Widget HTML #1

4 Cara Cek BIOS Legacy atau UEFI di Windows 10/11

4 Cara Cek BIOS Legacy atau UEFI di Windows 10/11

Untuk alasan tertentu kadang kita ingin mengetahui jenis bios yang sedang digunakan pada Desktop Windows 10 atau 11 yang  kita gunakan.

Untuk mengetahui jenis Bios tersebut biasanya dilakukan dengan masuk ke menu bios, namun cara ini tentunya sangat merepotkan dan bagi pengguna awam kadang mengalami kendala karena tidak pahaman. 

BIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah program yang mengatur komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi pada komputer kita. BIOS juga bertanggung jawab untuk menjalankan proses booting, yaitu memuat sistem operasi dari media penyimpanan ke memori.

UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) adalah sebuah standar yang menggantikan BIOS sebagai antarmuka firmware pada komputer modern. UEFI memiliki beberapa kelebihan dibandingkan BIOS, seperti mendukung partisi GPT (GUID Partition Table) yang dapat menampung kapasitas disk lebih besar, memiliki fitur Secure Boot yang dapat mencegah malware mengganggu proses booting, dan memiliki tampilan grafis yang lebih menarik dan mudah digunakan.

Windows 10 dan Windows 11 adalah sistem operasi yang dapat berjalan baik pada mode BIOS Legacy maupun UEFI. Namun, ada beberapa perbedaan yang perlu kita ketahui, seperti:

Jika kita ingin menginstal Windows 10 atau Windows 11 pada mode UEFI, kita harus menggunakan media instalasi yang berformat GPT, dan sebaliknya, jika kita ingin menginstal Windows 10 atau Windows 11 pada mode BIOS Legacy, kita harus menggunakan media instalasi yang berformat MBR (Master Boot Record).

Kemudian jika  ingin mengubah mode BIOS dari Legacy ke UEFI atau sebaliknya, kita harus mengubah pengaturan pada firmware motherboard kita, dan kemungkinan harus menginstal ulang sistem operasi kita.

Pada intinya mengetahui mode BIOS apa yang digunakan oleh Windows 10 atau Windows 11 kita, kita dapat menggunakan beberapa cara yang akan kita bahas di bawah ini.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Ikon Aplikasi di Taskbar Windows 11 Tidak Muncul

Cara Cek BIOS Legacy atau UEFI di Windows 10/11

Cara 1: Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan System Information

Cara pertama yang dapat kita gunakan untuk mengecek mode BIOS pada Windows 10 atau Windows 11 adalah dengan menggunakan aplikasi System Information yang sudah tersedia secara bawaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka kotak dialog RUN (Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run).

  • Lalu ketik msinfo32 dan tekan Enter. Aplikasi System Information akan terbuka.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan System Information

  • Pada panel kiri, pilih System Summary. Pada panel kanan, cari item yang bernama BIOS Mode. Di sana akan terlihat apakah mode BIOS kita adalah Legacy atau UEFI.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan System Information

  • Selesai. Cara ini sangat mudah dan cepat untuk dilakukan, dan dapat digunakan pada Windows 10 dan Windows 11.

Cara 2: Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan Disk Management

Cara kedua yang dapat kita gunakan untuk mengecek mode BIOS pada Windows 10 atau Windows 11 adalah dengan menggunakan aplikasi Disk Management yang juga sudah tersedia secara bawaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik kanan pada logo Windows, lalu pilih Disk Management. Aplikasi Disk Management akan terbuka.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan Disk Management

  • Lihat pada disk di mana Windows kita terinstal (biasanya Disk 0). Jika disk tersebut memiliki partisi EFI, berarti mode BIOS kita adalah UEFI. Jika disk tersebut memiliki partisi System Reserved, berarti mode BIOS kita adalah Legacy.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan Disk Management

Cara 3: Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan Command Prompt

Cara ketiga yang dapat kita gunakan untuk mengecek mode BIOS pada Windows 10 atau Windows 11 adalah dengan menggunakan aplikasi Command Prompt yang merupakan aplikasi berbasis teks yang dapat menjalankan berbagai perintah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Command Prompt sebagai administrator.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan Command Prompt

    Caranya: Buka Search, kemudian ketikan Command Prompt. Lalu silakan pilih Run as administrator.

  • Setelah itu, ketik perintah berikut dan tekan Enter: bcdedit

  • Lihat pada bagian Windows Boot Manager. Jika ada item yang bernama path dan nilainya adalah \EFI\Microsoft\Boot\bootmgfw.efi, berarti mode BIOS kita adalah UEFI. Sementara jika nilainya \EFI\Microsoft\Boot\bootmgfw.exe, berarti mode BIOS kita adalah Legacy.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan Command Prompt

Cara 4: Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan PowerShell

Cara keempat yang dapat kita gunakan  adalah dengan menggunakan aplikasi PowerShell yang merupakan aplikasi berbasis teks yang lebih canggih dan fleksibel daripada Command Prompt.

 Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Windows + X, lalu pilih Terminal (Admin). Aplikasi PowerShell akan terbuka sebagai Administrator.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan PowerShell

  • Ketik perintah berikut dan tekan Enter: $env:firmware_type.

  • Setelah itu nantinya akan muncul jenis Bios yang kita gunakan. Seperti gambar dibawah.

    Cek BIOS Legacy atau UEFI dengan PowerShell

  • Selesai. 

Baca juga: Cara Agar Notepad Selalu Membuka File di Jendela Baru Windows 11

Demikianlah artikel yang saya buat tentang cara cek BIOS Legacy atau UEFI pada Windows 10 atau Windows 11. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua mengetahui mode BIOS yang digunakan oleh sistem operasi yang kalian gunakan, dan memberikan informasi yang berguna. 

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "4 Cara Cek BIOS Legacy atau UEFI di Windows 10/11"