Widget HTML #1

Cara Agar Laptop Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan

Cara Agar Laptop Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan

Laptop merupakan salah satu perangkat yang sering kita gunakan untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, bermain, atau berselancar di internet. Namun, terkadang kita lupa untuk mengunci laptop saat kita meninggalkannya untuk sementara waktu, misalnya saat pergi ke kamar mandi, mengambil minum, atau menerima telepon. 

Hal ini bisa berisiko bagi keamanan dan privasi kita, karena ada kemungkinan orang lain yang tidak berhak mengakses laptop kita tanpa sepengetahuan kita.

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa mengatur laptop kita agar terkunci otomatis saat tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir lagi jika ada orang yang mencoba mengintip atau mengubah data penting kita di laptop.

Pada OS Windows sendiri sudah disediakan fitur yang dapat mengunci laptop secara otomatis ketika tidak digunakan dalam rentang waktu tertentu. 

Penasaran bagaimana cara melakukannya? Langsung simak saja ulasannya di bawah ini. 

Cara Agar Laptop Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan

Berikut adalah cara agar laptop terkunci otomatis saat tidak digunakan:

  • Buka Change screen saver.

    Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan

    Caranya silakan buka fitur Search, kemudian ketikan Change screen saver pada kolom pencarian dan terakhir pilih Change screen saver. 

  • Selanjutnya pada kotak dialog Screen Saver Settings. Atur durasinya dan pada opsi On resume, display logon screen, silakan beri centang. Kemudian klik OK

    Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan

  • Jika sudah, maka Windows akan secara otomatis terkunci ketika tidak digunakan pada durasi yang sudah ditentukan.

    Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan

  • Selesai 

Baca juga: 4 Cara Melihat Versi Windows 11 di Laptop (Home atau Pro)

Dengan cara ini, kita bisa menjaga keamanan dan privasi kita saat menggunakan laptop. Kita tidak perlu repot-repot mengunci laptop kita secara manual setiap kali kita ingin meninggalkannya untuk sementara waktu. Kita juga bisa merasa lebih tenang dan nyaman saat bekerja, belajar, bermain, atau berselancar di internet dengan laptop kita. Semoga bermanfaat!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Laptop Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan"