Widget HTML #1

4 Cara Melihat Versi Windows 11 di Laptop (Home atau Pro)

4 Cara Melihat Versi Windows 11 di Laptop (Home atau Pro)

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang dirilis pada Oktober 2023. Windows 11 memiliki beberapa fitur baru dan peningkatan kinerja yang membuatnya lebih cepat, aman, dan mudah digunakan. Namun, tidak semua laptop dapat menjalankan Windows 11 dengan baik. Ada beberapa persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh laptop Anda agar dapat menginstal dan menjalankan Windows 11 secara optimal.

Salah satu persyaratan yang perlu kita perhatikan adalah versi Windows 11 yang cocok dengan laptop kita. Ada dua versi utama Windows 11 yang tersedia, yaitu Windows 11 Home dan Windows 11 Pro. Kedua versi ini memiliki perbedaan dalam hal fitur, harga, dan lisensi. 

Windows 11 Home adalah versi standar yang ditujukan untuk pengguna rumahan dan personal, sedangkan Windows 11 Pro adalah versi profesional yang ditujukan untuk pengguna bisnis dan korporat.

Untuk mengetahui versi Windows 11 yang sesuai dengan laptop kita, kita perlu mengetahui spesifikasi dan kebutuhan laptop kita terlebih dahulu. Kita juga perlu membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing versi Windows 11 dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita.

Baca juga: Cara Agar Laptop Windows Terkunci Otomatis Saat Tidak Digunakan

Cara Mengetahui Windows 11 Home atau Pro

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk melihat versi Windows 11 di laptop kita:

1. Melalui Pengaturan (Settings)

Cara paling mudah untuk melihat versi Windows 11 di laptop kita adalah melalui pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Settings.
    Buka menu Start dan klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan, atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + I pada Keyboard.

  • Pilih System dan klik Tentang (About) di bagian bawah daftar menu sebelah kanan.

    1. Melalui Pengaturan (Settings)

  • Di bagian Spesifikasi Windows, kita akan melihat informasi tentang Edition, Version, dan Build Windows 11 yang kita gunakan. Edisi menunjukkan apakah kita menggunakan Windows 11 Home atau Windows 11 Pro. Version menunjukkan nomor versi Windows 11 yang kita gunakan, misalnya 22H2, dan Build menunjukkan nomor build Windows 11 yang kita gunakan, misalnya 23595.1001.

    1. Melalui Pengaturan (Settings)

  • Selesai. 

2. Melalui System Information

Cara selanjutnya dapat melalui fitur System Information. Fitur ini memang memiliki fungsi khusus untuk melihat info lebih spesifik dari Windows 11 yang kita gunakan.

Berikut caranya: 

  • Buka System information pada Windows 11. caranya sendiri dapat dilakukan menggunakan fitur Search. Buka Search > ketik System information > pilih System information pada hasil pencarian.

    Melalui System Information

  • Pada bagian OS Name kita akan melihat Windows 11 yang kita gunakan (Home atau Pro).

    Melalui System Information

  • Selesai 

3. Melalui Command Prompt

Cara lain untuk melihat versi Windows 11 di laptop kita adalah melalui Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Search dan ketik cmd di kotak pencarian. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Jalankan sebagai administrator.

    Melalui Command Prompt

  • Ketik perintah berikut di jendela Command Prompt dan tekan Enter: wmic os get caption,version,buildnumber,osarchitecture

  • Kita akan melihat informasi tentang Caption, Version, BuildNumber, dan OSArchitecture Windows 11 yang kita gunakan. Caption menunjukkan nama lengkap Windows 11 yang kita gunakan, misalnya Microsoft Windows 11 Pro. Version menunjukkan nomor versi Windows 11 yang kita gunakan, misalnya 10.0.23595. BuildNumber menunjukkan nomor build Windows 11 yang kita gunakan, misalnya 23595. OSArchitecture menunjukkan arsitektur prosesor Windows 11, misalnya 64-bit.

    Melalui Command Prompt

  • Selesai 

4. Melalui Registry Editor

Cara keempat untuk melihat versi Windows 11 di laptop kita adalah melalui Registry Editor. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Registry Editor.

    Melalui Registry Editor

  • Di jendela Registry Editor, navigasikan ke kunci berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

  • Di panel sebelah kanan, kita akan melihat beberapa nilai yang berhubungan dengan versi Windows 11 yang kita gunakan. Untuk melihat versi Windows 11 yang kita gunakan, silakan lihat pada bagian ProductName

    Melalui Registry Editor

  • Selesai 

Baca juga: Cara Merubah Ukuran dan Warna Mouse Windows 10/11

Demikianlah beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk melihat versi Windows 11 di laptop kita. Dengan mengetahui versi Windows 11 yang kita gunakan, kita dapat menyesuaikan pengaturan, fitur, dan aplikasi yang kita gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan laptop kita. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "4 Cara Melihat Versi Windows 11 di Laptop (Home atau Pro)"