Widget HTML #1

Masih Recommended Kah Menggunakan Windows 7 Saat Ini 2024?

Masih Recommended Kah Menggunakan Windows 7 Saat Ini

Windows 7 adalah salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia. Meskipun sudah diluncurkan sejak tahun 2009, Windows 7 masih banyak digunakan oleh pengguna komputer, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Namun, apakah Windows 7 masih recommended untuk digunakan saat ini, di tahun 2024?

Pertanyaan tersebut mungkin muncul bagi kita yang hingga saat ini masih  menggunakan Windows 7. nah lewat kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pendapat saya mengenai hal tersebut. 

Microsoft Telah Menghentikan Dukungan Untuk Windows 7

Sebagai pengguna Windows 7, kita perlu mengetahui bahwa Microsoft telah menghentikan dukungan untuk sistem operasi ini sejak Januari 2020. Artinya, Windows 7 tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan, perbaikan bug, atau dukungan teknis dari Microsoft. 

Ini berarti bahwa Windows 7 menjadi lebih rentan terhadap serangan malware, virus, atau hacker. Selain itu, beberapa aplikasi dan perangkat keras terbaru mungkin tidak kompatibel dengan Windows 7, sehingga kita bisa mengalami masalah kinerja, stabilitas, atau fungsionalitas.

Meskipun demikian, dikutip dari halaman ghacks.net. Jika Microsoft masih memberikan opsi bagi pelanggan bisnis dan organisasi untuk memperpanjang dukungan Windows 7 melalui program Extended Security Updates (ESU). Program ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan pembaruan keamanan kritis untuk Windows 7 hingga 3 tahun, dengan syarat membayar biaya tambahan per perangkat setiap tahun. Namun, program ini tidak tersedia untuk pelanggan rumahan, yang harus beralih ke sistem operasi yang lebih baru, seperti Windows 10 atau Windows 11.

Masih Recommended Kah Menggunakan Windows 7 Saat Ini 2024?

Lalu, bagaimana dengan pengguna Windows 7 yang tidak ingin atau tidak bisa beralih ke sistem operasi yang lebih baru? Apakah mereka masih bisa menggunakan Windows 7 dengan aman dan nyaman? Jawabannya adalah Masih.

Namun perlu di ingat jika masih tetap menggunakan Windows 7, memiliki resiko yang lebih tinggi jika dibandingkan menggunakan Windows versi yang terbaru.

Misalnya lebih rentan terhadap serangan malware, virus, atau hacker. Kemudian juga  masalah kinerja, stabilitas, atau fungsionalitas.

Tips Menggunakan Windows 7 

Ada beberapa hal atau tips yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan risiko dan masalah yang mungkin timbul saat menggunakan Windows 7 untuk saat ini, yaitu:

1. Menggunakan Antivirus Pihak Ketiga

Bagi yang masih menggunakan Windows 7, maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Antivirus pihak ketiga yang terpercaya. 

Saat Windows 7 tidak mendapat dukungan, maka pembaruan keamanan, perbaikan bug, atau dukungan teknis dari Microsoft telah dihentikan. Sementara diluar sana malware, virus, atau hacker. Terus mengalami perkembangan setiap waktu.

Oleh karena itu menggunakan antivirus dan firewall yang terpercaya dan selalu diperbarui. Ini sangat penting untuk melindungi komputer kita dari ancaman online yang mungkin mengeksploitasi kerentanan Windows 7.

Kemudian alangkah lebih maksimal jika menggunakan tools antivirus pihak ketiga versi berbayar. Agar perlindungan terhadap Windows 7 yang kita gunakan lebih terjamin. 

2. Di Gunakan Untuk Offline Saja

Serangan malware, virus, atau hacker. Biasanya terjadi melalui Internet, maka menggunakan Windows 7 hanya untuk aktivitas Offline akan meminimalkan risiko yang timbul. 

Ini adalah tips yang saya sarankan dan tekankan, karena tidak adanya dukungan lagi dari pihak pengembang. Maka Windows 7 cocok untuk aktivitas Offline.

Namun jika masih tetap akan menggunakan Windows 7 untuk Online, maka lakukan tips poin nomor satu diatas. Agar keamanan Windows 7 lebih terjamin.

3. Minimalkan Menggunakan Penyimpanan Eksternal 

Selain melalui dunia Internet serangan malware dan virus, bisa melalui penyimpanan eksternal seperti Flashdisk, memori SD Card dan lain sebagainya yang sudah terinfeksi. 

Dengan meminimalkan penggunaan penyimpanan eksternal, maka akan lebih meminimalkan risiko terhadap serangan virus dan Malware yang mungkin saja terjadi melalui perangkat penyimpanan eksternal.

4. Hindari Mengunduh Atau Menjalankan File, Program, Atau Situs Web Yang Mencurigakan 

Sebaiknya menghindari mengunduh atau menjalankan file, program, atau situs web yang mencurigakan atau tidak terpercaya. Ini bisa mencegah infeksi malware, ransomware, atau spyware yang bisa merusak atau mencuri data kita.

Jika ingin melakukan Download maka pastikan melalui situs atau website yang terpercaya.

5. Membuat Backup Data Penting

Karena Windows 7 memiliki risiko lebih tinggi terhadap hal yang tidak diinginkan, maka membuat cadangan data penting secara rutin. Bisa membantu kita memulihkan data jika terjadi kehilangan, kerusakan, atau pencurian data akibat serangan malware atau kegagalan perangkat keras.

Ini sangat penting dilakukan, sebab kehilangan data penting bisa saja menimbulkan dampak besar bagi kita.

6. Menggunakan Browser Web Yang Masih Mendukung Windows 7

Menggunakan browser web yang masih mendukung Windows 7, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge. Ini bisa memberikan pengalaman browsing yang lebih aman, cepat, dan stabil, serta mendukung fitur dan standar web terbaru.

Dan juga untuk selalu diperbaharui browser tersebut, agar keamanan dan kenyamanan saat berselancar di Internet lebih terjamin.

7. Menggunakan Aplikasi dan Perangkat Keras Yang Kompatibel Dengan Windows 7

Menggunakan aplikasi dan perangkat keras yang kompatibel dengan Windows 7. Ini bertujuan untuk menghindari masalah kompatibilitas yang bisa mengganggu kinerja, stabilitas, atau fungsionalitas komputer kita.

Walaupun hingga saat ini, untuk daftar aplikasi dan perangkat yang kompatibel dengan Windows 7 semakin berkurang. Sebab para pengembang lebih memilih untuk men-support versi Windows yang terbaru.

Baca juga:  3 Jenis Lisensi Windows dan Cara Mengetahuinya

Dengan melakukan hal-hal di atas, kita bisa tetap menggunakan Windows 7 di tahun 2024 dengan risiko dan masalah yang minimal. Namun, kita juga perlu menyadari bahwa Windows 7 adalah sistem operasi yang sudah usang dan tidak akan mendapatkan dukungan lagi dari Microsoft di masa depan. 

Oleh karena itu, kita sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk beralih ke sistem operasi yang lebih baru, seperti Windows 10 atau Windows 11, yang menawarkan fitur, keamanan, dan performa yang lebih baik dan lebih modern.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Masih Recommended Kah Menggunakan Windows 7 Saat Ini 2024?"