Widget HTML #1

Cara Setting Resolusi Monitor di Windows 10/11

Cara Setting Resolusi Monitor di Windows 10/11

Resolusi monitor adalah ukuran gambar yang ditampilkan pada layar komputer. Resolusi monitor yang tinggi akan membuat gambar lebih tajam dan detail, tetapi juga membutuhkan lebih banyak daya dan memori. Resolusi monitor yang rendah akan membuat gambar lebih besar dan mudah dilihat, tetapi juga kurang jelas dan berkualitas.

Tentu saja dalam menggunakan atau menentukan resolusi yang digunakan pada sebuah Desktop, harus disesuaikan dengan kemampuan Desktop itu sendiri. Karena pada kenyataannya setiap Desktop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. 

Pada sistem operasi Windows sendiri, biasanya setelan resolusi layar monitor yang digunakan akan secara otomatis menggunakan opsi yang direkomendasikan. 

Jadi saat pertama kali perangkat digunakan atau di Install OS Windows, resolusi yang dipilih merupakan resolusi maksimal yang dapat digunakan oleh perangkat tersebut. 

Namun jika ingin melakukan perubahan, maka hal tersebut juga sangat mudah dilakukan. Pengguna dapat melakukannya melalui menu setelan atau Settings. 

Baca juga: Cara Mengatur Custom Scale Windows 10/11

Cara Setting Resolusi Monitor di Windows 10/11

Untuk mengatur resolusi monitor pada Windows 10/11, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Mengatur Resolusi Windows 11 

  • Buka Windows Settings.

  • Kemudian navigasikan ke System > Display.

  • Di bawah bagian Scale and layout (Skala dan tata letak), kalian bisa melihat opsi Resolution atau Resolusi. Klik pada kotak drop-down dan pilih resolusi yang kita inginkan. Resolusi yang direkomendasikan oleh Windows biasanya ditandai dengan Recommended (Disarankan).

    Mengatur Resolusi Windows 11

  • Jika kita puas dengan resolusi yang dipilih, klik Keep changes (Simpan perubahan). Namun jika ingin kembali ke resolusi sebelumnya, klik Revert (Kembalikan).

    Mengatur Resolusi Windows 11

  • Selesai 

2. Mengatur Resolusi di Windows 10

Kemudian bagi pengguna Windows 10, jika ingin mengatur resolusi layar. Maka caranya kurang lebih sama, hanya saja mungkin tampilan menu Settings yang agak sedikit berbeda. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah caranya:

  • Buka Windows Settings.

  • Kemudian pilih System > Display.

  • Pada opsi Display Resolution, silakan ganti resolusi yang ingin digunakan.

  • Selesai. 

Catatan: 

Setiap perangkat memiliki kemampuan yang berbeda-beda pada resolusi yang digunakan, hal ini menyesuaikan dengan spesifikasi perangkat. Terutama pada spesifikasi layar monitor.

Namun kita tidak usah kawatir, karena Windows secara otomatis akan memberikan rekomendasi resolusi yang digunakan. Jadi sebaiknya gunakan atau pilih resolusi sesuai yang direkomendasikan Windows.

Baca juga: Cara Mengubah Fungsi Tombol Power Laptop Windows 10/11

Dengan memilih resolusi yang sesuai dengan yang kita butuhkan, maka akan membuat kinerja kita menggunakan Desktop bisa lebih maksimal.

Untuk caranya sendiri juga sangat mudah, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Untuk masalah mengatur resolusi layar monitor ini saya rasa kalian tidak akan mengalami kesulitan.

Demikian cara setting resolusi monitor Windows 10/11. Semoga artikel ini membantu kita untuk mendapatkan tampilan layar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Resolusi Monitor di Windows 10/11"