Widget HTML #1

2 Cara Agar Tab Google Chrome Tidak Hilang di Laptop Saat Ditutup

Cara Agar Tab Google Chrome Tidak Hilang di Laptop Saat Ditutup

Google Chrome memiliki fitur yang memudahkan kita untuk menjelajah internet, seperti tab, bookmark, history, extension, dan lain-lain. Namun, ada satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Google Chrome, yaitu tab yang hilang saat browser ditutup.

Tab adalah fitur yang memungkinkan kita untuk membuka banyak halaman web dalam satu jendela browser. Tab sangat berguna untuk kita yang sering multitasking atau melakukan banyak hal sekaligus di internet. Misalnya, kita bisa membuka email, media sosial, berita, video, dan lain-lain dalam tab yang berbeda. Dengan begitu, kita tidak perlu membuka banyak jendela browser yang bisa memperlambat kinerja laptop.

Namun, terkadang kita lupa atau sengaja menutup browser tanpa menyimpan tab yang sedang kita buka. Hal ini bisa menyebabkan kita kehilangan tab yang penting atau yang belum selesai kita baca. Apalagi jika kita tidak ingat alamat web atau judul halaman yang kita buka. Tentu saja, hal ini sangat merepotkan dan bisa membuat kita stres.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini adalah beberapa cara agar tab Google Chrome tidak hilang di laptop saat ditutup.

Baca juga: Google Chrome Kini Perlihatkan Penggunaan RAM Pada Setiap TAB Yang Dibuka

Cara Agar Tab Google Chrome Tidak Hilang di Laptop Saat Ditutup

1. Menggunakan fitur "Continue where you left off"

Fitur ini adalah fitur bawaan dari Google Chrome yang memungkinkan kita untuk melanjutkan sesi browsing yang terakhir kita lakukan. Dengan fitur ini, kita bisa membuka kembali tab yang hilang saat browser ditutup. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Chrome dan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.

  • Pilih menu "Settings" atau "Pengaturan".

    Menggunakan fitur "Continue where you left off"

  • Gulir ke bawah dan klik  "On startup" atau "Saat memulai", lalu pilih opsi "Continue where you left off" atau "Lanjutkan dari halaman terakhir yang dibuka".

    Menggunakan fitur "Continue where you left off"

  • Setelah itu coba tutup dan buka kembali Google Chrome. Tab yang sebelumnya dibuka akan muncul kembali seperti sedia kala.

  • Selesai.

2. Menggunakan Fitur "History"

Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan kita untuk melihat dan membuka kembali tab yang baru saja kita tutup. Fitur ini bisa kita akses dengan cara berikut:

  • Buka Google Chrome dan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.

  • Pilih menu "History" atau "Riwayat".

    Menggunakan Fitur "History"

  • Di bagian bawah, kita akan melihat daftar tab yang baru saja kita tutup. Klik tab yang ingin kita buka kembali.

    Menggunakan Fitur "History"

  • Selesai. 

Kelebihan dan Kekurangan Tab Google Chrome Tidak Hilang di Saat Ditutup

Dari kedua opsi tersebut, opsi yang paling banyak dipilih oleh pengguna Google Chrome adalah opsi kedua, yaitu "Continue where you left off" atau "Lanjutkan dari halaman terakhir yang dibuka". Opsi ini dianggap sebagai fitur yang sangat berguna dan bermanfaat, karena kita tidak perlu khawatir kehilangan tab yang penting atau yang belum selesai kita baca. 

Namun, apakah opsi ini benar-benar sempurna dan tidak memiliki kekurangan? Tentu saja tidak. Seperti halnya fitur lainnya, opsi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari opsi "Continue where you left off" atau "Lanjutkan dari halaman terakhir yang dibuka" Google Chrome.

Kelebihan

1. Menghemat Waktu dan Usaha.

Dengan opsi ini, kita tidak perlu mengingat atau mencari kembali alamat web atau judul halaman yang kita buka sebelumnya. Kita bisa langsung melanjutkan browsing dari tempat kita berhenti, tanpa harus membuka tab baru atau mengetik ulang alamat webnya.

2. Menjaga Kontinuitas Browsing. 

Opsi ini, akan membuat kita bisa melanjutkan browsing dengan lancar dan tanpa gangguan. Kita bisa kembali ke halaman yang sedang kita baca, menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan banyak tab terbuka, atau melihat kembali informasi yang penting atau menarik yang kita temukan di internet.

3. Menghindari Kehilangan Tab Yang Penting. 

Kemudian kita juga tidak perlu khawatir kehilangan tab yang penting atau yang belum selesai kita baca. Misalnya, jika kita sedang membaca artikel panjang, menonton video, mengisi formulir, atau melakukan transaksi online, kita bisa menutup browser tanpa takut tab tersebut hilang. Kita bisa membuka kembali tab tersebut saat kita membuka browser lagi.

Kekurangan

1. Membebani Kinerja Laptop. 

Dengan opsi ini, Google Chrome akan membuka kembali semua tab yang terakhir kita buka saat kita menutup browser. Jika tab yang kita buka terlalu banyak atau berat, hal ini bisa membebani kinerja laptop kita. Laptop kita bisa menjadi lambat, lemot, atau bahkan hang. Selain itu, tab yang terbuka juga bisa menghabiskan kuota internet kita, terutama jika tab tersebut mengandung konten yang dinamis atau bergerak, seperti video, animasi, atau iklan.

2. Membahayakan Privasi. 

Jika tab yang kita buka mengandung informasi sensitif atau pribadi, hal ini bisa membahayakan privasi kita. Misalnya, jika kita sedang membuka email, media sosial, akun bank, atau situs lain yang membutuhkan login, tab tersebut bisa terbuka kembali saat kita membuka browser lagi. Jika laptop kita digunakan oleh orang lain, orang tersebut bisa melihat atau mengakses informasi pribadi kita tanpa sepengetahuan kita.

3. Mengganggu Konsentrasi.

Tab yang kita buka dan tidak relevan dengan tujuan browsing saat ini, hal ini bisa mengganggu konsentrasi kita. Misalnya, jika kita sedang browsing untuk belajar, bekerja, atau mencari informasi penting, tab yang terbuka kembali bisa membuat kita teralihkan atau tergoda untuk membuka halaman yang tidak penting, seperti berita, hiburan, atau permainan.

Baca juga: Tips Agar Google Chrome Android Otomatis Menggunakan Mode Samaran

Demikianlah beberapa cara agar tab Google Chrome tidak hilang di laptop saat ditutup. Dengan menggunakan fitur atau ekstensi yang sesuai, kita bisa menghindari kehilangan tab yang penting atau yang belum selesai kita baca.

Opsi ini bisa menjadi fitur yang sangat berguna dan bermanfaat, atau bisa menjadi fitur yang sangat merepotkan dan membahayakan, tergantung pada cara kita menggunakannya. Oleh karena itu, kita perlu bijak dan hati-hati dalam memilih opsi ini, sesuai dengan kebutuhan dan situasi kita.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "2 Cara Agar Tab Google Chrome Tidak Hilang di Laptop Saat Ditutup"