Widget HTML #1

4 Cara Scan Barcode Maps di Undangan Tanpa Aplikasi Lewat Android

4 Cara Scan Barcode Maps di Undangan Tanpa Aplikasi Lewat Android

Jika kalian telah menerima undangan untuk acara atau pertemuan, terkadang kalian akan menemukan barcode yang tercetak pada undangan. Barcode ini biasanya berisi informasi tentang acara, termasuk lokasi dan waktu. 

Namun, untuk melihat informasi tersebut, kalian harus memindai barcode menggunakan aplikasi khusus. Tapi, bagaimana jika kalian tidak ingin meng-instal aplikasi tambahan di ponsel kalian? 

Nah pada artikel ini saya akan memberikan tips tentang cara scan barcode maps di undangan tanpa aplikasi lewat Android.

Pindai barcode di undangan dengan cepat dan mudah bisa menjadi kunci sukses kehadiran kalian di suatu acara. 

Biasanya, orang menggunakan aplikasi khusus untuk memindai barcode. Namun, aplikasi ini memerlukan memori penyimpanan dan penggunaan baterai ponsel. Tentu hal tersebut terkadang membuat beberapa pengguna tidak menginginkannya.

Jika kalian tidak ingin meng-instal aplikasi tambahan di ponsel untuk memindai kode barcode, tetapi masih ingin melihat informasi yang berkaitan dengan acara, maka tidak usah kawatir. 

Karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memindai barcode tanpa harus Install aplikasi scan barcode.

Ok langsung saja simak penjelasan di bawah ini mengenai cara scan barcode maps di undangan tanpa aplikasi lewat ponsel Android.

Baca juga: Cara Membuat Barcode Maps di PC dan Android Untuk Undangan

4 Cara Scan Barcode Maps di Undangan Tanpa Aplikasi Lewat Android

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk scan barcode maps di undangan tanpa aplikasi lewat Android. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan:

1. Cara Pertama (Lewat Aplikasi Google Yang Berada di Bagian Bawah Layar)

Pada setiap ponsel Android sendiri biasanya terdapat aplikasi Google yang berada di bagian bawah layar. Fitur ini berfungsi untuk mempermudah pengguna jika ingin mencari informasi lewat Google Search. 

Nah pada Google Search sekarang ini terdapat fitur Google Lens, yang dapat digunakan untuk mencari informasi menggunakan gambar. 

Fitur Google Lens tersebut ternyata dapat juga digunakan untuk melakukan scan sebuah barcode. Untuk lebih jelasnya berikut caranya:

  • Silakan tekan ikon kamera yang ada pada shortcut aplikasi Google yang berada pada bagian bawah layar.

    Lewat Aplikasi Google Yang Berada di Bagian Bawah Layar (1)

  • Setelah itu arahkan kamera ke kode barcode yang akan di scan atau pindai.

    Lewat Aplikasi Google Yang Berada di Bagian Bawah Layar (2)

  • Selanjutnya akan muncul alamat URL yang berasal dari kode barcode yang di scan, pada tahap ini silakan tekan URL yang muncul tersebut.

    Lewat Aplikasi Google Yang Berada di Bagian Bawah Layar (3)

  • Nah setelah menekan URL yang muncul dari kode barcode, secara otomatis nantinya akan diarahkan ke aplikasi maps yang ada pada ponsel kalian.

    Lewat Aplikasi Google Yang Berada di Bagian Bawah Layar (4)

  • kemudian langkah selanjutnya kalian dapat mencari rute dengan menggunakan aplikasi maps untuk menuju lokasi pada undangan.

  • Selesai.


2. Cara Kedua (Menggunakan Aplikasi Google Secara Langsung)

Untuk cara kedua ini sebenarnya hampir mirip seperti cara pertama, hanya saja yang membedakan kita langsung membuka aplikasi Google pada ponsel. 

Cara ini cocok digunakan apabila shortcut atau pintasan aplikasi Google tidak ada pada bagian bawah layar. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka aplikasi Google pada ponsel.

    Menggunakan Aplikasi Google Secara Langsung (1)

  • Tekan ikon kamera yang berada di samping kolom search Google.

    Menggunakan Aplikasi Google Secara Langsung (2)

  • Arahkan kamera ke kode barcode yang akan di scan atau pindai.

  • Akan muncul alamat URL yang berasal dari kode barcode yang di scan, pada tahap ini silakan tekan URL yang muncul tersebut.

  • Nah setelah menekan URL yang muncul dari kode barcode, secara otomatis nantinya akan diarahkan ke aplikasi maps yang ada pada ponsel kalian. Lokasi titik koordinat lokasi akan langsung muncul pada aplikasi maps.

  • Kemudian langkah selanjutnya kalian dapat mencari rute dengan menggunakan aplikasi map untuk menuju lokasi pada undangan.

  • Selesai.


3. Cara Ketiga (Menggunakan Browser) 

Dalam melakukan scan barcode bisa juga menggunakan sebuah Browser, walaupun pada dasarnya tetap memanfaatkan fitur Google Lens yang ada pada Search Google. 

Berikut tutorialnya: 

  • Buka Browser pada ponsel.
    Browser yang digunakan bebas, namun dalam contoh di sini saya menggunakan Google Chrome.

  • Kunjungi alamat Google Search: https://www.google.com/
    Jika kalian menggunakan Browser Google Chrome biasanya akan langsung ke halaman beranda, di mana pada halaman ini akan langsung menggunakan Google Search.

    Namun jika kalian menggunakan Browser lain dan tidak mengarah ke Google Search, maka silakan terlebih dulu menuju ke alamat Google Search.

  • Selanjutnya silakan tekan ikon kamera yang berada di bagian samping kanan Google Search.

    Menggunakan Browser

  • Arahkan kamera ke kode barcode yang akan di scan atau pindai.

  • Akan muncul alamat URL yang berasal dari kode barcode yang di scan, pada tahap ini silakan tekan URL yang muncul tersebut.

  • Nah setelah menekan URL yang muncul dari kode barcode, secara otomatis nantinya akan diarahkan ke aplikasi maps yang ada pada ponsel kalian. Lokasi titik koordinat lokasi akan langsung muncul pada aplikasi maps.

  • Kemudian langkah selanjutnya kalian dapat mencari rute dengan menggunakan aplikasi map untuk menuju lokasi pada undangan.

  • Selesai.


4. Cara Keempat (Melalui Situs qrcodescan.in)

Selain menggunakan fitur Google Lens, seperti yang sudah dijelaskan pada tiga cara di atas. Dalam melakukan scan kode barcode tanpa aplikasi bisa juga dilakukan melalui situs online. 

Situs tersebut adalah qrcodescan.in. Situs tersebut memerikan layanan scam barcode tanpa harus install aplikasi scanner. 

Berikut caranya: 

  • Buka Browser

  • Kunjungi alamat URL berikut:  https://qrcodescan.in/

  • Kemudian berikan izin untuk akses kamera.

    Melalui Situs qrcodescan.in (1)

  • Arahkan kamera ke kode barcode untuk memulai scan.

  • Selanjutnya akan muncul alamat URL lokasi.

    Melalui Situs qrcodescan.in (2)

  • Langkah selanjutnya silakan blok alamat URL yang muncul tersebut dengan cara menekan hingga semua URL terblok semua, lalu silakan pilih Open.

    Melalui Situs qrcodescan.in (3)

  • Nah nantinya akan langsung diarahkan ke aplikasi maps pada ponsel kalian (langsung mengarah ke aplikasi Google Maps).

  • Selesai
    Nah untuk selanjutnya kalian dapat langsung menuju ke lokasi sesuai yang berada pada code barcode tadi, dengan mengikuti petunjuk aplikasi Google Maps. 

Baca juga: Cara Mengukur Jarak Garis Lurus di Google Maps Android dan PC

Itulah beberapa cara scan barcode maps di undangan tanpa aplikasi lewat Android yang dapat kalian coba. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi kalian dapat memilih cara yang paling cocok untuk kalian gunakan. 

Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat memindai barcode untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "4 Cara Scan Barcode Maps di Undangan Tanpa Aplikasi Lewat Android"