Cara Agar Notepad Selalu Membuka File di Jendela Baru Windows 11

Cara Agar Notepad Selalu Membuka File di Jendela Baru Windows 11

Pada versi Notepad Windows 11 yang lama, saat atau setiap membuka file dengan aplikasi ini akan dibuka pada jendela baru (New Windows). 

Namun saat ini tidak demikian, melainkan setiap file yang dibuka dengan Notepad akan dibuka pada Tab  baru. Perubahan ini terjadi semenjak Notepad memiliki fitur  Tab. 

Memang ada kelebihan tersendiri jika membuka setiap file dengan Notepad, dibuka pada Tab baru. Misalnya saja bisa memudahkan pengguna untuk  beralih ke file lain yang terbuka. Berbeda jika dibuka pada jendela baru. 

Namun terkadang ada beberapa diantara kita tidak menginginkan hal tersebut, kita lebih nyaman ketika file lain yang terbuka pada Notepad Windows 11 dibuka pada jendela baru.

Nah kabar baiknya, pada Notepad Windows 11 tersedia opsi  untuk merubah pengaturan ini. Nantinya pengguna  dapat memilih apakah setiap file yang dibuka, akan dibuka pada jendela baru atau tab baru. 

Baca juga: 4 Cara Cek BIOS Legacy atau UEFI di Windows 10/11

Cara Agar Notepad Selalu Membuka File di Jendela Baru Windows 11

Berikut adalah langkah-langkah membuat Notepad Windows 11 selalu membuka file di jendela baru (New Windows): 

  • Buka aplikasi Notepad di Windows 11.

  • Kemudian klik Settings yang berupa ikon titik tiga sejajar di bagian pojok kanan atas laman.

    Agar Notepad Selalu Membuka File di Jendela Baru Windows 11

  • Setelah itu pada opsi Opening files, silakan pilih Open in a new windows.

    Agar Notepad Selalu Membuka File di Jendela Baru Windows 11

  • Selesai. 
    Setelah ini nantinya setiap kita membuka file dengan Notepad, akan dibuka pada jendela baru. Kemudian  jika ingin mengembalikan seperti semula (setiap file dibuka pada tab baru). Tinggal ubah opsi Opening files menjadi Open in a new tab.

Baca juga: Cara Menggunakan Mode Gelap di Notepad Windows 11

Demikianlah cara agar Notepad dapat membuka file di jendela baru Windows 11. Dengan cara ini, kita dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas kita dalam menggunakan Notepad. 

Menurut saya pribadi, file yang dibuka pada Tab baru juga lebih memudahkan. Karena  akan meminimalkan jumlah jendela yang terbuka. 

Namun sekali lagi ini tergantung dari kita masing-masing, ingin menggunakan opsi yang mana. Kita bisa menyesuaikan dengan preferensi kita.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Notepad Selalu Membuka File di Jendela Baru Windows 11"