Widget HTML #1

Tips Agar Google Chrome Android Otomatis Menggunakan Mode Samaran

Tips Agar Google Chrome Android Otomatis Menggunakan Mode Samaran

Google Chrome adalah salah satu browser paling populer di dunia, terutama di perangkat Android. Namun, apakah kalian tahu bahwa Google Chrome juga memiliki fitur yang dapat menjaga privasi kita saat menjelajah internet? Fitur ini disebut mode Samaran.

Mode Samaran adalah mode penjelajahan yang tidak menyimpan histori, cookie, data situs, atau informasi yang dimasukkan dalam formulir di perangkat kita. Ini berarti aktivitas kita tidak muncul di histori browser Chrome, sehingga orang lain yang juga menggunakan perangkat kita tidak akan melihat aktivitas kita. Situs juga akan melihat kita sebagai pengguna baru dan tidak akan mengetahui siapa kita, selama kita tidak login.

Mode Samaran sangat berguna jika kita ingin menjelajah internet secara rahasia, misalnya untuk mencari informasi pribadi, membeli hadiah, atau mengakses situs yang sensitif. Namun, mode Samaran juga memiliki beberapa keterbatasan, seperti:

  • Mode Samaran tidak mencegah kita memberi tahu situs siapa diri kita. Jika kita login ke situs dalam mode Samaran, situs tersebut akan mengetahui bahwa kitalah yang menjelajah dan dapat melacak aktivitas kita sejak saat itu.

  • Selanjutnya mode Samaran tidak mencegah aktivitas atau lokasi kita terlihat oleh situs yang dikunjungi, sekolah, perusahaan, atau Internet Service Provider. Mereka mungkin dapat melihat aktivitas kita melalui alamat IP, DNS, atau software pelacakan lainnya.

  • Kemudian mode Samaran juga tidak mencegah situs yang kita kunjungi menayangkan iklan berdasarkan aktivitas kita sebelumnya (ketika tidak menggunakan sesi tertutup) selama sesi Samaran saat ini. Namun setelah kita menutup semua jendela Samaran, situs tidak akan dapat menayangkan iklan kepada kita berdasarkan aktivitas logout selama sesi tertutup tersebut.

Oleh karena itu, mode Samaran bukanlah solusi sempurna untuk menjaga privasi kita saat menjelajah internet. Kita tetap perlu berhati-hati dalam membagikan informasi di internet. Kita juga dapat menggunakan alat tambahan seperti VPN, proxy, atau Tor untuk meningkatkan privasi.

Namun, jika kita tetap ingin menggunakan mode Samaran, ada cara untuk membuat Google Chrome Android otomatis menggunakan mode Samaran setiap kali kita membuka browser. Caranya adalah sebagai berikut.

Baca juga: 2 Cara Agar Tab Google Chrome Tidak Hilang di Laptop Saat Ditutup

Agar Google Chrome Android Otomatis Menggunakan Mode Samaran

  • Cari Google Chrome pada daftar aplikasi di Android.

  • Kemudian tekan dan tahan, hingga muncul jendela baru di atasnya. Jika sudah silakan tekan dan tekan Tab Samaran Baru hingga muncul ikon mode samaran Google Chrome, jika sudah lepaskan.

    Agar Google Chrome Android Otomatis Menggunakan Mode Samaran

  • Nantinya akan muncul aplikasi baru Google Chrome namun memiliki lambang mode samaran.

    Agar Google Chrome Android Otomatis Menggunakan Mode Samaran

  • Selanjutnya coba buka ikon Google Chrome mode samaran yang sudah berhasil dibuat tersebut, maka nantinya secara otomatis akan selalu menggunakan mode samaran. 

  • Sementara jika ingin menonaktifkan fitur otomatis mode samaran ini, silakan tekan dan tahan lalu arahkan ke opsi penghapusan.

  • Selesai.

Baca juga: Cara Mengirim Halaman Terbuka Google Chrome ke Perangkat Lain

Dengan cara ini, kita tidak perlu repot-repot membuka jendela Samaran baru setiap kali Anda ingin menjelajah secara rahasia. Namun, ingatlah bahwa mode Samaran tidak menjamin 100% privasi kita.. Kita tetap harus berhati-hati dalam menjelajah internet dan menggunakan alat tambahan jika perlu.

Demikian artikel yang saya buat dengan judul tips agar Google Chrome Android otomatis menggunakan mode samaran. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Google Chrome Android Otomatis Menggunakan Mode Samaran"