Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Membuka Control Panel di Windows 10/11

Cara Membuka Control Panel Dengan Keyboard Di Windows 10

Control Panel Windows merupakan Menu yang digunakan untuk melakukan pengaturan-pengaturan dasar Sistem, seperti Mengatur Nama Pengguna, mengatur Background, Uninstall Aplikasi, dan masih banyak lagi. Bagi yang pernah atau mungkin hingga sekarang masih menggunakan Windows 7 pasti sudah tidak asing lagi dengan Menu yang satu ini.

Hingga pada Versi Windows yang terbaru, yaitu Windows 11. Control Panel masih disediakan, padahal pada Windows 10/11 sudah ada Windows Settings yang fungsinya kurang lebih sama.

Sempat beredar rumor bahwa Control Panel pada Windows 10 akan dihilangkan oleh pihak Microsoft selaku pengembang, dan akan digantikan dengan Windows Settings. Mungkin saja ini bertujuan untuk memperbaharui dari segi tampilan dan fungsinya, mengingat Windows versi terbaru melakukan perombakan besar jika dilihat dan dibandingkan dengan versi-versi Windows sebelumnya.

Pada saat awal Windows 10 di luncurkan, Menu Control Panel masih terdapat pada Menu Start, untuk mengaksesnya tinggal Klik Kanan Start makan Control Panel akan terlihat bersamaan dengan Menu Task Manager. Namun pada Update terbaru sudah tidak ada lagi. Mungkin ini cara Microsoft agar User mulai berlahan-lahan pindah menggunakan Windows Settings.

Baca Juga: Pengertian Dan Cara Setting Taskbar Windows 10

Cara Membuka Control Panel Di Windows 10/11

A. Melalui Run

Cara yang pertama untuk membuka Menu Control Panel bisa dilakukan dengan atau melalui Menu Run.. Caranya sangat mudah yaitu:

  1. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan
  2. Akan muncul Menu RUN, kemudian ketik Control Panel lalu Enter

    Cara Membuka Control Panel Dengan Keyboard Di Windows 10

  3. Maka Control Panel akan langsung terbuka
  4. Selesai


B. Lewat Search Windows

Selain cara diatas bisa juga dengan cara lain untuk membuka menu Control Panel pada OS Windows 10/11. Yaitu dengan melalui menu Pencarian. 

Caranya juga mudah dan simple, hampir sama seperti melalui Menu RUN. Tinggal ketik Control Panel makan akan terlihat dan tinggal Klik saja. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan lebih detailnya. 

  1. Buka (Klik) Search Windows pada Taskbar (Bisa juga dengan menekan tombol Windows+S)
  2. Ketik Control Panel pada Kolom Pencarian (Search)
  3. Pilih Control Panel

    Cara Membuka Control Panel Dengan Keyboard Di Windows 10

  4. Secara otomatis Control Panel akan terbuka


C. Lewat Menu Start

Nah untuk cara yang ketiga, melalui Menu Start. Control Panel akan berada pada Folder Windows System, bersamaan dengan Commad Promt, File Explorer, dan lain-lain.

Beikut langkah-langkahnya:
  1. Klik Start
  2. Pilih Windows System
  3. Terakhir pilih Control Panel

    Cara Membuka Control Panel Di Windows 10


Baca Juga: 2 Cara Menampilkan File Explorer di Taskbar Windows 10/11

Nah mudah bukan. Itulah cara membuka Control Panel di Windows 10/11. Mengingat pada Windows 10/11 sudah ada Windows Setting yang fungsinya kurang lebih sama dengan Control Panel, alangkah baiknya kita mulai membiasakan melakukan pengaturan Sistem dasar lewat Windows Settings.

Kenapa hal tersebut harus dilakukan? Sebab jika suatu saat pihak Microsoft benar-benar menghilangkan Menu Control Panel dari Windows 10 dan 11 kita tidak kaget, karena sudah terbiasa melakukan Pengaturan Sistem melalui Windows Settings. Entah benar atau tidak rumor tersebut setidaknya kita sudah berjaga-jaga. 

Jangan lupa selalu ikuti Blog ini ya, karena kan selalu memberikan Tutorial komputer, Android, Social Media, dan lain-lain, yang tentunya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sekian terima kasih dan semoga membantu. 

Tarmuji
Tarmuji satutitiknol.com

Post a Comment for "3 Cara Membuka Control Panel di Windows 10/11"