Widget HTML #1

Perbedaan Fungsi Tombol Delete dan Backspace Pada Keyboard Laptop/PC

Perbedaan Fungsi Tombol Delete dan Backspace Pada Keyboard Laptop/PC

Kita pasti sudah tidak asing dengan  tombol Delete dan Backspace. Dua tombol ini sering digunakan saat mengetik di laptop atau PC. 

Namun, apakah kalian tahu apa perbedaan fungsi dari kedua tombol ini? Jika tidak, maka artikel ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat dan jelas perbedaan fungsi tombol delete dan backspace pada keyboard laptop/PC.

Dengan mengetahui perbedaan dari kedua tombol ini dan mengetahui juga fungsinya secara jelas, nantinya akan membuat kita bisa memanfaatkan tombol ini dengan lebih maksimal lagi. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail perbedaan antara tombol Delete dan Backspace serta kapan sebaiknya Anda menggunakannya.

Pengertian Tombol Delete dan Backspace 

1. Tombol Delete 

Tombol Delete adalah tombol yang berfungsi untuk menghapus karakter yang berada di sebelah kanan kursor. 

Misalnya, jika kita mengetik kata “kamu” dan kursor berada di antara huruf “a” dan “m”, maka jika kita menekan tombol delete, huruf “m” akan terhapus. Tombol Delete biasanya berada di sebelah kanan pojok atas keyboard, di atas tombol panah.

2. Tombol Backspace 

Tombol Backspace adalah tombol yang berfungsi untuk menghapus karakter yang berada di sebelah kiri kursor. 

Misalnya, jika kita mengetik kata “rumah” dan kursor berada di antara huruf “u” dan “m”, maka jika menekan tombol Backspace, huruf “u” akan terhapus. Tombol backspace biasanya berada di sebelah kanan atas keyboard, di atas tombol Enter.

Perbedaan Fungsi Tombol Delete dan Backspace

Tombol Delete digunakan untuk menghapus teks atau objek yang berada di sebelah kanan kursor. Ini berguna ketika kita ingin menghapus karakter atau objek setelah posisi kursor tanpa perlu menggerakkan kursor itu sendiri.

Sementara tombol Backspace, di sisi lain, digunakan untuk menghapus teks atau objek yang berada di belakang atau sebelah kiri kursor. 

Jika kita ingin menghapus karakter atau objek sebelum posisi kursor, tombol Backspace adalah pilihan yang tepat. Ini memungkinkan kita untuk memodifikasi teks atau konten sebelum kursor tanpa harus menggerakkan kursor.

Kombinasi Tombol CTRL Dengan Tombol Delete dan Backspace

Ternyata tombol Delete dan Backspace memiliki fungsi lain jika di kombinasi dengan tombol CTRL, fungsi tersebut yaitu: 

1. CTRL + Delete

Kombinasi tombol CTRL + Delete digunakan untuk menghapus kata setelah kursor (kata sebelah kanan kursor) tanpa harus menghapus karakter demi karakter. Ini merupakan cara cepat untuk menghapus teks dalam sejumlah besar kata tanpa harus menghapus satu karakter demi satu.

2. CTRL + Backspace

Kombinasi tombol CTRL + Backspace, sebaliknya, digunakan untuk menghapus kata sebelum kursor (kata sebelah kiri kursor).

Fungsi Tombol Delete dan Backspace Pada File Explorer

Fungsi Tombol Delete dan Backspace yang sudah dijelaskan sebelumnya, merupakan fungsi dalam pengeditan dokumen atau project lainnya. 

Sementara jika pada aplikasi File Explorer, Fungsi Tombol Delete dan Backspace memiliki fungsi tersendiri, yaitu: 

  • Tombol Delete berfungsi untuk menghapus file atau folder yang dipilih dari lokasi asalnya. File atau folder yang dihapus dengan tombol delete akan dipindahkan ke recycle bin, kecuali jika ukurannya melebihi kapasitas recycle bin atau jika dihapus dengan menekan shift + delete. Dalam hal ini, file atau folder akan dihapus secara permanen tanpa bisa dikembalikan.

  • Tombol Backspace berfungsi untuk kembali ke folder sebelumnya yang telah dibuka dalam file explorer. Misalnya, jika kita sedang berada di folder C:\Documents\Pekerjaan, maka jika kita menekan tombol Backspace, kita akan kembali ke folder D:\Documents.

    Tombol backspace juga bisa digunakan untuk menghapus karakter yang telah diketik di kotak pencarian File Explorer, atau bisa juga menghapus karakter pada pengeditan nama file/folder.

Baca juga: Arti Update dan Upgrade Dalam Dunia Teknologi yang Perlu Diketahui

Dalam penggunaan keyboard laptop atau PC, memahami perbedaan antara tombol Delete dan Backspace sangat penting. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda pula. Sebagai pengguna, kita dapat memanfaatkan kedua tombol ini dengan benar sesuai dengan kebutuhan kita

Demikianlah artikel singkat mengenai perbedaan fungsi tombol Delete dan Backspace pada Keyboard laptop/PC. Semoga bermanfaat!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk " Perbedaan Fungsi Tombol Delete dan Backspace Pada Keyboard Laptop/PC"