash, atau tampilan yang tidak sesuai, kita dapat mencoba menonaktifkan akselerasi hardware untuk melihat apakah masalah tersebut hilang. 

Berikut ini adalah cara menonaktifkan akselerasi hardware di Chrome:

  • Buka browser Google Chrome di komputer kita.

  • Klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu.

  • Pilih Setelan dari menu yang muncul.

  • Pilih opsi Sistem, lalu nonaktifkan Gunakan akselerasi hardware jika tersedia.

    Cara Menonaktifkan Akselerasi Hardware di Chrome

  • Terakhir klik Luncurkan ulang

  • Setelah kita menonaktifkan akselerasi hardware, kita dapat memeriksa apakah fitur ini sudah benar-benar dimatikan atau tidak dengan cara yang sama seperti saat mengaktifkannya, yaitu dengan mengetik chrome://gpu di bilah alamat dan melihat bagian Status Fitur Grafis. Jika kita melihat nilai Perangkat lunak saja. Akselerasi perangkat keras dinonaktifkan untuk semua item (Software only. Hardware acceleration disabled), berarti akselerasi hardware sudah benar-benar dimatikan.

    Cara Menonaktifkan Akselerasi Hardware di Chrome

  • Selesai.

Baca juga: Cara Menonaktifkan dan Menghapus Ekstensi Chrome di Laptop

Akselerasi hardware adalah fitur yang dapat meningkatkan kinerja dan pengalaman browsing kita di browser Google Chrome dengan memanfaatkan sumber daya perangkat keras komputer kita, seperti GPU. 

Namun, fitur ini juga dapat menyebabkan masalah seperti error, crash, atau tampilan yang tidak sesuai di beberapa komputer atau situs web. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara mengaktifkan dan menonaktifkan akselerasi hardware di setelan browser Chrome, serta cara mengetahui apakah fitur ini sudah diaktifkan atau tidak, dan apakah fitur ini membantu atau malah mengganggu kinerja browser kita. 

Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk memaksimalkan penggunaan Chrome dengan akselerasi hardware. Terima kasih semoga membantu!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Akselerasi Hardware di Setelan Browser Google Chrome"