Widget HTML #1

Cara Memunculkan / Menyembunyikan Icon di System Tray Windows 11

Cara Memunculkan / Menyembunyikan Icon di System Tray Windows 11

Kalian ingin mengatur daftar icon yang ditampilkan pada system tray Windows 11, namun bingung melakukannya? Maka tenang saja karena pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi tutorialnya.

System tray adalah area di kanan bawah taskbar yang menampilkan ikon-ikon dari program yang sedang berjalan atau memberikan notifikasi. Di Windows 11, system tray memiliki tampilan yang berbeda dari Windows 10. Hanya beberapa ikon saja yang ditampilkan secara langsung, sedangkan ikon lainnya disembunyikan di dalam Taskbar Corner Overflow, yaitu panel yang muncul ketika kita mengklik tombol panah ke atas di system tray.

Bagaimana cara kita menampilkan atau menyembunyikan ikon di system tray Windows 11? Apakah kita bisa mengatur ikon mana saja yang ingin kita lihat atau sembunyikan? Jawabannya adalah ya, kita bisa melakukannya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Baca juga: 4 Cara Membuat Shortcut Control Panel di Desktop Windows 10/11

Cara Menampilkan Ikon Yang Tersembunyi di System Tray

Cara Menampilkan Ikon Yang Tersembunyi di System Tray

Untuk menampilkan ikon yang tersembunyi di system tray, kita hanya perlu mengklik tombol panah ke atas di system tray. Maka akan muncul panel Taskbar Corner Overflow yang berisi ikon-ikon yang tidak ditampilkan di system tray. Kita bisa melihat status dan notifikasi dari ikon-ikon tersebut di sini.

Jika kita ingin menampilkan salah satu ikon tersebut di system tray secara permanen, kita bisa menyeret ikon tersebut dari panel Taskbar Corner Overflow ke system tray. Ikon tersebut akan tetap ada di system tray meskipun kita menutup panel Taskbar Corner Overflow.

Sebaliknya, jika kita ingin menyembunyikan salah satu ikon yang ada di system tray, kita bisa menyeret ikon tersebut dari system tray ke panel Taskbar Corner Overflow. Ikon tersebut akan hilang dari system tray dan hanya muncul di panel Taskbar Corner Overflow.

Cara Menambahkan atau Menghapus Icon di System Tray

Selain menyeret ikon dari panel Taskbar Corner Overflow ke system tray atau sebaliknya, kita juga bisa menambahkan atau menghapus ikon di system tray melalui pengaturan taskbar. Berikut adalah caranya:

  • Klik kanan di area kosong di taskbar, lalu pilih Taskbar Settings. Atau kita bisa membuka aplikasi Settings, lalu pilih Personalization > Taskbar.

    Cara menambahkan atau menghapus ikon di system tray

  • Gulir ke bawah halaman, lalu perluas (klik) menu Other system tray icons. Di sini kita akan melihat daftar program yang diizinkan untuk menampilkan ikon di system tray. Kita bisa mengaktifkan atau menonaktifkan ikon yang kita inginkan dengan menggeser tombol di sebelah nama program.

    Cara menambahkan atau menghapus ikon di system tray

  • Selain itu pada bagian System tray icons, kita juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan ikon sistem lainnya seperti Windows Security, Pen Menu, Touch Keyboard, dan Virtual Touchpad. Kita bisa menyesuaikan ikon-ikon ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

    Cara menambahkan atau menghapus ikon di system tray

Baca juga: Beginilah Cara Mengubah Warna Start Menu di Windows 11 (Manual dan Otomatis)

Itulah cara kita menampilkan atau menyembunyikan ikon di system tray Windows 11. Dengan mengatur ikon-ikon ini, kita bisa membuat taskbar kita lebih rapi dan mudah diakses.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kita dalam mengoperasikan Windows 11 dengan lebih mudah. Jika ada yang memiliki pertanyaan, saran, atau masukan lainnya, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Kami akan sangat senang mendengar masukan dari kalian semua. 

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan / Menyembunyikan Icon di System Tray Windows 11"