Widget HTML #1

12 Fungsi Tombol ESC Yang Jarang Diketahui Pengguna Komputer Windows

Fungsi Tombol ESC Yang Jarang Diketahui Pengguna Komputer Windows

Tombol ESC atau Escape adalah salah satu tombol yang paling sering kita gunakan saat menggunakan komputer Windows. Tombol ini biasanya berfungsi untuk membatalkan atau menutup sesuatu yang sedang kita lakukan, seperti dialog, menu, atau program. 

Tombol ESC, atau Escape, pertama kali diperkenalkan pada keyboard komputer IBM Model 83 pada tahun 1981. Tujuan utamanya adalah memberikan mekanisme "escape" dari perintah atau mode yang sedang berlangsung di komputer. 

Tombol ini menjadi sangat umum dalam pemrograman, di mana digunakan untuk menghentikan atau membatalkan perintah, serta dalam aplikasi tertentu sebagai jalan pintas atau untuk fungsi khusus. 

Tombol ESC juga memiliki peran dalam fungsi sistem operasi, seperti membuka Task Manager di Windows dengan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC. Seiring evolusi teknologi, desain dan penempatan tombol ESC pada keyboard dapat bervariasi, tetapi perannya tetap integral dalam memberikan fleksibilitas dan kontrol kepada pengguna komputer. 

Selain itu tombol ESC juga banyak digunakan di industri permainan (gaming) sebagai sarana untuk membuka menu atau menghentikan permainan. Meskipun tampak sederhana, tombol ESC tetap relevan dan terus memberikan kontribusi dalam menyediakan kontrol yang efektif dalam pengoperasian komputer modern.

Namun, tahukah kalian bahwa tombol ESC memiliki banyak fungsi lain yang jarang diketahui oleh pengguna komputer Windows? Melalui artikel ini saya akan mencoba berbagi mengenai fungsi tombol ESC pada laptop Windows lebih lengkap lagi. 

Sehingga dengan mengetahui fungsi-fungsi dari tombol ESC ini, nantinya kita dapat lebih mudah dan dapat memaksimalkan dalam penggunaan komputer maupun laptop.

Baca juga: Masih Recommended Kah Menggunakan Windows 7 Saat Ini 2024?

Fungsi Tombol ESC Yang Perlu Diketahui

Berikut adalah fungsi tombol ESC yang mungkin berguna untuk kita:

1. Membuka Menu Start.

Jika kita sedang menggunakan Windows, kita bisa menekan tombol CTRL + ESC untuk membuka menu Start yang berisi aplikasi, pengaturan, dan fitur lain yang ada di komputer kita. Ini bisa memudahkan kita untuk mengakses apa yang kita butuhkan tanpa harus menggunakan mouse atau touchpad.

2. Menutup Menu Konteks. 

Melakukan klik kanan pada sesuatu, seperti file, folder, atau ikon, kita akan melihat menu konteks yang berisi berbagai pilihan. Jika  ingin menutup menu konteks tanpa memilih salah satu pilihan, bisa menekan tombol ESC. Maka menu konteks tersebut akan langsung tertutup.

3. Menghentikan Proses Loading Halaman Web. 

Fungsi tombol selanjutnya ialah menghentikan loading halaman Web. Saat membuka halaman web, kadang kita mengalami loading yang lama atau tidak mau terbuka, kita bisa menekan tombol ESC untuk menghentikan proses loadingnya. Hal ini tentunya bisa menghemat waktu dan bandwidth kita.

4. Menutup Pesan Pop-Up Pada Halaman Web. 

Mendapatkan pesan pop-up yang mengganggu, seperti iklan, peringatan, atau permintaan kadang dapat membuat kita jengkel saat berselancar di Internet.

Untuk mengatasi hal itu, kita bisa menekan tombol ESC untuk menutupnya tanpa harus mengklik tombol OK atau Cancel. Ini bisa membantu kita menghindari klik yang tidak sengaja atau tidak diinginkan.

Cara ini sangat cocok digunakan ketika kita membuka suatu halaman web yang memiliki atau muncul banyak Pop-Up iklan.

5. Menonaktifkan Mode Layar Penuh. 

Saat menonton video, seperti di YouTube, di suatu situs atau mungkin menonton video secara offline di komputer kita. Tak jarang kita mengaktifkan mode layar penuh.

Jika kita sedang menonton video layar penuh, kita bisa menekan tombol ESC untuk menonaktifkan mode tersebut dan kembali ke mode jendela biasa. Ini bisa membantu kita mengakses fitur lain di komputer kita tanpa harus keluar dari video yang sedang kita tonton.

6. Mengakhiri Presentasi. 

Jika kita sedang melakukan presentasi dengan menggunakan program seperti Microsoft PowerPoint, kita bisa menekan tombol ESC untuk mengakhiri presentasi tersebut dan kembali ke mode editing. 

Banyak muncul pertanyaan, apa yang kamu ketahui tentang fungsi tombol ESC saat penampilan slide presentasi? Maka jawabannya adalah untuk menutup atau mengakhiri mode presentasi.

Pertanyaan ini biasanya sering ditanyakan bagi mereka yang masih awam dalam penggunaan aplikasi presentasi macam Microsoft Power Point. 

Karena memang pada aplikasi presentasi, saat mode presentasi diaktifkan maka hanya akan menampilkan halaman data yang di presentasikan, tanpa adanya tombol-tombol lain. Sehingga kadang  banyak pengguna awam yang merasa kebingungan bagaimana mematikannya.

7. Menutup Mode Pencarian. 

Fitur Search atau pencarian dapat mempermudah pencarian sesuatu, misalnya kita mencari sesuatu di komputer, seperti file, folder, atau program, kita bisa menekan tombol ESC untuk menutup mode pencarian dan kembali ke mode normal. 

Tindakan ini tentu saja akan sangat bermanfaat  jika kita sudah menemukan apa yang di cari atau ingin mengganti kata kunci pencarian lain.

8. Menutup Game. 

Pada beberapa game tertentu, untuk keluar dari game tersebut saat  game dimainkan. Dilakukan dengan menggunakan tombol ESC. 

Bisa dikatakan jika fungsi ESC pada game ini ialah untuk Exit/Quit game. 

9. Menampilkan Halaman Menu Pada Game

Saat menjalankan game dan kemudian kita ingin membuka halaman menu. Maka biasanya menggunakan tombol ESC. 

Hal ini bertujuan agar para pemain game dapat melakukan perubahan pengaturan pada game yang sedang di mainkan dengan mudah dan cepat.

10. Melakukan Paus Game 

Sebenarnya fungsi ini hampir mirip seperti fungsi sebelumnya, yaitu menampilkan halaman menu pada game yang sedang dijalankan. 

Namun bedanya ada game yang ketika halaman menu ditampilkan maka game akan berhenti atau pause. Tapi ada juga beberapa game yang masih berjalan. 

Hal ini tergantung dari game yang sedang dimainkan, namun rata-rata dalam melakukan pause game dilakukan menggunakan tombol ESC. 

11. Menutup Kotak Dialog 

Kotak dialog disini merupakan halaman yang muncul ketika kita mengakses suatu fitur pada sebuah program atau aplikasi. Nah untuk menutup kotak dialog tersebut kita bisa menggunakan tombol ESC.

Misal kita membuka kotak dialog Run pada Windows, untuk menutupnya kita bisa hanya dengan menekan tombol ESC, tanpa harus mengeklik tombol cancel. 

Contoh lagi, misalnya kita sedang menjalankan aplikasi Microsoft Word. Kemudian kita mengakses fitur Find and Replace, maka akan muncul kotak dialog. Nah untuk menutup kotak dialog Find and replace tersebut dapat hanya dengan menekan tombol ESC.

12. Membuka Task Manager

Mungkin kalian pernah ditanya teman kalian, CTRL + SHIFT + ESC berfungsi untuk apa pada laptop/pc Windows? Maka jawabnya adalah untuk membuka Task manager. 

Pada Windows sendiri ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam membuka Task Manager, salah satunya yaitu dengan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC.

Baca juga: Perbedaan Fungsi Tombol Delete dan Backspace Pada Keyboard Laptop/PC

Sebenarnya fungsi tombol ESC pada Windows sangatlah banyak dari apa yang sudah disebutkan di atas. Semuanya tergantung dari aplikasi atau program yang digunakan.

Jadi silakan eksplorasi sendiri fungsi dari tombol ESC ini untuk mendapatkan lebih banyak informasi, pada setiap aplikasi atau program yang kalian gunakan. 

Itulah beberapa fungsi tombol ESC yang jarang diketahui pengguna komputer Windows. Dengan mengetahui fungsi-fungsi tersebut, kita bisa memanfaatkan tombol ESC dengan lebih optimal dan efisien.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua tentang tombol ESC. Jika ada yang memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "12 Fungsi Tombol ESC Yang Jarang Diketahui Pengguna Komputer Windows"